Ini Daftar Kadar Emas yang Paling Bagus Untuk Perhiasan

0
12913
Kadar Emas

Emas tercatat sebagai jenis perhiasan yang banyak diminati oleh kolektor maupun investor. Pasalnya, emas mudah disimpan, tidak mudah rusak, harganya cenderung stabil, dan tidak terdampak inflasi. Selain itu, perhiasan emas juga menawarkan beragam model. Mulai dari gelang, kalung, anting, cincin, hingga liontin. Umumnya, harga yang ditawarkan disesuaikan dengan kadar emas yang terkandung pada perhiasan.

Apa Itu Kadar Pada Perhiasan Emas?

Kadar pada emas merupakan tingkat keaslian atau jumlah emas asli yang terkandung di dalam perhiasan tersebut. Secara umum, kadar pada emas disebut sebagai karat. Mengingat emas termasuk jenis logam sangat lunak, perhiasan dari emas harus dicampur dengan logam jenis lain supaya lebih kuat. Biasanya toko menggunakan istilah emas tua atau emas muda untuk membedakan kadar perhiasan.

Sebenarnya, sistem perhiasan emas muda dan emas tua hanya digunakan di Indonesia. Sistem perhiasan internasional menggunakan karat untuk membedakan kadar emas suatu perhiasan sekaligus menilai harganya. Untuk memudahkan Anda, simak tingkat kemurnian perhiasan emas dalam karat berikut ini.

  • Kandungan emas murni 41% setara dengan 10 karat.
  • Kandungan emas murni 58% setara dengan 14 karat. 
  • Kandungan emas murni 62% setara dengan 15 karat. 
  • Kandungan emas murni 75% setara dengan 18 karat. 
  • Kandungan emas murni 78% setara dengan 19 karat.
  • Kandungan emas murni 82% setara dengan 20 karat. 
  • Kandungan emas murni 86% setara dengan 21 karat.
  • Kandungan emas murni 90% setara dengan 22 karat. 
  • Kandungan emas murni 94% setara dengan 23 karat. 
  • Kandungan emas murni 99% setara dengan 24 karat.

Emas muda mengandung emas murni di bawah 42% dan kandungan logam lain, seperti palladium atau nikel sehingga warnanya lebih pucat. Lantaran kadar kandungan logam lain lebih tinggi, emas muda cocok dijadikan sebagai dasar pembuatan perhiasan dengan dua atau tiga warna. Emas muda juga memiliki tekstur lebih keras karena karatnya rendah. Hal ini menjadi alasan mengapa emas muda dibanderol lebih murah dari emas tua. Meskipun demikian, emas muda diminati oleh konsumen yang ingin membeli perhiasan terjangkau. 

Berbeda dengan emas muda yang menggunakan banyak campuran logam lain, kandungan emas murni pada emas tua di atas 42%. Tak heran apabila warna emas tua lebih gelap. Harganya pun dibanderol lebih tinggi dibandingkan emas muda. Jika biasanya emas muda sering dipakai untuk mempercantik diri, maka emas tua lebih banyak digunakan untuk investasi jangka panjang. 

Baca juga: Ingin Mulai Investasi Emas? Berikut Tipsnya!

kadar emas

Berapa Kadar Emas Terbaik Untuk Perhiasan?

Banyak orang beranggapan bahwa perhiasan yang bagus adalah perhiasan yang memiliki kandungan emas murni 24 karat. Faktanya, emas 24 karat justru tidak cocok digunakan sebagai perhiasan. Meskipun dibanderol dengan harga tinggi, emas 24 karat memiliki sifat yang sangat lunak sehingga bentuknya mudah berubah. Alasan inilah yang menyebabkan emas 24 karat lebih cocok digunakan sebagai bahan pembuatan logam mulia. 

Kendati kadar emas muda maupun tua yang dijual di pasaran dibuat sesuai dengan kebutuhan konsumen, kadar terbaik untuk perhiasan adalah 75% atau setara 18 karat. Menurut ahli perhiasan dunia, emas 18 karat merupakan kadar kemurnian ideal untuk perhiasan. Kandungan emas sebanyak 75% dinilai sebagai kombinasi sempurna untuk mempertahankan perhiasan tetap cantik dalam waktu lama. Selain itu, emas 18 karat tidak mudah berubah bentuk selama proses pembuatan perhiasan, kuat, dan bernilai tinggi.

Dari penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa kadar pada perhiasan emas menentukan harga jual sebuah perhiasan. Kadar pada perhiasan terbaik bukanlah 24 karat, melainkan 18 karat. Emas 24 karat memang mengandung kemurnian tinggi, tetapi terlalu lunak sehingga sulit dibentuk menjadi perhiasan. 

Apabila Anda tertarik menggunakan perhiasan, disarankan memilih emas muda. Sementara Anda yang ingin memperoleh keuntungan dari perhiasan emas, pilih emas tua untuk investasi menguntungkan di masa depan. Pastikan untuk membeli dan menyimpan perhiasan emas di tempat yang aman agar kemurnian dan keindahan warnanya tetap terjaga.

Demikianlah informasi mengenai kadar emas beserta penjelasan lengkap yang perlu Anda pahami. Berbekal informasi ini, Anda akan lebih mudah menentukan jenis emas yang tepat sesuai kebutuhan. Ayo, sebarkan artikel ini supaya makin bermanfaat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]