Kekuatan Storytelling dan Tips Melatihnya

1
408
Kekuatan Storytelling dan Tips Melatihnya

Apakah kamu gemar bercerita? Ternyata itu salah satu skill yang berguna di kehidupan sehari-hari, terutama ketika perlu meyakinkan orang lain terhadap suatu hal. Storytelling adalah bagaimana kita berbagi ide dan pengalaman. Dalam banyak konteks bisnis, storytelling kadang bisa terasa tidak nyaman jika kamu tak terbiasa, tetapi cara berkomunikasi ini dapat membantu untuk mempersuasi yang berujung pada sebuah tindakan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari storytelling:

1. Storytelling dapat meningkatkan rasa senang seseorang, baik itu melalui storytelling melalui lisan atau melalui media. Dengan meningkatkan rasa senang, maka rasa seseorang akan lupa dengan rasa sedihnya

2. Selain itu, storytelling berfungsi untuk menambah kosa kata, frasa, hingga pandai merangkai kalimat yang enak untuk didengar dan dibaca.

3. Terakhir, storytelling dapat membantu menambahkan wawasan seseorang. Ketika mendengarkan atau membaca storytelling pasti akan ada wawasan baru yang didapat, sehingga menghadirkan sudut pandang baru juga dalam menilai suatu masalah.

Meskipun sangat sulit untuk menjadi seseorang yang pandai bercerita di depan banyak orang, kita bisa melatih kemampuan storytelling sehingga bisa melakukannya seperti profesional selama melakukannya sesuai teknik dan berlatih bercerita dengan sungguh-sungguh. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam bercerita:

1. Sesuaikan kosakata agar sesuai dengan audiens

2. Menarik untuk kebutuhan audiens

3. Cadangkan poin yang ingin disampaikan dengan data nyata

4. Tempatkan audiens pada posisi pengguna

5. Pasangkan cerita dengan hal yang relevan untuk menumbuhkan kenangan dan keselarasan

6. Akhiri dengan ringkasan

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

1 COMMENT

Comments are closed.