Investasi Mata Uang Kripto: Peluang dan Risiko

0
506
Investasi mata uang kripto

2009, kripto muncul pertama kali dan hingga 2023, mata uang kripto berkembang dengan sangat cepat. Tahun 2022, pasar kripto menyentuh angka USD4,67 miliar dengan tingkat pertumbuhan (CAGR) mencapai 12,5% untuk tahun 2023-2030. Lantas, worth it tidak kalau memilih investasi mata uang kripto?

Key points:

  • Pertumbuhan kripto yang melonjak drastis. Di tahun 2023, pasar global kripto diperkirakan mencapai USD5,15 miliar. 
  • Tingkat pertumbuhan (CAGR) tahun 2023-2030 sekitar 12,5%. 
  • Regulasi mempengaruhi volatilitas yang bisa menghancurkan pasar. 

Untuk tahu lebih lengkapnya, mulai dari keuntungan hingga risiko, cek informasi berikut ini. 

Mata Uang Kripto dan Cara Kerjanya

Sebelum lebih jauh, akan lebih baik untuk tahu dan mengenal tentang kripto dan bagaimana cara kerjanya. 

Apa itu Mata Uang Kripto?

Mata uang kripto adalah mata uang digital yang tidak bisa dipalsukan dan dibelanjakan. Mata uang ini menggunakan metode kriptografi dengan kode khusus yang membuat informasi mata uang digital terlindungi. 

Jenis mata uang digital itu sendiri, seperti kripto untuk pemula, cukup beragam. Mulai dari bitcoin, ethereum, tether, U.S. Dollar Coin, XRP, hingga cardano. 

Jadi, kalau ada yang bertanya, “Apa itu investasi mata uang kripto?” maka jawabannya adalah investasi yang menggunakan mata uang kripto sebagai asetnya.

Cara Kerja Mata Uang Kripto

“Tidak ada 1 otoritas pusat yang mengendalikan mata uang kripto.”

Secara umum, cara kerja mata uang kripto mencakup 3 hal, yaitu digital, terenkripsi, desentralisasi. Artinya, bentuknya digital dengan informasi yang tersembunyi dan tidak ada 1 pun pihak yang menjadi perantara ketika transaksi. 

Karena berbentuk digital maka mata uang kripto, termasuk daftar transaksinya, tersimpan di dalam jaringan blockchain. Blockchain inilah yang mengatur serta mengelola data transaksi dan pengelolanya yaitu si pengguna itu sendiri.

Sistem yang terbuka dan bebas memungkin setiap pengguna mengetahui adanya transaksi. Untuk melakukan transfer, baik pengirim atau penerima harus memiliki nomor rekening dan password (stream key) layaknya di bank. 

Contoh, A melakukan transfer 2 Bitcoin ke B. Setelah A melakukan verifikasi, maka B akan segera mendapatkan Bitcoin. Saat transaksi berlangsung, pengguna lain tahu kalau ada transaksi. Hanya saja, transaksi akan bersifat anonim sehingga pengguna yang lain tidak tahu identitas orang yang melakukan transfer.

Sistem inilah yang kemudian membuat mata uang kripto susah untuk diretas dan dianggap aman. 

Peluang dan Risiko Investasi Mata Uang Kripto

Jika melihat proyeksi pendapatan kripto di Indonesia tahun 2023 mencapai USD 470,1 juta, tentu peluang investasi kripto cukup menggiurkan. 

But wait, sebelum Anda terjun terlalu jauh, Anda perlu tahu dulu apa keuntungan investasi kripto dan risikonya. 

Keuntungan Investasi Mata Uang Kripto

Ada beberapa keuntungan ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi pada mata uang kripto, di antaranya:

  • Bisa melakukan diversifikasi investasi sehingga mengurangi risiko rugi secara bersamaan. 
  • Terlindungi dari inflasi.
  • Tidak tersentralisasi dan tidak ada pusat khusus yang mengelola kripto selain pengguna itu sendiri. 
  • Minim biaya tambahan, misalnya untuk transaksi.
  • Bisa dibeli dengan berbagai jenis mata uang sesuai dengan biaya minimal yang ditentukan. 
  • Aman dan private.
  • Kemudahan transfer.
  • ROI yang tinggi.

Kekurangan Investasi Mata Uang Kripto

Walau aman dan terlindungi dari inflasi, bukan berarti risiko main crypto itu tidak ada. Anda harus memperhatikan beberapa risiko seperti berikut ketika memutuskan untuk berinvestasi kripto:

  • Tingginya transaksi yang ilegal. 
  • Risiko data yang hilang. Jadi, jika ada kesalahan seperti lupa password atau salah transfer, maka sepenuhnya adalah tanggungan pengguna. 
  • Adanya risiko manipulasi oleh beberapa pihak seperti kreator mata uang kripto.
  • Transaksi tidak bisa Anda batalkan atau mendapatkan refund.
  • Butuh energi seperti listrik untuk melakukan mining cryptocurrency. 
  • Risiko peretasan yang tinggi ketika transaksi berlangsung. 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Mata Uang Kripto

Mungkin Anda masih bingung, kenapa harga kripto bisa naik dan turun bahkan melejit jauh dari sebelumnya?

Pada dasarnya, naik turunnya harga mata uang kripto tergantung dari stok dan permintaan. Semakin tinggi permintaannya, maka semakin tinggi harganya. 

Contohnya, harga Bitcoin yang turun drastis di angka USD 21.234 karena penjualan aset kripto yang mendadak di awal perdagangan Eropa. 

Walaupun begitu, masing-masing mata uang kripto memiliki ketentuan yang berbeda. Misalnya, Ether tidak memiliki limit persediaan. 

Selain supply and demand, ada beberapa hal lainnya yang mempengaruhi harga mata uang kripto, yaitu:

  • Mining atau penambangan kripto terutama ketika butuh daya listrik yang besar untuk menyelesaikan penambangan. 
  • Transaksi atau coins crashing yang bisa meningkatkan inflasi atau macroeconomic yang dapat mempengaruhi orang untuk berinvestasi di kripto. 
  • Meningkatnya utilitas ketika bisnis menerima kripto dan meningkatkan peluang investasi.
  • Adanya kompetisi.
  • Tingkat kepopuleran di media. 
  • Regulasi setiap negara. 
  • Tingkat ketersediaan produknya. 

Bagaimana dengan Indonesia? Apa ada regulasinya?

Pemerintah Indonesia menganggap jika kripto merupakan komoditas yang dapat diperdagangkan, misalnya sebagai aset investasi. Informasi lebih lengkapnya bisa Anda cek di Peraturan Bappebti No 5 th 2019

Karena sudah legal, maka tidak mengherankan jika tingkat user penetration di tahun 2023 mencapai 3,6%.

Tips Investasi di Mata Uang Kripto

Sama halnya seperti cara investasi ke aset atau komoditas lainnya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami kripto. Dalam hal ini, Anda perlu tahu bagaimana cara kerja kripto, plus minusnya, jenis kripto, apa saja yang harus Anda siapkan seperti rekening hingga modalnya. 

Setelah itu, jangan lupa untuk memilih platform investasi kripto yang terpercaya. Agar sukses, tips berikut ini bisa membantu Anda, di antaranya:

  • Pahami cara investasi, termasuk analisis pasarnya. 
  • Investasikan 1-5% dari total kekayaan bersih Anda terutama untuk Anda yang masih pemula dalam investasi kripto.
  • Perhatikan volatilitasnya secara berkala. Ini karena harga mata uang kripto bisa meningkat atau menurun secara drastis. 
  • Lakukan manajemen risiko baik risiko jangka pendek atau jangka panjang. 
  • Jangan berinvestasi di luar kemampuan Anda dalam menerima risiko. Misalnya besar kripto yang hilang ketika nilainya turun agar Anda tidak bangkrut. 
  • Investasi ke beberapa mata uang kripto. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari resiko bangkrut dalam waktu yang bersamaan. 
  • Hindari membeli hanya karena harganya rendah. Lakukan dulu analisa agar Anda yakin jika mata uang kripto tersebut akan mendatangkan untung.
  • Hati-hati terhadap scam, termasuk fake coins.
  • Gunakan password yang kuat, jaringan internet yang aman dan two-factor verification untuk mencegah terjadinya peretasan. 

Jadi, investasi crypto adalah aktivitas jual beli mata uang kripto di platform exchange kripto. Seiring dengan tingkat kepopulerannya yang meningkat, semakin banyak pula investor mata uang kripto.Investasi mata uang kripto termasuk high risk high loss. Alhasil, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi kripto, Anda perlu memahami cara investasinya, analisis dan management risk.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].