4 Hormon yang Mempengaruhi Kebahagiaan, Apa Saja?

2
221
4 Hormon yang Mempengaruhi Kebahagiaan, Apa Saja?

Hormon adalah salah satu zat yang terdapat dalam tubuh setiap manusia yang berfungsi mendukung kinerja beberapa sistem tubuh. Mulai dari fungsi pencernaan, penyerapan zat gizi, fungsi seksual, reproduksi, pertumbuhan, suhu tubuh, siklus tidur, hingga kontrol nafsu makan. Salah satu fungsi penting dari hormon adalah mengatur suasana hati. Beberapa jenis hormon tertentu di dalam tubuh telah dikenal membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. Apa saja jenis hormon tersebut dan bagaimana cara meningkatkan supaya kamu dapat selalu berbahagia?

1. Dopamin

Disebut sebagai hormon “perasaan baik” karena berhubungan dengan neurotransmitter di otak yang dikaitkan dengan sensasi menyenangkan, pembelajaran, memori, dan motorik. Untuk meningkatkan dopamin, kamu bisa coba makan makanan tinggi protein, tidur cukup, atau mendengarkan music yang disukai.

2 Serotonin

Hormon yang membantu mengatur suasana hati dan bertugas mengatur emosi seperti mengurangi kecemasan dan depresi. Dopamin dan Serotonin biasa bekerja bersamaan. Untuk melepaskan hormon serotonin, kamu bisa mengonsumsi makanan kaya triptofan atau melakukan aktivitas seperti pijat dan berolahraga.

3. Oksitosin

Hormon yang biasa disebut dengan hormon cinta ini dapat membantu menjalin ikatan dengan orang yang kita cintai. Hormon ini memiliki banyak manfaat lain, seperti mengurangi rasa sakit, mengurangi stres dan membuat kita merasa baik. Agar oksitosin meningkat, terapkan cara alami seperti sering berpelukan, bersosialisasi, atau melakukan kegiatan yang bisa memicu adrenalin.

4. Endorfin

Hormon pereda nyeri yang efektif. Kadar endorfin cenderung meningkat saat kamu melakukan aktivitas yang menimbulkan perasaan memuaskan seperti makan makanan lezat, meditasi, tertawa, dan berolahraga.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut

2 COMMENTS

Comments are closed.