Waspada Kebiasaan Boros di Era Digital!

0
415
Waspada Kebiasaan Boros di Era Digital!

Perkembangan teknologi di era digital yang pesat memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari menabung, berbelanja, sampai dengan investasi pun saat ini bisa dilakukan secara online sehingga lebih menghemat waktu dan tenaga. Namun di balik kemudahan ini ternyata memiliki sisi negatif yang harus diwaspadai, salah satunya adalah sifat boros. Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin menjadi kebiasaan buruk yang harus diperhatikan jika terlalu membiasakan diri menggunakan teknologi.

1. Kecanduan Internet

Sebagian besar orang yang hidup di kota besar sudah akrab dengan internet. Apapun yang dicari atau dibutuhkan, hanya dengan mengakses internet, maka urusan bisa langsung teratasi. Ditambah banyak platform media social seperti Facebook, Twitter, Youtube, TikTok dan lain-lain yang menjadi mainan baru di segala usia. Kalau seperti itu, otomatis kuota internet terus dikorbankan. Maka dari itu sebaiknya kita bisa membatasi diri dan menggunakan internet dengan bijak.

2. Belanja Online

Kegiatan yang satu ini tentu saja disukai semua kalangan karena kemudahan yang ditawarkan. Zaman sekarang segalanya serba canggih dan mudah, termasuk untuk urusan belanja, tak hanya kebutuhan sehari-hari, ada juga perabotan rumah tangga, hingga kebutuhan fashion bisa dibeli secara online. Hal ini tentu saja bisa membantu memudahkan kita terlebih jika kita tidak ada waktu untuk keluar rumah. Namun belanja online ini juga bisa membuat kita impulsif dan akhirnya membeli barang yang sebetulnya tidak kita perlukan.

3. Delivery Makanan

Kehadiran aplikasi pesan antar makanan sangat memudahkan. Namun kemudahan ini juga dapat menyebabkan kamu ketagihan untuk membeli makanan delivery. Bagi kamu yang memiliki jadwal yang padat dan sibuk, jasa yang satu ini pasti sangat membantu. Tapi jika kamu tidak terlalu sibuk dan sebetulnya bisa menyempatkan waktu untuk memasak atau membeli makanan langsung, sebaiknya kamu pertimbangkan kembali hal ini. Ingatlah jika kamu membeli makanan delivery, maka akan ada biaya tambahan yang harus dibayar.

4. Transportasi Online

Pasti kamu memiliki setidaknya satu aplikasi transportasi online di ponsel masing-masing. Memang bisa dikatakan menggunakan transportasi online lebih menghemat waktu dan praktis, namun nyatanya tidak selalu menghemat. Contohnya saja untuk di waktu tertentu seperti jam sibuk atau pada cuaca hujan, harga transportasi ini bisa mencapai dua kali lipat. Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum lainnya yang lebih ekonomis.

5. Update Gadget Baru

Bagi para pecinta gadget pasti akan tergiur Ketika melihat iklan gadget terkini atau ada teman yang beli gadget terbaru. Apalagi saat ini produsen gadget cepat sekali mengeluarkan produk terbarunya. Ingatlah bahwa mengikuti tren tidak akan ada habisnya, justru kamu lah yang akan merugi. Gunakanlah gadgetmu dengan maksimal sehingga memang tidak bisa digunakan lagi.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut