Kebiasaan Berutang yang Harus Dihindari!

0
121
Kebiasaan Berutang yang Harus Dihindari!

Pada dasarnya berutang adalah meminjam uang kita di masa depan untuk kebutuhan saat ini. Ketika kita sedang tidak memiliki cukup uang untuk memenuhi kebutuhan, adakalanya berutang jadi salah satu jalan keluar. Namun kita harus berhati-hati karena utang yang tidak dikelola secara bijak, justru itu akan membebani keuangan kita.

Setiap orang pasti pernah mengalami kondisi ketika tidak punya uang, malah harus membayar ini itu. Misalnya tiba-tiba sakit, mengalami kecelakaan, atau harus membayar biaya sekolah anak. Ketika menghadapi kondisi seperti ini, tak jarang kita tanpa berpikir panjang langsung mengambil utang.

Sebenarnya mengambil utang boleh-boleh saja, hanya saja kalau tidak dilakukan secara bijak, bisa jadi malah membebani keuangan kita di masa depan, apalagi kalau bunga utangnya tidak dihitung dengan cermat. Berikut ini adalah beberapa kondisi dimana seseorang biasanya memutuskan untuk berutang. Padahal, hal tersebut bisa dihindari

Biaya Pengobatan

Kesehatan itu memang mahal harganya, tapi mahal dan murah selalu ada pilihan. Kamu bisa mempersiapkan diri untuk ikut asuransi kesehatan atau BPJS dari pemerintah. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak perlu berutang jika sewaktu-waktu sakit.

Terkena PHK

Sehabis terkena PHK dan tidak memiliki pemasukan, bukan berarti kita harus berutang untuk bertahan hidup. Kita bisa mengantisipasi hal ini dengan mempersiapkan dana darurat yang besarannya sekitar 6 bulan pengeluaran. Misalkan, kamu punya pengeluaran rutin Rp5 juta per bulan, maka dana darurat yang kamu butuhkan adalah sebesar Rp30 juta. Dengan harapan, kamu bisa bertahan hingga 6 bulan lagi sebelum mendapatkan pekerjaan baru.

Mengalami Kecelakaan

Kecelakaan memang sifatnya tak terduga dan biasanya butuh dana besar untuk menanggulanginya. Selain bisa digunakan untuk bertahan jika kena PHK, dana darurat dan asuransi kesehatan juga bisa digunakan dalam kondisi seperti ini.

Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah momen penting dalam hidup dan jangan sampai momen tersebut dirusak akibat utang. Idealnya, kamu bisa menabung atau mengumpulkan dana pernikahan dengan pasangan lewat berbagai instrumen investasi.

Biaya Anak Sekolah

Memberi pendidikan terbaik untuk anak pasti menjadi keinginan setiap orang tua, sehingga mempersiapkan dananya dengan matang adalah hal yang penting. Kamu bisa mempersiapkan dana pendidikan anak sejak dini bersama pasanganmu. Ada banyak banget instrument yang bisa kamu gunakan untuk mencapai tujuan ini, seperti berinvestasi.

Dalam prakteknya, biasanya akan muncul hambatan karena hal tersebut memang tidak bisa dilakukan secara instan. Semoga kamu bisa melewati itu semua dan menjadikan utang sebagai pilihan terakhir jika kamu menghadapi kondisi-kondisi di atas.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut