Kenali 4 Gaya Belajar Menurut Neil Fleming

1
502
Kenali 4 Gaya Belajar Menurut Neil Fleming

Setiap orang memiliki gaya belajar masing-masing. Ada yang suka belajar sambil mendengarkan musik, ada juga yang lebih suka belajar dengan suasana tenang. Ada yang belajar dari praktik, ada juga yang belajar cukup dengan membaca buku saja. Dengan perbedaan Teknik belajar ini, tentu membuat setiap individu punya cara masing-masing yang efektif dan efisien. Dengan mengetahui bermacam gaya belajar, maka akan mempermudah proses belajar yang menemukan cara yang paling sesuai dan efektif untuk diri sendiri.

Ada berbagai gaya belajar, dan salah satunya adalah yang dipopulerkan oleh Neil Fleming. Menurut Neil Fleming, ada beberapa gaya belajar yang diterapkan beberapa orang. Gaya belajar in dijelaskan sebagai VARK Model. VARK sendiri merupakan singkatan dari empat tipe gaya belajar, antara lain visual, auditory, reading or writing, dan kinesthetic. Lalu apa yang dimaksud dengan VARK Model itu?

Visual

Gaya belajar Visual adalah teknik yang berfokus pada penglihatan. Kamu akan lebih mudah memahami sesuatu dengan bantuan gambar, animasi, warna, atau grafik. Cara belajar yang paling cocok dengan gaya belajar visual adalah dengan mind mapping dan menonton video animasi.

Auditory

Jika kamu suka mengerjakan sesuatu sambil mendengarkan musik, atau lebih mudah memahami pelajaran sambil mendengarkan penjelasan guru, maka gaya belajarmu adalah Auditory. Kamu bisa mendengarkan musik saat belajar atau merekam materi pembelajaran untuk didengar ulang.

Read/Write

Orang-orang yang menerapkan gaya belajar ini cenderung lebih mudah memahami sesuatu dengan cara menulis, lalu membaca ulang semua yang ditulisnya. Mereka lebih mudah memahami apabila meringkas kembali materi yang dipelajari dan membuatnya lebih sederhana.

Kinesthetic

Biasanya orang dengan gaya belajar Kinesthetic lebih cepat mengelola informasi apabila ada alat peraga atau partisipasi diri selama proses pembelaiaran. Mereka cenderung mudah memahami apabila ada kegiatan yang menggunakan gerakan atau mempraktikan materi yang dipelajari.

Itulah cara belajar efektif dan efisien sesuai gaya belajar VARK. Setiap orang mungkin memiliki beberapa gaya belajar, jadi kamu bisa menggabungkan beberapa gaya belajar sekaligus.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.