7 Ide Usaha Kreatif Yang Menghasilkan

1
3656
Ide Kreativitas

Ide Kreativitas – Tren memulai usaha dari para generasi milenial sekarang membuat usaha-usaha kecil yang ada sekarang memiliki nuansa yang lebih kreatif. Namun, saat membangun usaha tidak hanya dibutuhkan nuansa baru yang segar saja. Ide ide usaha kreatif lainnya diperlukan untuk membuat usaha tersebut berjalan lebih optimal. 

Untuk menciptakan usaha kreatif sebenarnya bukanlah hal yang sulit.  Tetapi yang perlu diperhatikan adanya hambatan dalam maupun luar terhadap jalannya usaha kamu, karena itu kamu juga perlu melihat adanya hambatan ini. Jadi, apa saja sih ide ide usaha kreatif bermodal kecil yang dapat dijalani? 

Sebelum melihat ide ide usaha kreatif ini, kita bahas dulu mengapa usaha perlu kreatif.

Kenapa Usaha Perlu Kreatif?

Menjadi seorang pengusaha memang sama sekali tidak mudah. Seorang pengusaha harus jeli melihat peluang, dapat menyesuaikan adanya perubahan, customer oriented dan masih banyak lagi. 

Banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa di era teknologi ini untuk memiliki usaha yang sukses diperlukan sebuah teknologi mutahir yang dapat mengoptimalkan usahanya. Hal tersebut memang benar, bahwa teknologi dapat mempercepat proses usaha ataupun bisnis. Tetapi tidak semua usaha ataupun bisnis dapat dikombinasikan dengan teknologi.

Khususnya lagi pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kreativitas yang hanya dimiliki oleh seorang manusia. Ingat! Usaha kreatif akan selalu mengikuti perkembangan zaman. Selera mungkin berubah, namun industri kreatif tentu memiliki pelanggan setianya. 

Beberapa Ide Ide Usaha Kreatif yang Menghasilkan!

  • Scrap Frame

Beberapa orang menganggap bahwa scrap book sudah kurang menjanjikan alias sudah meredup untuk dijalani, tetapi tidak untuk scrap frame. Scrap frame adalah pigura yang dihias menjadi aneka potongan seperti gambar, foto maupun tulisan tangan yang dapat dipadukan sedemikian mungkin sehingga menghasilkan tampilan 3 dimensi yang apik. Pada usaha scrap frame ini juga peluangnya cukup banyak, nah mereka yang suka akan kreativitas tentu akan menyukai hadiah ini jika diberikan.

Dari segi nominal harga juga beragam mulai dari Rp 50 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung bahan yang digunakan.

  • Kerajinan Rotan

Rotan merupakan salah satu bahan yang dapat dijadikan aneka ragam kerajinan tangan. Kerajinan tangan berbahan rotan ini juga biasanya berupa peralatan rumah tangga. Ya, karena rotan juga adalah salah satu kayu yang cukup kuat dan memiliki tampilan yang cukup bagus apabila dibuat peralatan rumah tangga. Masalahnya, beberapa pelaku usaha yang ada membuat peralatan rumah tangga rotan tersebut dengan bentuk yang terkesan kaku.

Apabila kamu ingin serius dalam bidang usaha ini, kamu dapat membuatnya lebih menarik dengan sentuhan modern namun tetap sesuai dengan dasar dari rotan itu sendiri.

Kerajinan rotan ini dapat kamu aplikasi untuk membuat peralatan rumah tangga, tempat mainan, kotak aksesoris dan lain sebagainya. Untuk harganya juga bisa kamu sesuaikan dengan kompleksitas kerajinan tangan yang kamu buat.

Landing Page Ebook

  • Food Truck

Jenis usaha ini belum cukup banyak digunakan di Indonesia, namun usaha yang terbilang kreatif ini sangat menjanjikan loh apabila dijalani. Terutama untuk para milenial yang suka nongkrong untuk sekedar makan sekaligus ngobrol bersama teman. Usaha ini tentu akan memiliki daya tarik sendiri terutama dari Truck yang akan dihias dengan unik menggunakan warna dan gambar yang menarik.

Hanya yang perlu diperhatikan adalah untuk memulai usaha ini tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit. Setidaknya kamu perlu mempersiapkan Truck yang dimodifikasi agar menarik. Namun, apabila sukses tentu kamu dapat menjadi pioneer di bidang ini.

  • Pembuat Konten

Usaha kreatif satu ini sedang naik daun dan permintaan akan konten baik berupa tulisan, gambar maupun video sekarang sangat banyak. Karena banyak brand menggunakan media ini untuk memperkenalkan brand miliknya. Masyarakat zaman sekarang juga merasa bahwa konten adalah salah satu informasi yang paling dapat dipercaya.

Tetapi saat kamu membuat konten baik itu berupa tulisan, gambar maupun video perlu membuat konten yang berkualitas, terpercaya dan memiliki sumber yang jelas dan valid.

Dari segi pendapatan, usaha kreatif ini terbilang cukup menjanjikan seperti contoh dari konten berupa tulisan sendiri biasanya 1 artikel yang mencakup 500 kata bisa dihargai Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribu tergantung dari kualitas konten tersebut.

Baca juga: Macam Macam Bisnis Sampingan Yang Mudah Untuk Dimulai!

  • Barang Antik

Bagi sebagian orang barang antik hanyalah sekumpulan barang yang tidak memiliki harga. Padahal itu salah besar! Sebagai contoh salah satu prototipe kamera film leica 35mm yang hanya ada 25 unit di dunia dan sekarang tersisa 12 unit hingga hari ini laku terjual dalam pelelangan senilai US$ 2,8 juta atau setara Rp 30,2 miliar. Mungkin pada masanya kamera tersebut tidak akan semahal ini, namun seiring perkembangan zaman membuat harga kamera langka tersebut terus meningkat.

Selain memiliki nilai yang khas, barang-barang antik juga dapat membuat orang merasakan momen masa lalu yang pernah dilalui. Terutama bagi para orang tua yang dahulu mungkin tidak dapat membeli barang yang diidamkan sehingga sekarang baru mencarinya kembali.

Karena itu apabila kamu memiliki barang-barang antik atau orang tua kamu memiliki barang antik dan ingin dijual, maka ide usaha ini dapat menjadi pilihan kamu.

  • Produk Daur Ulang

Banyaknya sampah plastik yang semakin merajalela dan membuat bumi kita semakin rusak ini membuat banyak orang berpikir untuk memanfaatkan sampah ini menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Nah salah satunya adalah membuat produk daur ulang menjadi produk yang layak pakai.

Beberapa tahun belakangan sudah ada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang menjalankan usaha ini. Produk daur ulang yang mereka buat menjadi misalnya sandal, tas, dan beberapa barang-barang yang dapat digunakan sehari-hari. 

Kamu juga dapat memulai usaha kreatif ini. Selain modal yang dikeluarkan relatif tidak banyak kamu juga dapat membantu bumi kita tercemar sampah plastik. 

  • Desain Mahar Pernikahan

Tentunya kamu sering melihat berbagai macam mahar pernikahan yang lucu, kreatif dan menarik. Biasanya saat orang ingin menikah tentu ingin mempersiapkan segalanya secara lebih baik. Karena itu mahar menjadi salah satu hal yang perlu dipersiapkan.

Banyaknya calon pengantin yang ingin menghias mahar miliknya,  membuat kebutuhan jasa menghias mahar ini banyak dicari.

Modal yang dikeluarkan untuk usaha kreatif jenis ini relatif tidak besar. Yang paling dibutuhkan dalam usaha ini adalah kreativitas dalam mendesain apa yang diinginkan para calon pengantin.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil Hingga 21% per tahun di Akseleran

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here