Kerja Keras Generasi Muda Untuk Indonesia Emas 2045

1
991
Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Berbekal Sumber Daya Manusia yang unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi, Indonesia akan dikenal sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia. Tepat di usia Republik Indonesia ke-100, Indonesia diharapkan telah memiliki ketahanan nasional serta kepemerintahan yang tangguh dan berwibawa. 

Pilar Impian Indonesia Emas 2045

Indonesia Emas 2045 adalah masa depan Indonesia yang diimpikan sejak lama dan tengah dalam perjalanan untuk segera diwujudkan. Impian Indonesia 2015-2085 yang dicanangkan pemerintah memiliki tujuan untuk membangun negara demokratis, bersih dari korupsi, dan kuat. Melalui impian tersebut, pemerintah berharap bahwa manusia Indonesia nantinya akan tumbuh menjadi pribadi yang berpengetahuan luas, unggul di berbagai bidang, dan berbudaya. 

Untuk mewujudkannya, pemerintah telah menyusun empat pilar menuju Indonesia Emas 2045. Pilar ini dibangun berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 yang menjadi dasar negara. Tujuan pembentukan pilar adalah untuk melindungi bangsa Indonesia, mencerdaskan generasi penerus bangsa, memajukan kesejahteraan umum, dan menjaga keadilan sosial. Adapun pilar untuk mewujudkan Indonesia 2045, antara lain:

Pembangunan Manusia dan Penguasaan IPTEK

Tak dapat dimungkiri bahwa pendidikan yang baik efektif meningkatkan kualitas SDM, mendorong produktivitas, dan menaikkan angka harapan hidup. Selain pendidikan, kebudayaan juga berperan dalam meningkatkan pembangunan melalui nilai luhur budaya bangsa. Untuk mempercepat kemajuan pembangunan ekonomi, teknologi harus dimanfaatkan sebaik mungkin, produktivitas tenaga kerja perlu ditingkatkan, serta pasar tenaga kerja harus adaptif dan fleksibel.

Berfokus pada hal tersebut, dasar pilar pertama adalah percepatan pendidikan seluruh rakyat Indonesia secara merata, peningkatan kesehatan dan kualitas hidup rakyat, peningkatan peran kebudayaan dalam pembangunan, reformasi ketenagakerjaan, dan peningkatan sumbangan IPTEK dalam pembangunan.

Pembangunan Ekonomi Berkelanjutan

Keinginan kuat untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia dan berpengaruh di Asia Pasifik membuat pemerintah terus mendorong investasi, perdagangan, industri dan jasa, maritim, dan pariwisata. Didukung infrastruktur yang baik, Indonesia akan mampu mencapai posisi yang sejajar dengan negara maju di dunia. Demi mendorong keberlanjutan pembangunan, Indonesia berkomitmen tinggi untuk terus menjaga lingkungan hidup.

Untuk mewujudkan hal tersebut, pilar kedua fokus pada percepatan industri dan pariwisata, peningkatan investasi dan perdagangan internasional, pembangunan ekonomi maritim, komitmen pada lingkungan hidup, pematapan ketahanan energi dan air, serta peningkatan kesejahteraan petani dan pemantapan ketahanan pangan.

Pemerataan Pembangunan

Mengingat kesenjangan pendapatan berdampak pada peningkatan kemiskinan, pemerintah mengupayakan pemerataan ekonomi dengan strategi yang mencakup langkah pokok untuk mengentaskan kemiskinan. Pemerataan di berbagai daerah terus ditingkatkan dengan membangun jalur transportasi antarpulau, jalur akses ke kawasan terluar dan terpencil, serta meningkatkan konektivitas virtual dan digital. Kebijakan inklusif dan redistribusi ditingkatkan untuk menjangkau seluruh kelompok masyarakat. 

Untuk mewujudkan hal tersebut, pilar ketiga berfokus pada percepatan pengentasan kemiskinan, pemerataan pembangunan wilayah, pemerataan pendapatan dan kesempatan usaha, serta pembangunan infrastruktur yang terintegrasi dan merata. 

Baca juga: 2 Faktor Penting dalam Pembangunan Indonesia

Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Kepemerintahan

Demi mewujudkan tata kelola pemerintahan dan ketahanan nasional yang kukuh, pemerintah mulai mendorong demokrasi subtansial. Reformasi kelembagaan dan birokrasi juga dilakukan untuk mewujudkan fungsi kepemerintahan yang mengutamakan kepentingan publik. Pembangunan hukum diarahkan untuk mewujudkan masyarakat taat hukum.

Berfokus pada hal tersebut, pilar keempat berdasarkan pada reformasi birokrasi dan kelembagaan, politik luar negeri yang bebas aktif, demokrasi subtantif, penguatan antikorupsi dan sistem hukum nasional, serta penguatan ketahanan dan keamanan.  

Peran Serta Masyarakat Untuk Indonesia 2045

Dari penjelasan singkat di atas dapat disimpulkan bahwa Indonesia Emas 2045 adalah visi pemerintah untuk membawa Indonesia menjadi negara maju dengan ekonomi kuat, SDM berkualitas, dan berbudi luhur. Untuk mewujudkan Indonesia 2045, dibutuhkan peran serta masyarakat. Tanpa dukungan masyarakat, masalah ekonomi, korupsi, kesenjangan sosial, dan kemiskinan tidak dapat terselesaikan hingga tuntas.

Sebagai warga negara yang baik, Anda harus mendukung visi tersebut dengan bekerja keras, mengasah kemampuan, menambah pengetahuan, dan bijaksana dalam bersikap. Demikianlah informasi singkat mengenai Indonesia Emas 2045 yang perlu Anda ketahui. Ayo, wujudkan impian tersebut dengan semangat untuk terus maju! Jangan lupa share artikel ini ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.