Hindari Hal ini Saat Interview!

1
366
Hindari Hal ini Saat Interview!

Saat mendapat undangan interview, tentunya kamu ingin memberikan yang terbaik untuk bisa mendapatkan pekerjaan impian. Proses interview menjadi momentum dimana usaha kerasmu untuk menarik perhatian melalui CV dan berkas lamaran lainnya akhirnya membuahkan hasil. Jika mampu memberi kesan baik, maka kamu selangkah lebih dekat menuju pekerjaan yang sudah dinanti-nanti sejak lama. Namun, apa sebetulnya yang perlu kamu hindari selama proses interview agar tidak memberi kesan yang kurang baik?

1. Tidak paham pekerjaan dan perusahaan yang dilamar

Sebelum melakukan sesi interview, cari tahu pekerjaan yang dilamar, profil perusahaan, hingga value perusahaan melalui berbagai sumber di internet maupun kenalanmu. Jangan sampai kamu tidak memahami bidang perusahaan dan juga pekerjaan yang kamu lamar. Gali lebih dalam tentang perusahaan, jika memungkinkan cari tahu tantangan pekerjaan yang dilamar, sejarah perusahaan, kompetitor, dan lainnya.

2. Terkesan tidak memiliki skill yang dibutuhkan pekerjaan tersebut

Saat melakukan riset pekerjaan dan perusahaan, coba refleksikan skill apa yang diperlukan untuk posisi itu. Misalnya ketika kamu melamar di posisi sales, maka ceritakan pengalamanmu saat melakukan promosi, negosiasi dengan cara komunikasi yang baik. Usahakan untuk menunjukan bahwa kamu memiliki skill yang dibutuhkan pada posisi tersebut

3. Tidak ada persiapan apapun

Jangan sampai kamu terlihat kurang persiapan saat menjalani interview. Latih cara menjawab pertanyaan wawancara dan minta masukan orang sekitarmu. Ada juga platform yang menyediakan jasa mock up interview sehingga kamu bisa mendapat feedback dari professional yang bisa kamu cari di internet. Selain itu berpakaian bersih dan rapi juga bisa menunjang penampilan dan memberikan kesan yang baik. Jika wawancara dilakukan secara daring, cek juga kesiapan teknis seperti gadget, headset, internet, dan sebagainya.

Itu lah beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum sesi interview. Ingat untuk tetap tenang dan percaya diri agar interview berjalan dengan lancar. Semoga berhasil!

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut