Kakeibo: Seni Mengatur Keuangan ala Orang Jepang

1
371
Kakeibo: Seni Mengatur Keuangan ala Orang Jepang

Negara Matahari Terbit memiliki budaya dan tradisi yang terkenal cukup kuat dan kental, salah satunya adalah tradisi mengatur keuangan. Seni mengatur keuangan unik yang disebut Kakeibo ini sudah dilakukan secara turun temurun. Dengan mengandalkan pencatatan secara manual, orang-orang Jepang memiliki kesadaran penuh untuk setiap pengeluaran yang dicatat. Teknik ini bisa kita coba terapkan agar bisa mengatur keuangan bulanan dengan lebih bijaksana. Lalu apakah sebenarnya Kakeibo itu?

Kakeibo sendiri adalah cara melacak keuangan secara manual, sehingga membantu seseorang menetapkan anggaran dan mencapai tujuan menabung dengan ibu sebagai manager keuangan rumah tangga. Proses pencatatan keuangan dilakukan dengan tulis tangan dengan tujuan kita memiliki kesadaran emosional untuk setiap pengeluaran yang dicatat. Ada empat kunci dalam metode ini, yaitu:

1. Berapa banyak uang yang tersedia?

2. Berapa banyak yang ingin disimpan?

3. Berapa banyak uang yang dibelanjakan?

4. Bagaimana cara memperbaikinya agar lebih baik lagi?

Untuk menerapkan Kakeibo, ada beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. Pertama kita harus mencatat seluruh pemasukan di awal bulan seperti gaji bulanan dan penghasilan tambahan. Kemudian sisihkan uang yang ingin ditabung dan alokasikan sisanya ke dalam beberapa pos pengeluaran yaitu Survival (kebutuhan pokok seperti biaya makan, tagihan cicilan, dan kewajiban lainnya), Optional (kebutuhan sekunder mencakup hiburan, makan di luar, dan sebagainya), Culture (kebutuhan untuk menambah wawasan contohnya buku, film, atau majalah) dan Extra (pengeluaran lainnya seperti perbaikan rumah, pemeliharaan kendaraan bermotor dan sebagainya). Setelah memisahkan uang berdasarkan posnya, siapkan beberapa amplop untuk menyimpan alokasi dana dari pos-pos pengeluaran tersebut. Jangan lupa catat pengeluarannya. Di akhir bulan, lakukan evaluasi terhadap aktivitas keuangan yang telah kamu lakukan. Cek amplop atau pos mana yang yang berhasil menghemat banyak dan mana yang menghabiskan lebih dari budget.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut