Kleptomania Adalah: Definisi dan Karakternya

2
618
Kleptomania Adalah

Mengambil barang milik orang lain tanpa izin atau mencuri berpotensi menjadi sebuah adiksi atau kecanduan. Bila sampai kecanduan, in disebut sebagai kleptomania. Mencuri pada kasus kleptomania mungkin tidak seekstrem seperti membobol rumah orang mengutip barang mewah. Namun seorang penderita kleptomania lebih sering mengambil barang yang tidak dibutuhkan dan bernilai kecil.

Kleptomania merupakan gangguan mental yang cukup langka, tetapi kondisi ini mampu menimbulkan rasa sakit emosional pada pengidapnya juga orang-orang di sekitarnya bila tidak diobati. Berikut ini merupakan faktor risiko, gejala, dan karakter yang dimiliki oleh seseorang kleptomania dilansir dari Healthline.

Faktor risiko kleptomania biasanya memiliki penyakit mental lain, termasuk gangguan bipolar, gangguan kecemasan, gangguan penggunaan zat, gangguan obsesif kompulsif, atau gangguan kepribadian (tampaknya hubungan yang paling kuat adalah gangguan obsesif kompulsif). Seseorang dengan kleptomania memiliki kadar serotonin yang rendah, sehingga bisa meningkatan perilaku impulsif, karena mencuri dapat melepaskan aliran dopamin yang menjadi adiktif. Adanya ketidakseimbangan dalam sistem opioid di otak, yang mengontrol dorongan atau hasrat untuk mencuri sesuatu. Faktor lain yang menyebabkan kleptomania adalah memiliki riwayat keluarga dengan kleptomania atau kecanduan, pernah mengalami trauma kepala seperti gegar otak, ataupun pernah mengalami trauma psikologis terutama pada usia muda.

Berikut ini adalah beberapa gejala kleptomania:

  • Ketidakmampuan untuk menahan dorongan kuat untuk mencuri barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan.
  • Merasakan peningkatan perasaan tegang, cemas atau gairah yang mengarah pada pencurian.
  • Merasa senang, lega, atau puas saat mencuri.
  • Merasa sangat bersalah, menyesal, membenci diri sendiri, malu, atau takut ditangkap setelah berhasil mencuri.
  • Kembalinya dorongan dan pengulangan siklus kleptomania.

Adapun karakter kleptomania meliputi:

  • Tidak mencuri secara kompulsif untuk keuntungan pribadi.
  • Kleptomania juga tidak berani untuk membalas ketika ada pemberontakan dari orang yang barangnya hendak dicuri. Sebab, mereka mencuri hanya karena dorongan itu begitu kuat dan tidak bisa menahannya.
  • Dorongan mencuri sering terjadi secara spontan, tanpa perencanaan, dan tapa bantuan dari orang lain.
  • Sebagian besar kleptomania mencuri dari tempat umum, seperti toko dan supermarket. Beberapa lainnya mungkin mencuri dari teman atau kenalan.
  • Barang yang dicuri mungkin tidak bernilai bagi kleptomania dan mereka sebenarnya mampu membelinya
  • Barang curian umumnya hanya disimpan dan tidak pernah digunakan.
  • Dorongan untuk mencuri bisa muncul kapan saja dengan intensitas yang lebih besar atau lebih 

 Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

2 COMMENTS

Comments are closed.