Strategi untuk Bisnis Supaya Menghindari Kepailitan

1
2452
Kepailitan Adalah

Kepailitan Adalah – Membangun bisnis bukanlah sesuatu yang mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mencapai kesuksesan. Kamu juga perlu jeli melihat dan memanfaatkan peluang yang tersedia supaya bisnis tetap berkembang. Jika kurang tekun atau salah mengambil keputusan, bisnis berisiko bangkrut dan mengalami kepailitan.

Naik turun dalam bisnis memang bukan hal yang aneh. Wajar jika sesekali terjadi kerugian karena keputusan yang diambil tidak selalu tepat. Namun, jangan sampai terlalu lama berada dalam posisi tersebut. Kepailitan adalah salah satu dampaknya. Karena itu, simak sejumlah strategi atau tips yang bisa kamu coba supaya terhindar kepailitan dalam bisnis seperti berikut:

  • Melakukan Evaluasi Sendiri

Ketika bisnis terlihat mengalami kemunduran, jangan diam saja. Kamu harus melakukan sesuatu. Langkah pertama yang tidak perlu ditunda lagi adalah evaluasi menyeluruh. Carilah apa saja faktor dalam bisnis yang menyebabkan hal ini terjadi. Supaya hasilnya lebih detail, kamu juga bisa berdiskusi dengan tim. Anggota tim biasanya telah mengetahui hal ini, hanya saja tidak berani mengatakannya.

Sebenarnya, evaluasi bukan hanya berguna ketika perusahaan mengalami kemunduran. Evaluasi juga sebaiknya dilakukan secara rutin. Dua hal utama yang perlu diperhatikan adalah produk yang dijual atau layanan yang disediakan. Apakah selama ini tim telah melakukan yang terbaik untuk menghasilkan produk atau layanan berkualitas?

Hasil evaluasi tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki lini-lini penyebab kemunduran. Dengan demikian, pailit dapat dihindari.

  • Menerima Feedback dari Segala Arah

Tidak sedikit pemilik bisnis yang egois dan hanya bertindak atas keinginan diri sendiri. Padahal, pendapat tim juga sangat diperlukan untuk memperkaya pilihan. Ide brilian dan segar yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya bisa saja dilontarkan oleh anggota tim. 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengadakan diskusi atau dengar pendapat dengan tim. Berbagai masukan tersebut dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan yang tepat. Kamu juga dapat memperbaiki sejumlah hal yang tidak ideal demi menghindari terjadinya kemunduran atau kepailitan dalam bisnis. Di sisi lain, tim merasa bangga dapat berkontribusi lebih untuk perusahaan.

Namun, ada satu aturan yang wajib kamu tepati, yaitu tidak mengumbar secara gamblang perihal kemunduran bisnis. Informasi seperti ini dapat menimbulkan kekhawatiran di kalangan karyawan. Dampak paling buruk adalah kamu akan kehilangan banyak karyawan potensial karena resign.

Supaya berimbang, kamu juga bisa meminta masukan dari para profesional. Jika memungkinkan, berdiskusilah dengan pengusaha-pengusaha sukses. Meskipun bidang bisnis yang digeluti tidak sama, kendala yang dihadapi biasanya tidak terlalu jauh berbeda. Berdasarkan pengalaman yang berharga itu, kamu bisa menyusun kembali strategi bisnis yang lebih ideal.

Dalam bisnis, penting untuk melihat sebuah masalah dari berbagai perspektif. Tujuannya adalah supaya kamu bisa mengambil keputusan yang tepat untuk kemajuan bisnis. Sebaliknya, hanya mengandalkan perspektif diri sendiri rentan menyebabkan kesalahan dalam mencerna suatu masalah.

Bergaul dengan para pebisnis juga memberikan dampak positif lain yaitu potensi kolaborasi. Bukan tidak mungkin, setelah perbincangan itu selesai, kamu akan dihubungi kembali untuk melakukan kerja sama yang hebat dan menguntungkan. Bayangan tentang pailit pun dapat ditepis.

Baca juga: Pinjaman Modal Usaha di Akseleran Mudah, Aman dan Menguntungkan!

  • Perhatikan Arus Kas

Langkah lainnya adalah jeli memperhatikan arus kas. Pengusaha harus bisa menilai apa saja yang termasuk prioritas dan tidak prioritas, khususnya terkait cash flow bisnis. Pengusaha pemula harus memiliki cash flow bulanan maupun harian untuk menyelenggarakan operasional secara lancar.

Jika dirasa kurang cukup, ada opsi meminjam melalui Akseleran. Ini adalah platform P2P Lending yang menyediakan layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi. Dengan demikian, para pengusaha pemula atau UKM bisa mendapatkan dana segar untuk kebutuhan bisnis. 

  • Tingkatkan Efisiensi Kerja

Untuk menghindari kepailitan, salah satu strategi yang perlu dilakukan adalah melakukan efisiensi pada berbagai bagian. Penghematan dapat diterapkan pada pengeluaran rutin perusahaan. Jelas sekali, jika kondisi perusahaan sedang kurang stabil, hal pertama yang harus dijaga ketat adalah keuangan. Kurangi biaya operasional yang terlihat kurang penting.

Pada titik menuju pailit, pemilik usaha kadang kala mengambil keputusan yang tidak bijak yaitu melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Padahal aksi ini justru menambah pengeluaran karena karyawan harus diberikan pesangon. Namun, kamu dapat berhemat dari penggunaan listrik, dengan mencari bahan baku berharga lebih rendah, atau dengan memangkas biaya rekreasi perusahaan.

Jadi, kepailitan adalah hal yang tidak diinginkan semua pebisnis. Karena itu, kamu perlu bijak dalam mengambil keputusan untuk perusahaan. Lebih baik bersikap cepat dan tanggap serta melakukan tindakan tertentu daripada hanya menunggu. Niscaya, perusahaan yang kamu kelola akan dapat berkembang dengan lebih baik dan terhindar dari kepailitan.

Hindari kepailitan dengan mengajukan pinjaman modal usaha yang tepat dan dapat mempermudah pengembangan usaha milikmu.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.