10 Investasi yang Cocok untuk Pemula

2
741
Investasi Pemula

Ada banyak jenis investasi yang bisa dikelola dan menguntungkan. Namun, investor pemula kerap bingung memilih jenis investasi yang tepat karena kurangnya pengalaman. Karena itu, mempelajari karakteristik instrumen investasi adalah salah satu langkah penting sebelum memulai berinvestasi. Ada setidaknya 10 jenis investasi untuk pemula, antara lain sebagai berikut.

Emas

Emas merupakan jenis investasi yang umum dipilih oleh masyarakat awam. Selain karena bisa dibeli dengan mudah, emas juga bisa disimpan dan bersifat likuid sehingga bisa dijual kapan saja dibutuhkan.

Investasi emas menguntungkan dalam jangka panjang. Modal yang diperlukan untuk memulai investasi untuk pemula ini tidak terlalu besar. Risikonya pun terbilang sangat kecil.

Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah atau korporasi. Tujuan penerbitan obligasi adalah untuk mengumpulkan dana pinjaman. Penerbit obligasi harus membayar bunga setiap bulan kepada pemegang obligasi dan membayar pokok pinjaman pada jangka waktu yang telah ditentukan.

Risiko investasi pada obligasi juga cenderung rendah. Namun, imbal hasil yang didapatkan lebih besar daripada tabungan dan deposito.

Saham

Saham merupakan bukti kepemilikan terhadap suatu perusahaan karena ikut memberikan modal usaha dalam persentase tertentu. Wujud saham biasanya berupa lembaran kertas dengan nama pemilik saham dan nilai investasi yang diberikan.

Keuntungan pemilik saham adalah mendapatkan dividen dari keuntungan yang diperoleh perusahaan. Selain itu, pemilik saham juga bisa mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual beli saham.

P2P Lending

P2P lending adalah penyedia jasa pinjaman yang menghubungkan debitur dengan kreditur dalam suatu platform. Ini merupakan metode yang muncul dari perkembangan teknologi finansial. Pinjaman dapat dilakukan tanpa perantara bank maupun lembaga finansial lain. Sebagai pemula, Anda wajib cermat memilih platform P2P lending yang tepercaya untuk berinvestasi.

Baca juga: Ini Penjelasan Seputar Cara Kerja P2P Lending

Properti

Properti adalah jenis investasi yang dikenal masyarakat secara umum. Jenis investasi properti juga bermacam-macam, mulai dari tanah hingga bangunan. Hasil investasi dari properti adalah dari sewa properti dan selisih nilai jual beli properti.

Keunggulan investasi properti adalah imbal hasil yang besar jika dikelola dengan baik. Namun, Anda harus memiliki dana yang besar untuk memulainya.

Deposito

Deposito merupakan jenis investasi untuk pemula karena aman dan minim risiko. Produk investasi ini hampir sama seperti tabungan, tetapi dengan suku bunga yang lebih tinggi. Dalam melakukan deposito, Anda harus menyimpan sejumlah uang dalam jumlah tertentu dan jangka waktu tertentu. Deposito banyak dipilih oleh para investor pemula.

Sukuk

Sukuk merupakan surat berharga dalam bentuk sertifikat hak milik. Surat tersebut merupakan bukti kepemilikan terhadap suatu aset, baik berupa benda, manfaat, maupun jasa. Sukuk diterapkan dengan prinsip ekonomi syariah. Karena itu, prinsip penerapan sukuk adalah bebas riba, ketidakpastian, dan spekulasi. Sistem pembayaran sukuk adalah bagi hasil.

Reksa Dana

Reksa dana juga bisa dipilih oleh para pemula untuk memulai berinvestasi. Alasannya karena tidak membutuhkan modal yang terlalu besar serta risiko kecil hingga menengah. Ada berbagai jenis reksa dana yang bisa dicoba untuk mendapatkan imbal hasil yang menarik. 

Jenis investasi untuk pemula ini pun bisa dikelola dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang. Anda bisa menyesuaikannya dengan tujuan investasi.

Mata Uang Kripto

Selain itu, saat ini ada investasi dalam bentuk mata uang kripto atau cryptocurrency. Meskipun cukup berisiko, Anda bisa memperoleh imbal hasil yang menggiurkan jika bisa mengelolanya dengan benar. Supaya tidak terjerumus, pelajari dan analisis terlebih dahulu pergerakannya sebelum menempatkan dana pada mata uang kripto tertentu.

Investasi Langsung

Anda juga dapat berinvestasi langsung pada sebuah bidang usaha yang dikenal. Dalam hal ini, Anda bisa bermitra dengan pemilik usaha dengan menyediakan dana untuk kebutuhan operasional usaha. Metode ini terkesan praktis karena berhubungan langsung dengan pihak pengusaha. Namun, Anda harus memastikan usaha tersebut benar-benar potensial dan bisa berkembang maksimal.

Jadi, ada banyak jenis investasi untuk pemula yang bisa dicoba saat ini. Bagi Anda yang telah mempersiapkan dana investasi dan ingin mulai belajar berinvestasi, jangan ragu. Mulailah sekarang dan nikmati keuntungannya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

2 COMMENTS

Comments are closed.