Ini Nilai dan Manfaat dari Kartu Prakerja dari Pemerintah

1
143
Kartu Prakerja

Di awal tahun 2020 pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI meluncurkan sebuah program dengan bentuk Kartu yang dapat membantu masyarakat. Program ini diluncurkan dalam bentuk Kartu Prakerja dimana kartu ini berguna untuk mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Program ini berupa bantuan yang diberikan dalam bentuk insentif serta biaya pelatihan kerja untuk meningkatkan keterampilan para pencari kerja. Target pemerintah untuk penerima Kartu Prakerja ini adalah mereka yang baru lulus mulai dari SMA/SMK, Universitas hingga mereka yang kehilangan pekerjaan akibat PHK.

Namun, sebenarnya apa saja sih syarat untuk mendapatkan kartu prakerja?

Program ini tidak hanya berfokus kepada pelatihan siap kerja, tetapi juga pelatihan kewirausahaan untuk mereka yang ingin memulai usahanya sendiri. 

Untuk persyaratannya sendiri yaitu WNI yang sudah berusia 18 tahun atau lebih dan tidak sedang melakukan pendidikan formal baik itu bersekolah ataupun kuliah. Awalnya, program ini diprioritaskan untuk para pengangguran muda. Namun, seiring waktu program ini juga diprioritaskan bagi mereka para pekerja serta pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak.

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas juga bahwa mereka yang sudah bekerja namun di PHK juga boleh untuk mendaftar program ini. Namun, tetap prioritasnya adalah mereka yang pengangguran mudah dan para pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang terdampak COVID-19.

Proses pendaftarannya sendiri tidak dilakukan secara serentak, melainkan dibagi menjadi beberapa gelombang mulai dari April 2020 hingga November 2020. Para pendaftar yang tidak lolos pada gelombang tersebut, maka tidak diperkenankan untuk ikut gelombang berikutnya.

Baca juga: Obligasi Pemerintah, Salah Satu Pilihan Investasi Aman!

Nilai dan Manfaat Kartu Prakerja

Kartu Prakerja ini memiliki banyak manfaat untuk para penerimanya dan setiap pesertanya akan mendapatkan insentif hingga Rp3.550.000,- dengan rincian lengkapnya sebagai berikut:

  • Biaya atau Bantuan Pelatihan Kerja Senilai Rp1.000.000,-
  • Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama senilai Rp600.000,- per bulan dan diberikan untuk waktu 4 bulan dengan total sebesar Rp2.400.000,-
  • Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000,- yang diberikan 3 kali atau total sebesar Rp150.000,-

Pelatihan pertama kali wajib diambil oleh peserta paling lambat 30 hari sejak penetapan penerima Kartu Prakerja. Apabila tidak, maka bantuan ini akan hangus dan tidak berlaku. Namun, jika masih tersisa biaya pelatihan kerja tersebut, peserta dapat membeli pelatihan lainnya hingga 31 Desember 2020.

Insentif di atas akan didapatkan apabila peserta lolos menjadi penerima kartu prakerja dan kamu akan menerima insentif tersebut jika:

  • Telah menyelesaikan pelatihan
  • Dalam penerimaan Kartu Prakerja mengikuti lebih dari satu pelatihan, insentif pelatihan hanya diberikan pada saat penyelesaian pelatihan yang pertama tidak ada insentif untuk pelatihan kedua, ketiga dan seterusnya.
  • Telah memberikan ulasan serta penilaian terhadap lembaga pelatihan
  • Untuk insentif survey, diterima apabila penerima Kartu telah mengisi survey di akun melalui www.prakerja.go.id untuk mengetahui evaluasi efektivitas program kartu prakerja.

Satu hal yang perlu diingat yaitu kamu dapat menerima insentif dengan catatan kamu sudah menjadi pemegang Kartu Prakerja yang sah dan telah menyelesaikan pelatihan. Sekarang sudah mulai jelas kan seputar Kartu ‘sakti’ ini? Jadi untuk kamu yang sedang kesulitan dalam mencari pekerjaan tidak perlu bersedih dan kebingungan coba saja mendaftar untuk mendapatkan Kartu Prakerja pada gelombang selanjutnya siapa tahu kamu terpilih!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.