Kisah Inspiratif 3 Kartini Modern di Bidang Bisnis dan Ekonomi

0
138

Cita-cita dan semangat Raden Ajeng Kartini masih terus menyala di era modern ini. Di berbagai bidang, kita melihat kini semakin banyak perempuan yang memimpin dan sukses dalam peran mereka masing-masing. Termasuk di bidang ekonomi dan keuangan. Sejumlah tokoh perempuan Indonesia bahkan masuk dalam daftar perempuan paling berpengaruh di dunia versi beberapa media internasional.

Berikut ini tiga tokoh perempuan Indonesia yang kesuksesannya bisa menjadi inspirasi kita. Siapa tahu, kamu juga bisa mengikuti jejak mereka dan akan semakin banyak lagi Kartini modern yang turut berkontribusi bagi kemajuan Indonesia.

Susi Pudjiastuti

Perempuan asal kota Pangandaran ini kerap digambarkan sebagai superhero ketika memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan pada periode 2014-2019. Tentu kamu akrab dengan sebuah kata yang menggambarkan ketegasan sikap Bu Susi terhadap aktivitas kapal-kapal asing yang menangkap ikan secara ilegal di perairan Indonesia. Ya, kata “Tenggelamkan!”.

Berdasarkan penelitian di jurnal Nature, kebijakan agresif Susi tersebut telah mengurangi upaya tangkap ilegal sebesar 25 persen, serta berpotensi menambah jumlah tangkapan lokal sebesar 14 persen dan keuntungan sebesar 12 persen.   Pada tahun 2017 Susi terpilih sebagai BBC 100 Women, sebuah daftar berisi perempuan-perempuan dunia yang berpengaruh dan menginspirasi banyak orang.

Kendati tak menamatkan SMA, Susi membuktikan kerja keras dan kegigihannya untuk belajar di lapangan telah sukses pula membawanya sebagai seorang pengusaha di bidang perikanan dan penerbangan. Maskapai Susi Air miliknya fokus melayani rute-rute perintis di Indonesia.

Sri Mulyani

Berangkat dari ranah akademisi, Sri Mulyani awalnya dikenal sebagai seorang pengamat ekonomi dari Universitas Indonesia. Perempuan asal Lampung ini pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pada tahun 2010 Sri Mulyani menempati posisi sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia, jabatan yang untuk pertama kalinya diisi oleh wanita dan warga Indonesia. Sri Mulyani kemudian kembali ke tanah air ketika diminta Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan. Di era Sri Mulyani, untuk pertama kalinya Pemerintah Pusat memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun Anggaran 2016 berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Sejumlah penghargaan telah diraih oleh Sri Mulyani yang mengukuhkan dirinya sebagai salah satu perempuan berpengaruh di dunia, khususnya bidang ekonomi. Salah satunya, Majalah Forbes menempatkan Sri Mulyani dalam daftar 100 Power Women 2020.

Shinta Widjaja Kamdani

Pemilik dan Chief Executive Officer (CEO) dari Sintesa Group ini sangat aktif dalam berbagai kegiatan bisnis dan sosial. Sejak menjadi CEO pada tahun 1999, Shinta melakukan perombakan terhadap perusahaan keluarganya. Ia membagi 16 perusahaan ke dalam empat pilar, yakni properti, industri, produk konsumer dan energi. Kini, Sintesa Group di usia yang sudah mencapai 100 tahun telah tumbuh menjadi perusahaan papan atas nasional.

Shinta Widjaja Kamdani tercatat sebagai Wakil ketua Umum Bidang Hubungan Internasional Kamar Dagang (Kadin) Indonesia serta Wakil Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Ia juga adalah pendiri Angel Investment Network Indonesia (ANGIN). Melalui ANGIN, Shinta beserta para investor membantu generasi muda yang ingin membangun dan mengembangkan usaha kecil menengah maupun startup di Indonesia.

Keberhasilan Shinta dalam bisnis telah membuahkan berbagai penghargaan internasional. Di antaranya adalah Majalah Forbes Asia yang menobatkan Shinta sebagai 50 Powerful Businesswomen pada tahun 2012, 2013 dan 2016.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]