Apa itu Hedge Fund? Ini Pengertian, Karakteristik Serta Tujuannya!

0
4218
Hedge Fund

Pernahkah Anda mendengar tentang hedge fund? Mungkin masih asing terdengar, tetapi istilah ini pernah menjadi perbincangan hangat setelah kabar Melvin Capital mengalami kerugian di awal tahun 2021 mencuat. Sejak kabar yang menghebohkan tersebut, instrumen investasi ini makin dilirik. Bahkan, menjadi salah satu yang diminati oleh pemegang saham dan investor. 

Pengertian Hedge Fund

Pada dasarnya, hedge fund merupakan dana lindung nilai. Dana investasi kolektif ini berasal dari sekumpulan investor mitra yang nantinya akan dikelola oleh manager fund supaya mendapatkan hasil optimal sekaligus menekan angka risiko kerugian. Mengingat sifatnya yang tidak likuid, para investor diharuskan menyimpan uang pada investasi ini selama satu tahun. Periode penyimpanannya sendiri disebut periode penguncian. Proses penarikan dana hanya dapat dilakukan selama periode tertentu, baik triwulan atau dua tahunan. 

Karakteristik Dana Lindung Nilai

Dana lindung nilai memiliki sejumlah karakteristik yang dapat membantu investor menganalisis apakah investasi ini menguntungkan atau tidak. Adapun beberapa karakteristik hedge fund, antara lain:

  • Hanya tersedia bagi investor berkualifikasi, yakni seseorang yang memiliki pendapatan lebih dari $200.000 atau kekayaan bersih minimal $1.000.000 selama dua tahun terakhir.
  • Dana nilai lindung bersifat luas. Artinya tidak hanya dapat diinvestasikan pada satu jenis saja. Bentuk investasinya beragam, seperti saham, rumah, tanah, mata uang, dan derivatif.
  • Untuk meningkatkan potensi keuntungan, investasi ini sering menggunakan pinjaman dana. 
  • Dana lindung nilai memiliki struktur two and twenty. Dengan kata lain, investor memiliki beban rasio biaya dan biaya kinerja. Aset yang memiliki nilai sebesar 2% akan mendapatkan potongan hingga 20% dari laba yang dihasilkan. 

Tujuan Hedge Fun

Tujuan utama dari hedge fund adalah untuk menjaga aset tetap terlindungi sekaligus meminimalisasi kerugian risiko pasar. Meskipun demikian, seiring waktu, metode yang diterapkan tersebut juga digunakan untuk meraih keuntungan besar. Inilah yang menjadi salah satu alasan investor dan pemegang saham menjadikan dana lindung nilai sebagai investasi alternatif yang layak dicoba.

Supaya lebih jelas, berikut tujuan dana lindung nilai yang perlu Anda ketahui. 

Mengoptimalkan Imbal Hasil 

Tak dapat dimungkiri bahwa keuntungan menjadi prioritas utama para investor menginvestasikan dananya. Dengan pengelolaan maksimal, imbal hasil berupa bunga maupun dividen akan optimal. Tentunya, pembagian imbal hasil sesuai dengan besaran modal yang diinvestasikan. Makin besar investor menanamkan modalnya, makin besar pula imbal hasil yang akan didapatkan. 

Menurunkan Risiko Kerugian

Kemampuan mengelola risiko lebih baik dibandingkan instrument investasi lain merupakan salah satu hal yang ditawarkan oleh hedge fund. Maklum saja, investasi ini memiliki analisis tajam sehingga risiko kerugian dapat ditekan semaksimal mungkin. 

Baca juga: 6 Strategi Mengukur Risiko Investasi

Kelebihan dan Kekurangan Hedge Fund

Serupa dengan investasi lain, dana lindung nilai juga memiliki kekurangan dan kelebihan. Tentunya, hal ini dapat Anda jadikan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk berinvestasi. 

Kelebihan

  • Investasi dana lindung nilai tergolong fleksibel.
  • Bentuk investasi beragam.
  • Keuntungan relatif tinggi.
  • Memiliki strategi investasi agresif yang didukung dengan diversifikasi portofolio matang.
  • Cocok untuk invetasi jangka panjang maupun pendek.
  • Investasi ini dikelola secara langsung oleh tenaga profesional berpengalaman.

Kekurangan

  • Risiko kegagalan tergolong tinggi.
  • Modal yang dibutuhkan relatif besar.
  • Tidak semua orang dapat berinvetasi, sebab terdapat kualifikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi. Dengan kata lain, investasi ini terbatas bagi investor atau pemegang saham bermodal besar. 

Kesimpulan Mengenai Hedge Fund

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa hedge fund merupakan instrumen investasi yang berfokus untuk menjaga aset tetap aman. Meskipun menawarkan keuntungan besar, investasi ini juga memiliki tingkat kerugian tinggi. Namun, hal tersebut dapat diminimalisasi, sebab hedge fund dikelola oleh seorang manajer investasi. 

Potensi keuntungan besar menjadi hal yang menarik bagi investor untuk menginvestasikan modalnya. Akan tetapi, investasi ini bersifat terbatas. Hanya diperuntukkan bagi pemilik modal besar, sesuai syarat dan kebijakan yang dikeluarkan Komisi Sekuritas serta Bursa Amerika Serikat.

Demikianlah informasi singkat mengenai hedge fund yang perlu Anda ketahui. Jika Anda tertarik berinvestasi, maka mulailah dengan investasi minim risiko untuk menghindari kerugian yang tak diinginkan. 

Yuk Mulai Mengembangkan Dana di Akseleran Platform Pengembangan Dana yang Aman, Mudah Serta Menguntungkan!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]