Ini Mekanisme Pilpres AS, Donald Trump atau Joe Biden?

0
664
Ilustrasi Calon Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dan Donald Trump - Sumber BBC

Amerika Serikat (AS) tengah menggelar pertarungan merebut kursi nomor satu atau kepala negara. Pertarungan antara Joe Biden dari Partai Demokrat dan Donald Trump dari Partai Republik digelar pada Selasa (3/11) waktu setempat. Melansir The Guardian, Senin (2/11), sebanyak 98 juta jiwa telah memberikan suara sebelum hari pemilihan dimulai. Angka tersebut tercatat paling banyak sepanjang pemilihan umum (pemilu) AS.

Mengutip BBC, Senin (2/11), penentuan hasil pemilihan presiden AS biasanya dilakukan pada malam hari setelah pemungutan suara. Setiap negara bagian yang berbeda waktu berhenti memberikan suara pada waktu yang berbeda. Penghitungan suara secara menyeluruh tidak pernah selesai pada malam pemilihan, tetapi biasanya dari suara yang terkumpul bisa dikatakan cukup untuk mengonfirmasi pemenang.

Sebagai informasi tambahan, penentuan pemenang pemilu AS tidak ditentukan oleh pemungutan suara nasional, tetapi dengan memenangkan mayoritas negara bagian. Pemenang di setiap negara bagian mengambil sejumlah suara elektoral berdasarkan ukuran populasinya secara kasar. Untuk memenangkan pemilu, dibutuhkan 270 suara elektoral.

Pemenang ditentukan oleh negara bagian

Dalam sistem electoral college yang digunakan AS untuk memilih presidennya, setiap negara bagian diberikan sejumlah suara berdasarkan jumlah anggota yang dikirimnya ke Kongres, Gedung Putih, dan Senat. Artinya, ada beberapa negara bagian yang berpeluang memenangkan kedua kandidat. Negara-negara bagian ini dikenal sebagai ‘medan pertempuran’. Tercatat ada 14 negara bagian yang menjadi medan pertempuran, yaitu Arizona, Florida, Georgia, Lowa, Michigan, Minnesota, Nevada, New Hampshire, North Carolina, Ohio, Pennsylvania, Texas, Virginia, Wisconsin.

Mengutip www.kompas.com, berikut pelaksanaan pemungutan suara pemilu AS yang sudah disesuaikan dengan waktu Indonesia Bagian Barat (WIB).

Rabu (4/11) pukul 06.00 WIB
Pemungutan suara pertama ditutup di sebagian besar Indiana dan Kentucky. Namun, penghitungan suara di wilayah ini terkenal lambat.

Rabu (4/11) pukul 07.00 WIB
Sebagian besar pemungutan suara di negara bagian Florida dan Georgia ditutup. Biasanya hasil penghitungan suara di wilayah ini bisa diketahui secara cepat.

Rabu (4/11) pukul 07.30 WIB
North Carolina dan Ohio menjadi negara bagian selanjutnya yang menutup pemilihan. Di North Carolina, penghitungan suara dilakukan dengan cepat dan cenderung melaporkannya lebih awal.

Rabu (4/11) pukul 08.00 WIB
Dua negara bagian, Michigan dan Texas akan menutup beberapa tempat pemungutan suara, sementara sisanya tutup pada jam 09.00 WIB. Pennsylvania juga akan menutup pemungutan suara pada pukul 08.00 WIB. Namun hasil pemilu di Pennsylvania tidak akan diketahui pada saat itu.

Rabu (4/11) pukul 09.00 WIB
Pemungutan suara di Arizona, Colorado, New Mexico, Omaha, Nebraska, dan Wisconsin ditutup dengan kemungkinan hasil pemilu bisa diketahui lebih awal.

Rabu (4/11) pukul 10.00 WIB
Utah, Nevada, dan Iowa akan menutup pemungutan suara.

Rabu (4/11) pukul 11.00 WIB
Pemungutan suara di California, Oregon, Washington, dan Hawaii ditutup. Jika pemilihan presiden tidak ditutup, penutupan pemungutan suara di negara bagian ini akan menghasilkan hasil penting dalam pemilihan tersebut.

Rabu (4/11) pukul 13.00 WIB
Proses pemungutan suara di Alaska ditutup.

Baca Juga:
Babak Akhir Pilpres AS, Pasar Saham Wait and See
Donald Trump vs Joe Biden, Harga Emas?
Prediksi Rupiah vs Capres AS Terpilih

Proses Pelaksanaan Pilpres AS 2020

Mengutip Wikipedia dan Reuters, proses pemilihan presiden AS tahun ini menggunakan surat dan mail-in voting. Hal ini karena adanya pandemi Covid-19. Berikut proses lengkap mulai dari pemungutan suara hingga penetapan pemenang pilpres AS 2020.

3 November 2020: Hari pemilihan, karena pemungutan suara dilakukan melalui surat atau mail-in voting, maka diprediksi membutuhkan waktu berhari-hari untuk menghitung jumlah suara. Mengingat wilayah AS sangat luas dan banyaknya penduduk.

14 Desember 2020: Suara Dewan Elektoral
Pada Senin (14/12) anggota Dewan Elektoral atau Electoral College akan memberikan suara mereka untuk memilih presiden. Di sistem pilpres AS, pemenang di tiap popular vote (suara publik) berhak mendapat suara elektoral di negara bagian tersebut. Capres butuh minimal 270 suara elektoral untuk memenangkan kursi kepresidenan.

6 Januari 2021: Pertemuan Kongres
Kongres bertemu pukul 1 siang waktu setempat di Washington untuk menghitung suara elektoral dan mengumumkan pemenang.

20 Januari 2021: Hari pelantikan Presiden dan wakilnya dilantik di Gedung Capitol, Washington.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]