Ini Untung dan Rugi Melakukan Investasi Emas!

0
690
Investasi Emas

Investasi emas telah menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer di Indonesia, selain karena stabil, investasi emas juga banyak dipilih karena keuntungannya yang cukup menjanjikan. Mereka yang sudah memulai investasi ini, biasanya membeli emas dalam bentuk fisik lalu menjualnya saat harga emas sudah meningkat. Adapun yang memilih untuk menabung emas. Namun, kendala yang paling sering dihadapi para investor yang memilih investasi ini adalah kekhawatiran menyimpan emas. Karena, risiko terjadinya pencurian.

Nah, apabila kamu cemas dengan adanya risiko ini, maka kamu perlu ekstra waspada. Berbicara risiko memang apapun itu investasinya tentu Ada risiko di dalamnya. Namun, selain risiko investasi emas juga memiliki beberapa keuntungan diantaranya seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Keuntungan dan Kerugian dalam Investasi Emas!

  • Bebas Pajak

Tidak seperti beberapa investasi lainnya seperti contohnya saham. Keuntungan yang bisa kamu terima dari investasi emas ini tidak ada pemotongan pajak. Artinya saat kamu membeli emas dengan nominal sekian, lalu beberapa tahun kemudian kamu jual kembali dan harga emas tersebut sudah meningkat 5%, maka seluruh keuntungan tersebut bisa kamu terima tanpa terpotong pajak sepeserpun. 

Emas adalah pilihan terbaik apabila kamu menginginkan investasi yang terbebas dari pajak.

  • Mudah Dicairkan

Poin Ini juga yang menjadi salah satu keuntungan dari investasi emas. Karena, jenis investasi lainnya memang relatif lebih sulit dicairkan atau hanya dapat diklaim pada saat tertentu saja. Lain halnya dengan investasi emas, karena di investasi ini kamu memiliki keleluasaan saat ingin mencairkannya. Untuk prosesnya pun relatif lebih cepat dan mudah dibandingkan investasi-investasi lainnya.

  • Melindungi Nilai Kekayaan

Investasi emas ini setiap tahunnya selalu meningkat dari tahun ke tahun, sehingga investasi ini juga sangat tepat jika disebut sebagai investasi yang paling mampu melindungi nilai kekayaan. Kestabilan dan grafik yang selalu naik inilah yang membuat para pemilik investasi ini biasanya mendapatkan imbal hasil yang lebih menjanjikan.

Baca juga: Cari Tahu Perbedaan Investasi Emas dan P2P Lending di sini!

Selain itu investasi emas juga tidak harus dilakukan dengan jumlah besar, artinya investasi ini juga dapat dimulai dari yang kecil. Karena itu tak heran jika sekarang banyak terdapat toko emas yang mulai bermunculan dan menerima penjualan jenis-jenis emas yang ada di Indonesia.

Namun, dibalik segala keuntungan itu investasi emas juga memiliki kekurangan yang mungkin tidak disadari orang. Salah satunya risiko penipuan, kehilangan dan lainnya. Nah, berikut beberapa kelemahan yang dapat dialami oleh investor emas.

  • Risiko Kehilangan

Risiko yang ini adalah risiko yang paling sering dihadapi mereka yang ingin memulai investasi emas. Risiko ini memang muncul karena banyaknya kejadian yang menimpa mereka yang menggunakan emas tersebut sebagai perhiasannya. Selain jenis emas perhiasan, emas batangan pun tidak luput dari adanya risiko ini. Biasanya, untuk menekan risiko ini mereka menyewa safe deposit box di sebuah perbankan sebagai bentuk proteksi terhadap investasinya. Namun, ini tentu membutuhkan biaya lebih untuk menyewanya.

Karena itu perlu mempertimbangkan lebih jauh terkait investasi ini bila kamu tidak yakin untuk menyimpan dan tidak yakin dengan daerah sekitar.

  • Harga Fluktuatif

Seperti yang sudah kita bahas di atas, investasi emas memang memiliki kecenderungan harga yang meningkat. Tetapi, peningkatan tersebut tidak terjadi setiap hari atau setiap bulan. Peningkatan harga ini meningkat dalam waktu beberapa tahun. Emas juga dapat mengalami penurunan harga, meski ini jarang terjadi. Karenanya, perubahan harga emas dapat mempersulit investor untuk dapat memperhitungkan nilai investasi yang dimilikinya di masa mendatang.

Beberapa investor biasanya akan mengambil nilai tengah dari sebuah fluktuasi harga emas per gram untuk menghitung nilai investasi di masa depan dengan suku bunga tertentu. Mungkin hal ini tidak berpengaruh banyak terhadap investor yang jumlahnya tidak terlalu besar, namun untuk para investor yang berinvestasi besar di sini akan sangat terimbas dengan harga fluktuatif ini. Oleh karena itu, apabila memiliki rencana melakukan investasi ini, jangan lupa mempertimbangkan hal ini.

  • Merupakan Investasi Jangka Panjang

Sebenarnya pada poin ini bisa dikatakan sebagai keuntungan dan bisa juga menjadi kelemahan. Namun, memang dari segi imbal hasil keuntungan investasi emas ini bukanlah investasi yang cocok untuk kamu yang ingin investasi singkat. Dari fluktuasi harga emas yang cukup besar pun tidak dapat menjamin investor akan menghasilkan keuntungan besar dalam waktu singkat. 

Fluktuasi harga emas ini pun banyak faktornya yang mempengaruhi nilai tukar mata uang nasional terhadap mata uang asing. Selain itu, penyebab lainnya adalah kondisi finansial masyarakat di suatu wilayah atau daerah tertentu. 

Baca juga: 6 Tips Investasi Emas

  • Harga Cenderung Stabil

Harga emas memang cenderung stabil. Memang ini menjadi sebuah fakta yang ironi. Peningkatan yang terjadi dari harga emas ini justru biasanya akan muncul jika keadaan ekonomi dalam keadaan tidak stabil. Inflasi juga dapat menyebabkan kenaikan dan juga penurunan harga emas. Bila inflasi terjadi, maka tidak menutup kemungkinan harga emas akan jauh meningkat lebih tinggi. Sebaliknya, jika kondisi ekonomi stabil tentu akan mendorong masyarakat untuk mengonsumsi sewajarnya.

Investasi emas memang cukup menjanjikan. Tetapi ingat untuk selalu diversifikasi ya!

Coba juga alternatif pengembangan dana P2P Lending!

Untuk kamu yang ingin coba alternatif lain, bisa mencoba P2P Lending dari Akseleran. Dengan bunga hingga 21% per tahun, kamu bisa mengembangkan dana sekaligus membantu perkembangan UKM di Indonesia.

Kamu bisa memulai dengan nominal Rp100 ribu saja. Bahkan untuk pengguna baru kamu bisa menggunakan kode promo BLOG100 untuk mendapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here