Punya Emas Tapi Gak Punya Suratnya? Ini Cara Jual Emas Tanpa Surat!

0
1501
Jual Emas Tanpa Surat

Emas termasuk jenis investasi berharga yang menguntungkan di masa depan. Alasan sederhana memilih investasi emas karena dapat digunakan dan dijual kembali dengan mudah. Ketika membutuhkan uang tunai dalam keadaan terdesak, Anda bisa mendatangi toko perhiasan. Idealnya, Anda harus menyertakan nota pembelian sebagai tanda keaslian. Dalam nota tersebut juga tertera informasi kadar yang berguna untuk memudahkan proses penjualan. Namun, dapatkah jual emas tanpa surat?

Perhatikan Hal Ini Sebelum Jual Emas Tanpa Surat

Sebenarnya, dengan atau tanpa surat Anda bisa menjual emas. Hanya saja, harganya tak setinggi apabila Anda memiliki surat lengkap. Pasalnya, pihak toko harus melakukan pengecekan keaslian emas beserta kadarnya. Proses peleburan untuk menentukan kadar emas membutuhkan waktu dan biaya. Hal inilah yang menyebabkan harga emas tanpa surat lebih rendah. Untuk meminimalisasi kerugian, ada baiknya memperhatikan sejumlah hal berikut ini sebelum jual emas tanpa surat Jakarta.

Perhatikan Harga

Kendati sedikit merepotkan, mengecek harga pasaran emas berguna untuk menghitung nominal yang akan Anda dapatkan dari hasil penjualan emas. Apabila harga pasaran emas rendah, alangkah baiknya untuk mengurungkan niat menjual emas. Pasalnya, tanpa surat pembelian harga emas akan jatuh. Bukan mustahil Anda akan mengalami kerugian besar. 

Tunggulah sampai harga pasaran emas berada di puncak tertinggi. Pada saat inilah Anda disarankan untuk menjual emas. Meskipun harga jual emas tanpa kelengkapan surat tak setinggi harga emas bersurat lengkap, Anda masih bisa mendapatkan untung. 

Lakukan Pengecekan Emas

Agar nilai jual emas terjaga, pastikan bahwa emas yang Anda miliki dalam kondisi baik. Emas yang tergores, cacat, atau berwarna kusam biasanya dibanderol dengan harga rendah. Apabila Anda menjualnya tanpa surat, tentu harganya akan makin rendah dan bisa menyebabkan kerugian besar. 

Untuk mengatasi emas yang kusam, Anda bisa melakukan cuci ulang dengan merendam emas menggunakan sabun cuci piring dan air hangat. Gunakan sikat gigi agar kotoran dan debu yang menempel lenyap tak bersisa. Berbekal cara sederhana tersebut, Anda akan mendapatkan penawaran harga emas yang baik. Kerugian akibat jual emas tanpa surat pun dapat diminimalisasi. 

Kadar Emas

Kadar emas menjadi salah satu poin penting yang memengaruhi harga emas. Makin tinggi kadarnya, makin tinggi nilainya. Meskipun kamu tidak memiliki surat yang menerangkan kadar emas, cobalah mengingat kembali atau menerka kadar emas yang dimiliki. Cara ini dilakukan untuk menilai berapa banyak uang yang Anda bisa dapatkan dari hasil menjual emas. 

Baca juga: Bukan Cuma Emas Batangan, 5 Jenis Investasi Emas Ini Juga Menguntungkan!

Jual di Tempat Beli Emas

Kendati emas dapat dijual di mana saja, alangkah bijak apabila menjualnya di tempat Anda membeli. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko potongan harga yang lebih besar. Pasalnya, tanpa surat pembelian, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk administrasi. Tak hanya itu saja, apabila emas yang Anda jual dianggap sudah tak sesuai tren, pihak toko akan melakukan peleburan. Biaya peleburan akan dibebankan kepada Anda selaku orang yang menjual emas. 

Begini Cara Jual Emas Tanpa Kelengkapan Surat

Lantas, bagaimana cara menjual emas tanpa kelengkapan surat? Pertama, Anda bisa mendatangi toko perhiasan secara langsung. Katakan kepada pegawai toko jika Anda ingin menjual emas tanpa kelengkapan surat. Nantinya, pihak toko akan mengecek kadar dan menentukan harga. Apabila harga cocok, Anda bisa menjual emas tersebut. Jika tidak, maka Anda bisa kembali di lain waktu ketika harga emas sedang tinggi.  

Cara kedua untuk menjual emas tanpa disertai surat adalah melalui marketplace. Berbeda dengan toko, menjual emas di marketplace memungkinkan Anda menetukan harga jual secara mandiri berbekal informasi nilai emas pasaran. Pastikan Anda melengkapinya dengan gambar dan deskripsi lengkap bahwa emas tersebut dijual tanpa surat.

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa menjual emas bisa dilakukan dengan atau tanpa surat. Meskipun demikian, yang membedakan keduanya adalah harga jual kembali. Oleh karena itu, pastikan memperhatikan sejumlah poin penting untuk meminimalisasi risiko kerugian. Demikianlah informasi singkat mengenai jual emas tanpa surat yang dapat Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum menjual emas. Yuk, share artikel ini!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]