Ketahui Lebih Dalam Apa Itu Investasi Reksa Dana Dengan 6 Cara Ini!

0
1179
Investasi Reksa Dana

Ketahuilah, bahwa untuk memulai investasi jangan tunggu kamu merasa ‘siap’, karena investasi harus dipersiapkan seawal mungkin untuk menjaga finansial kamu di masa depan. Berbicara mengenai mengenai memulai investasi seawal mungkin, pasti kamu berpikir, modalnya dari mana? Terus jika belum memiliki modal yang cukup bagaimana? Tidak usah takut mengenai hal tersebut, sekarang tersedia produk keuangan investasi yang sedang cukup populer, yaitu investasi reksa dana.

Reksa dana merupakan suatu dana yang dikumpulkan dan dikelola untuk membeli saham, obligasi atau instrumen keuangan lainnya. Investasi jenis ini juga memiliki suatu kemudahan berupa besaran dari investasinya yang bisa dimulai dari nominal kecil.

Untuk sistemnya pun mudah kamu hanya tinggal menaruh modal yang kamu percayakan kepada profesional, yang sering disebut Manajer Investasi, untuk membeli reksa dana. Kemudahan ini akan membantu kamu agar tidak lagi perlu memikirkan saham atau obligasi apa yang ingin kamu beli. Kamu hanya tinggal menentukan reksa dana yang ingin kamu `beli. Setelah itu, biarkan manajer investasi yang akan mengelola reksa dana yang sudah kamu beli.

Sudah mulai tertarik untuk mencoba memulai investasi reksa dana? Sebelum kamu benar-benar memulai investasi ini kamu harus paham dulu langkah-langkah untuk memulainya sebagai berikut.

  • Tentukan Arah dan Tujuan

Sebelum memulai investasi kamu harus tahu terlebih dahulu arah dan tujuan menginvestasikan dana kamu apakah untuk modal usaha, modal anak sekolah, untuk pensiun atau yang lainnya. Seberapa penting untuk menentukan arah dan tujuan? Karena investasi harus memiliki tujuan yang jelas. jika kamu sudah mengetahui tujuan dari investasi yang kamu lakukan, maka pasti kamu bisa memaksimalkan investasi yang kamu miliki.

  • Kenali Jenis Reksa Dana

Jika kamu sudah tahu tujuan dari investasi yang kamu lakukan, selanjutnya kamu harus tahu jenis-jenis dari reksa dana itu sendiri. Reksa dana ini memiliki jenis dan ragamnya mulai dari reksa dana pasar uang, pendapatan tetap, saham, index, campuran, dan lainnya. Perbedaannya ada pada tingkat risiko serta potensi imbal hasilnya.

Diantara beberapa jenis diatas yang sedang cukup populer adalah reksa dana pasar uang.Reksa dana pasar uang ini seluruhnya ditempatkan di deposito, obligasi dan SBI atau Sertifikat Bank Indonesia. Untuk jatuh tempo juga hanya kurang dari satu tahun, karena itu bisa dikatakan relatif lebih aman dibandingkan jenis lainnya.

  • Jangka Waktu Investasi

Jangka waktu dari investasi reksa dana ini memiliki jangka waktu yang berbeda-beda. Ada yang kurang dari 1 tahun, 1-3 tahun 3-5 tahun dan lebih dari 5 tahun. Penting untuk kamu mengenali jangka waktu yang akan kamu pilih dalam investasi. untuk kamu yang ingin jangka waktu kurang dari 1 tahun, pilihan terbaik adalah reksa dana pasar uang.

  • Tahapan Investasi Reksa Dana

Apapun harus sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika kamu ingin lebih aman tetapi keuntungannya terbatas maka reksa dana pasar uang merupakan pilihan yang paling cocok untuk kamu. Tetapi jika ingin berharap keuntungan yang tinggi dan kamu juga menerima risiko yang tinggi maka reksa dana campuran dan saham pilihan yang cocok untuk kamu.

Selanjutnya, pilih produk reksa dana yang paling cocok dengan kamu. Lihat rekam jejak profitnya selama kurang lebih 3 tahun terakhir. Lalu pastikan keuntungannya cukup stabil.

Jangan lupa untuk mencari informasi mengenai biaya yang dikenakan pada reksa dana yang kamu inginkan dengan mencakup biaya pembelian dan penjualannya. Sisihkan setidaknya 20% dari pendapatan untuk investasi ini setiap bulannya.

  • Pastikan Memiliki Izin

Reksa dana merupakan investasi yang legal dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan. Tidak hanya reksa dana itu sendiri yang harus memiliki izin tetapi manajer investasi pun juga harus memiliki izinnya. Jangan lupa untuk memastikan izin tersebut benar jangan sampai ikut tertipu dengan banyaknya investasi bodong.

Baca Juga : Pendanaan di Akseleran Semakin Aman dengan Sertifikasi ISO 27001

Coba Juga Pendanaan P2P Lending dan Dapatkan Bunga Hingga 16% per Tahun!

Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju tentu semakin mempermudah kamu untuk mencari suatu informasi sebanyak mungkin, khususnya seputar kemajuan dunia fintech. Sekarang ini mulai bermunculan juga perusahaan fintech yang mempunyai produk P2P Lending, salah satunya Akseleran. Platform P2P Lending mempertemukan Lender (pemberi dana) dengan Borrower (peminjam) yang membutuhkan modal.

P2P Lending ini bisa menjadi salah satu cara kamu mengembangkan dana, karena dengan  menjadi Lender, kamu bisa memberikan pendanaan kepada UKM-UKM yang membutuhkan pinjaman. Bunga dari pinjaman tersebut dapat kamu nikmati sebagai hasilnya. Kamu bisa mulai melakukan pendanaan dari Rp100 ribu saja.

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 dan dapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here