Kenali Latte Factor dan Dampaknya bagi Keuangan

1
252
Kenali Latte Factor dan Dampaknya bagi Keuangan

Latte Factor merupakan istilah yang dipopulerkan oleh pakar finansial asal Amerika, David Bach. Ia menggunakan istilah latte factor untuk mendefinisikan pengeluaran kecil bersifat tidak penting yang rutin dibelanjakan hingga bisa memberikan dampak yang besar pada keuangan.

Penggunaan kata latte factor merujuk pada kebiasaan orang yang tanpa sadar secara rutin membeli kopi untuk meningkatkan produktivitasnya. Menurut David Bach, kopi adalah salah satu pengeluaran kecil yang total pengeluarannya bisa melebihi biaya listrik dan air jika dilakukan secara rutin dalam sebulan. Pengeluaran untuk kopi tersebut sebenarnya tidak penting namun karena terus menerus dilakukan, dampaknya akan terasa pada arus kas keuangan kita. 

Lalu bagaimana cara mencegah latte factor agar tidak mengganggu kondisi keuangan? Salah satu caranya adalah dengan membuat catatan pengeluaran untuk setiap uang yang kita keluarkan tiap hari. Pencatatan pengeluaran ini harus dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan begitu, kita bisa mengidentifikasi potensi terjadinya latte factor pada keuangan kita. Jika sudah menemukannya, kita bisa mengurangi latte factor sesuai dengan kemampuan finansial kita.

Jika kita dapat mengurangi atau bahkan meniadakan pengeluaran yang tidak penting, kita dapat mengalokasikan dana tersebut untuk keperluan yang lebih bermanfaat seperti menabung atau berinvestasi.


Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut.