Kenali Tipe Masker Terpopuler di Masyarakat

0
121
menggunakan masker kain

Seiring bertambahnya kesadaran masyarakat menggunakan masker di masa pandemi, yuk kenali tipe masker terpopuler di masyarakat. Jangan lupa selalu mengenakan masker saat keluar rumah, apalagi ketika berada di tempat publik. 

  1. Masker Kain

Pilihan masker kain kini sangat beragam, mulai dari berbahan katun, batik, tenun bahkan sutra. WHO menyarankan masker kain harus terdiri dari tiga lapis bahan yang berbeda. Jika memungkinkan, lapisan dalam terbuat dari bahan penyerap seperti kapas, yang dapat menjebak tetesan pernapasan pemakainya sendiri. Lapisan tengah terbuat dari bahan non-anyaman, seperti polypropylene, yang bertindak sebagai filter. Sedangkan untuk lapisan luar WHO menyarankan terbuat dari bahan yang tidak menyerap seperti poliester, yang menghentikan partikel luar masuk. 

  1. Masker Medis/ Bedah Sekali Pakai

Tipe masker ini jadi yang paling umum digunakan selain masker kain. Kadang, digunakan dua lapis dengan masker kain untuk memberi pengamanan ganda sekaligus mempermanis penampilan. Masker medis dapat digunakan lebih dari 8 jam. 

  1. Masker Respirator (N95/N99)

Masker respirator adalah masker yang memiliki kelebihan tidak hanya melindungi pemakai dari paparan cairan dengan ukuran droplet, tapi juga cairan hingga berukuran aerosol. Termasuk dalam masker tipe ini antara lain N95 ataupun N99. WHO menyarankan tipe masker ini diprioritaskan untuk para petugas kesehatan. 

  1. Masker Hybrid

Penelitian di Universitas Chicago mengungkapkan masker hibrida (hybrid) yang mengombinasikan kapas dan sifon memberikan perlindungan paling besar, disusul oleh kombinasi kapas dan kain flanel, katun dan sutra serta empat lapis sutera alami. Para peneliti menyarankan kombinasi tersebut bahkan mungkin lebih baik dalam menyaring partikel kecil daripada masker N95, meskipun tidak selalu lebih baik dalam menyaring partikel yang lebih besar.

  1. Masker Bomber

Masker yang cukup populer di marketplace online ini desainnya menyerupai masker N95 hanya saja terbuat dari bahan kain dan dapat dipakai ulang. Tipe masker ini populer di pasaran dengan desain yang menggabungkan model masker kain dan respirator, serta dapat dipakai ulang.

Apapun jenis masker yang Sobat Akseleran gunakan, jangan lupa memperhatikan panduan menggunakan masker yang benar dari Satgas Penanganan Covid-19.

  • Sebelum memasang masker, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan.
  • Pasang masker untuk menutupi mulut dan hidung dan pastikan tidak ada sela antara wajah dan masker.
  • Hindari menyentuh masker saat digunakan. Apabila tersentuh, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir atau cairan pembersih tangan.
  • Ganti masker yang basah atau lembab dengan masker baru. Masker medis hanya boleh digunakan satu kali saja. 
  • Masker kain dapat dipakai maksimal hanya 4 jam dan harus ganti dengan masker baru dan bersih. Masyarakat disarankan membawa beberapa masker untuk beraktivitas, 
  • Lepaskan dari belakang dan jangan sentuh bagian depan masker. Buang segera masker sekali pakai di tempat sampah tertutup atau kantong plastik. Untuk masker kain, segera cuci dengan deterjen. 

Daftar Aksleran sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]