Apa Itu Human Capital dan Apa Perbedaannya dengan Human Resources

0
212
Human Capital

Sumber daya manusia atau SDM merupakan faktor yang sangat penting yang menentukan kesuksesan sebuah bisnis. Karena memiliki posisi yang krusial, SDM dalam perusahaan juga harus dikelola dengan baik. Ada dua departemen dalam perusahaan yang bertugas mengurus SDM yakni Human Capital (HC) dan Human Resource (HR).

Apa yang dimaksud dengan Human Capital? Apa yang membedakannya dengan Human Resource? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini!

Pengertian Human Capital

Dilansir dari Investopedia, Human Capital adalah nilai ekonomi dari pengalaman dan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan. HC mencakup berbagai jenis aset termasuk kecerdasan, tingkat pendidikan, kesehatan, pelatihan dan hal-hal lain yang dianggap penting oleh perusahaan pemberi kerja. Ini juga termasuk soft skills seperti ketepatan waktu dan kedisiplinan yang dimiliki oleh karyawan.

HC penting karena dianggap sebagai faktor yang bisa meningkatkan produktivitas dan profitabilitas perusahaan. Semakin banyak investasi yang diberikan oleh perusahaan pada karyawannya, semakin tinggi juga peluang bagi perusahaan tersebut untuk produktif dan lebih sukses.

Pengertian Human Resource

Lalu, apa yang dimaksud dengan Human Resource? Cara paling mudah untuk memahami Human Resource adalah dengan memahami konsep sumber daya. Sumber daya sendiri adalah kumpulan aset yang dapat diambil dari sebuah kumpulan saat dibutuhkan sampai aset tersebut habis. 

Hal yang sama juga berlaku pada sumber daya manusia karena mewakili kumpulan keterampilan, pengetahuan dan keahlian yang berbeda-beda dari pekerja yang bisa digunakan oleh perusahaan ketika dibutuhkan. Dengan kata lain, potensi manusia dengan kemampuan tidak terbataslah yang punya kemungkinan meningkatkan efisiensi, produktivitas dan profitabilitas perusahaan.

Baca juga: Contoh Surat Paklaring yang Baik dan Benar Untuk Karyawan

Apa yang Membedakan Antara Human Capital dengan Human Resource?

Istilah Human Capital dengan Human Resource terkait erat satu sama lain karena keduanya memandang keterampilan manusia (dalam hal ini pekerja) dan potensi yang ada bisa digunakan untuk mencapai efisiensi dan profitabilitas yang maksimum. 

Perbedaan utama antara Human Capital dengan Human Resource terletak pada fakta bahwa sumber daya manusia berfokus pada pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang sementara HC lebih peduli pada kemampuan dan pelatihan atau skill yang dimiliki oleh orang/karyawan.

Human Resource juga bisa didefinisikan sebagai cabang dalam perusahaan yang mengawasi proses perekrutan karyawan yang cakap. Sementara Human Capital merupakan ukuran kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh Human Resource Department dari calon karyawan yang akan direkrut. Cara lain untuk membedakan antara Human Resource dengan Human Capital adalah dengan melihat faktor-faktor berbeda yang membentuk kedua konsep tersebut.

Poin-poin Penting tentang Human Capital

Untuk lebih memahami apa itu perbedaan antara Human Capital dengan Human Resource, simak beberapa poin-poin pentingnya berikut ini!

  • Merupakan aset tidak berwujud atau intangible asset yang tidak terdaftar dalam neraca perusahaan
  • Mencakup kualitas dari karyawan termasuk skill dan pengalaman kerja yang dimiliki
  • Karena tidak semua pekerja dianggap sama, pengusaha bisa meningkatkan Human Resource yang mereka miliki dengan berinvestasi dalam memberikan pelatihan, pendidikan serta tunjangan bagi karyawan mereka
  • Dianggap memiliki hubungan erat dengan pertumbuhan ekonomi perusahaan, produktivitas dan profitabilitasnya
  • Seperti aset lainnya, HC juga bisa mengalami depresiasi misalnya saja karena periode menganggur yang panjang atau ketidakmampuan pekerja dalam mengikuti perkembangan teknologi dan inovasi.

Sebuah perusahaan dikatakan baik jika diisi oleh orang-orang yang tepat dengan skill yang sesuai dari tingkatan atas sampai ke bawah. Itulah sebabnya mengapa Human Capital memegang peran yang sangat penting bagi perusahaan.

Konsep HC mengakui bahwa tidak semua tenaga kerja itu sama. Tetapi pengusaha bisa meningkatkan modal Human Capital yang mereka miliki dengan berinvestasi pada karyawan maupun memanfaatkan penggunaan software HRIS. Misalnya, dengan memberikan pelatihan, pendidikan dan lain sebagainya. Semua ini memiliki nilai ekonomi yang besar bagi pengusaha maupun ekonomi secara umum.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda pahami tentang perbedaan antara Human Capital dengan Human Resource. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]