Apa Itu Iklan Advertorial? Begini Tips Mudah Membuatnya

1
97
Iklan Advertorial

Iklan advertorial makin populer di kalangan pemilik usaha karena dinilai efektif memikat audiens dengan cara yang lebih halus. Karena alasan itu pula, kini makin banyak penyedia jasa penulisan artikel advertorial untuk kebutuhan promosi bisnis. Ingin tahu lebih banyak tentang jenis iklan ini? Apa saja tips mudah untuk membuatnya? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Definisi Iklan Advertorial 

Pada dasarnya, iklan jenis ini menyajikan strategi pemasaran yang lebih halus. Tidak seperti iklan pada umumnya yang cenderung hard-selling atau secara terang-terangan mempromosikan suatu produk atau layanan jasa, iklan dalam bentuk advertorial menyajikan gaya penulisan jurnalistik yang cenderung halus (soft-selling). Dalam penulisannya, artikel advertorial juga menampilkan pola enam unsur berita, 5W+1H. 

Sederhananya, iklan advertorial bisa disebut sebagai iklan dalam bentuk berita, atau artikel berita yang menerapkan unsur-unsur periklanan. Itulah mengapa, orang sering kali sulit membedakan antara mana berita asli dan yang merupakan tulisan advertorial. Namun, beberapa media besar umumnya memberikan kode khusus untuk menunjukkan bahwa pemberitaan tersebut termasuk advertorial. 

Sebagai contoh, beberapa media biasanya mencantumkan kode “adv” di akhir berita untuk memberi tanda bahwa itu merupakan iklan advertorial. Lainnya, seperti Harian Kompas misalnya, memilih untuk menyematkan kata “iklan” di bagian atas, sebelum judul, untuk memberi tanda bahwa itu adalah advertorial. 

Tips Mudah Membuat Iklan Advertorial 

Ingin mencoba membuat iklan dalam bentuk advertorial? Berikut ini tips mudah untuk membuatnya.  

Gunakan bahasa editorial

Saat membuat iklan dalam bentuk advertorial, selalu gunakan bahasa editorial. Dengan demikian, pembaca bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap terkait layanan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Penggunaan bahasa editorial juga membuat pembaca tidak sadar bahwa sebetulnya mereka tidak sedang membaca berita, melainkan konten iklan. 

Hindari memakai bahasa pemasaran

Jangan memakai bahasa yang sifatnya memasarkan sesuatu secara hard-selling. Contohnya saja, hindari menggunakan kalimat seperti “Beli sekarang juga”, “Jangan lewatkan kesempatan ini”, “Segera beli di sini”, dan lain sebagainya. 

Bikin judul yang menarik minat pembaca

Bikin judul yang menarik untuk membuat pembaca merasa penasaran dengan isi advertorial yang Anda buat. Akan tetapi, sebaiknya hindari judul yang terlalu clickbait karena hal itu kini sering dihindari pembaca. Pasalnya, judul yang terlalu clickbait biasanya antara judul dan isi tidak sesuai. Pun, jangan sampai akhirnya pembaca merasa tertipu saat membuka konten advertorial Anda karena judul clickbait. Hal itu tentunya dapat menurunkan kredibilitas dan value brand Anda di mata pembaca. 

Coba lebih fokus pada value yang hendak disampaikan kepada pembaca

Seperti halnya artikel editorial, Anda perlu melakukan riset mendalam sebelum membuat konten advertorial. Anda harus tahu informasi-informasi apa saja yang perlu disajikan kepada pembaca. Dengan begitu, value dari brand Anda bisa tersampaikan secara jelas dan akurat ke audiens. 

Baca juga: 6 Rekomendasi Buku Investasi Terbaik yang Perlu Anda Baca

Jangan lupa sisipkan detail kontak yang jelas

Karena pada dasarnya artikel advertorial adalah bagian dari materi periklanan, sisipkan pula informasi kontak yang jelas dalam penulisannya. Dengan demikian, pembaca bisa tahu bagaimana cara memperoleh layanan jasa atau produk yang Anda tawarkan. Namun, pastikan bahwa Anda menuliskannya secara halus atau natural. Intinya, jangan membuat pembaca terkesan dipaksa untuk membeli produk tersebut. 

Beri kesan bahwa Anda melibatkan pembaca 

Untuk membuat iklan advertorial yang memikat, Anda harus mampu membuat pembaca merasa dilibatkan dalam tulisan tersebut. Bangkitkan sisi emosional pembaca ketika membaca tulisan itu sehingga mereka tergerak untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Di sisi lain, artikel advertorial yang mampu menggugah emosi pembaca dapat membantu meningkatkan brand awareness dengan lebih mudah. 

Akhiri dengan kalimat ajakan

Di bagian akhir, sematkan kalimat ajakan yang menarik untuk membuat pembaca tergerak membeli layanan jasa atau produk Anda. Pastikan bahwa kalimat yang ditulis benar-benar mampu mempengaruhi atau membuat pembaca merasakan urgensi untuk melakukan tindakan pembelian. Pada sesi penutup, Anda juga bisa menyisipkan penawaran eksklusif yang dapat mendorong pembaca untuk mencoba produk/jasa yang ditawarkan. 

Itulah ulasan seputar iklan dalam bentuk advertorial. Semoga bisa memberi Anda wawasan yang dibutuhkan dalam membuat artikel advertorial yang menarik.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]