Keuntungan dan Kerugian Meminjam Uang Pasca Lebaran

0
408
Keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran

Tidak bisa dipungkiri bahwa pengeluaran saat hari raya Idul Fitri pasti membengkak. Anda mungkin menghabiskan THR untuk baju lebaran, mudik, dan lainnya. Meskipun mengalami situasi keuangan yang sulit, Anda tetap perlu mempertimbangkan keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran.

Setelah menghabiskan THR dan tabungan, mungkin Anda membutuhkan uang untuk keperluan mendesak. Itulah alasan kenapa banyak orang yang memilih untuk meminjam uang dari bank, koperasi, atau bahkan pinjaman online.

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan meminjam uang. Namun, ada beberapa hal yang wajib diwaspadai agar tidak terjerat hutang apalagi hanya untuk kebutuhan konsumtif.

Keuntungan dan Kerugian Meminjam Uang Pasca Lebaran

Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman dari lembaga keuangan apapun, Anda harus mempertimbangkan untung dan ruginya. Berikut adalah ulasan mengenai keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran.

Keuntungan Meminjam Uang Pasca Lebaran

Kondisi keuangan setelah lebaran biasanya ada di titik terendah. Hal ini karena pengeluaran untuk hari raya sangatlah besar. Selain itu, biaya-biaya lain mulai berdatangan. Misalnya, mungkin Anda membutuhkan dana untuk sekolah anak, membayar cicilan, dan lainnya.

Dalam situasi ini, banyak orang yang memilih untuk mengajukan pinjaman. Berikut ini adalah keuntungan meminjam uang di bank atau lembaga keuangan lainnya.

1. Memenuhi Kebutuhan Mendesak

Salah satu manfaat pinjam uang online maupun di lembaga keuangan konvensional adalah dapat memenuhi kebutuhan darurat. Sebagai contoh, mungkin Anda membutuhkan uang untuk biaya pengobatan, membayar cicilan, atau membayar sekolah anak.

Dalam hal ini, mengajukan pinjaman di lembaga keuangan tentu sangat membantu. Akan tetapi, perlu dipastikan bahwa Anda bisa membayarnya. Sebelum menentukan besar pinjaman, periksa kondisi finansial Anda untuk memastikan bahwa Anda mampu melunasinya.

2. Membantu Mengembangkan Usaha

Setelah lebaran, mungkin Anda kehabisan modal untuk melanjutkan bisnis Anda. Untuk itu, Anda bisa meminjam uang di bank untuk mengatasi masalah modal ini.

Dengan begitu, bisnis Anda bisa tetap berjalan dengan lancar. Sehingga, Anda bisa melunasi pinjaman tersebut. Saat ini, ada banyak bank yang menawarkan pinjaman usaha untuk pelaku UMKM.

Tentu bunga yang ditawarkan cukup rendah. Bahkan beberapa lembaga keuangan menawarkan bunga pinjaman usaha yang lebih rendah daripada pinjaman lainnya.

3. Persyaratan Mudah dan Persetujuan Cepat

Selain mengajukan pinjaman di lembaga konvensional, Anda mungkin tertarik untuk melakukan pinjaman online. Namun, Anda harus mempertimbangkan secara matang keuntungan dan kerugian pinjaman online.

Adapun keuntungan pinjaman online adalah proses pengajuan mudah dan dana bisa cair dengan cepat. Anda tidak perlu memberikan jaminan seperti saat meminjam di bank. Sedangkan kerugian pinjaman online adalah bunga yang cukup tinggi.  

Akan tetapi saat ada keperluan mendesak dan Anda tidak memperoleh pinjaman dari sanak saudara, mengajukan pinjaman di bank atau lembaga lainnya tentu menjadi solusi.

Kerugian Meminjam Uang Pasca Lebaran

Setelah mengetahui manfaat pinjaman, kini saatnya Anda mempertimbangkan kerugiannya. Dengan mempertimbangkan beberapa faktor berikut, Anda tidak akan terjebak gaya hidup besar pasak daripada tiang.

Inilah ulasan tentang beberapa kerugian meminjam uang setelah lebaran.

1. Menambah Beban Finansial 

Jika tidak memperhitungkan dengan matang keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran, hal ini malah menambah beban keuangan Anda. Pinjaman yang tidak Anda perhitungkan jumlah cicilannya tentu akan menjadi masalah baru.

Jika Anda tidak bisa membayar pinjaman tersebut tepat waktu, beban hutang Anda akan bertambah. Sehingga, masalah keuangan pasca lebaran Anda akan menjadi semakin berat.

2. Gali Lubang Tutup Lubang

Beberapa orang mungkin mengajukan pinjaman untuk mengembangkan bisnis setelah hari raya. Namun, bagaimana jika bisnis tersebut tidak berjalan lancar dan Anda mengalami kerugian? Hal ini akan berakibat Anda terjebak dalam lingkaran hutang.

Artinya, saat Anda tidak memiliki uang untuk melunasi hutang yang jatuh tempo, Anda harus mencari pinjaman lain untuk membayar hutang tersebut. Hal ini tentu akan memperburuk kondisi keuangan Anda.

3. Risiko Harus Membayar Bunga dan Biaya Lainnya

Salah kerugian pinjaman adalah keharusan untuk membayar bunga yang cukup tinggi. Semakin tinggi suku bunga yang ditetapkan lembaga keuangan, maka semakin besar juga jumlah uang yang harus Anda bayarkan untuk melunasi hutang tersebut.

Selain itu, Anda juga harus membayar biaya lainnya seperti administrasi dan penalti. Tidak hanya itu, jika Anda terlambat membayar sesuai kesepakatan biasanya akan ada denda.

Untuk itu, sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya Anda membandingkan suku bunga dan juga biaya lainnya. Sehingga, Anda bisa memilih pinjaman terbaik sesuai kemampuan Anda.

Tips Meminjam Uang Pasca Lebaran

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran, Anda bisa memutuskan bahwa utang tersebut baik atau buruk. Namun, semuanya bergantung pada bagaimana Anda mengelola dan melunasi hutang tersebut.

Agar tidak terjebak lingkaran hutang yang tidak berkesudahan, anda perlu menerapkan beberapa tips berikut ini.

1. Hindari Pinjaman Hanya untuk Kebutuhan Konsumtif

Sebenarnya, meminjam uang adalah hal yang lumrah. Namun, pastikan Anda menggunakannya secara bijak dan melunasinya tepat waktu.

Sebaiknya Anda meminjam uang saat benar-benar dalam keadaan terdesak. Selain itu, hindari meminjam uang untuk hura-hura seperti untuk traveling atau membeli gadget baru.

2. Pinjam Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Hanya Anda sendiri yang bisa mengukur kemampuan finansial untuk melunasi pinjaman. Jadi, sebelum menentukan jumlah pinjaman, pastikan Anda bisa membayarnya. Besar pinjaman harus anda sesuaikan dengan kondisi finansial.

Perhitungkan juga kemungkinan terburuk yang bisa terjadi. Saat anda tidak bisa membayar hutang tersebut, denda dan bunga akan menjadikan beban finansial Anda semakin berat. Oleh karena itu sebaiknya Anda meminjam sesuai dengan kebutuhan Anda.

3. Cari Tahu Secara Detail Produk Pinjaman

Saat ini, proses pengajuan pinjaman sangatlah mudah. Ada bank, koperasi simpan pinjam, maupun perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman dengan bunga kompetitif.

Dengan segala kemudahan ini, Anda tetap harus waspada. Sebelum mengajukan pinjaman, Anda harus mencari tahu dan memperhitungkan suku bunga, tenor, denda, biaya administrasi, dan persyaratan lainnya.

Biasanya semakin mudah persyaratan pengajuan, maka suku bunganya akan semakin tinggi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih lembaga keuangan.

Kesimpulan

Dalam kondisi tertentu, Anda mungkin tidak bisa menghindar dari pengajuan pinjaman. Oleh sebab itu, Anda perlu memikirkan keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran.

Keuntungan yang bisa Anda peroleh adalah adanya dana segar untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Selain itu, pinjaman tersebut juga bisa Anda pergunakan untuk modal usaha.

Akan tetapi, jika tidak dikelola dengan bijak, pinjaman tersebut bisa memperburuk kondisi keuangan. Misalnya, Anda bisa terjebak lingkaran hutang dan kehilangan aset.

Untuk itu, sebelum meminjam uang dari lembaga manapun, Anda harus mencari tahu secara mendetail produk pinjaman tersebut. Selain itu, Anda harus menghindari pinjaman jika hanya untuk memenuhi keinginan yang tidak penting.

Sebagai tambahan, sebaiknya Anda hanya meminjam uang berdasarkan kebutuhan saja. Hal ini untuk menghindari resiko gagal bayar sehingga bisa menjadi beban finansial Anda.Itulah pembahasan lengkap mengenai keuntungan dan kerugian meminjam uang pasca lebaran. Agar tidak terjebak hutang, sebaiknya mengevaluasi jumlah pemasukan dan pengeluaran Anda. Namun, jika memang benar-benar terdesak, pastikan Anda mengukur kemampuan bayar sebelum mengajukan pinjaman.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].