Sejarah 10 Agustus Sebagai Hari Veteran Nasional!

0
594
Hari Veteran Nasional
Hari Veteran Nasional

Setiap tanggal 10 Agustus setiap tahunnya Indonesia memiliki hari peringatan dimana pada hari tersebut diperingati sebagai Hari Veteran Nasional. Peringatan tersebut dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan atau pejuang nasional, dimana pada tanggal 10 Agustus tahun 1949 tersebut adalah hari dimana para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia melawan tentara Belanda.

Mengapa Muncul Peringatan Hari Veteran Nasional?

Hari peringatan tersebut juga sudah diatur oleh Kepres Nomor 30 Tahun 2014 tentang Hari Veteran Nasional. Saat ini juga hanya ada satu organisasi resmi yang menaungi para Veteran Nasional Indonesia yaitu Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Para anggotanya sendiri terdiri dari para pejuang kemerdekaan yang membantu penegakan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Biasanya seperti yang kita ketahui bahwa Veteran merupakan seseorang yang pernah memiliki pengalaman di bidang militer atau penegakan hukum. Veteran Nasional Indonesia sendiri juga adalah warga negara Indonesia yang tergabung dalam kesatuan bersenjata resmi yang juga diakui oleh pemerintah serta berperan aktif dalam suatu peperangan menghadapi negara lain.

Dari para pahlawan yang gugur tersebutlah mereka yang mempertahankan kedaulatan NKRI serta aktif dalam pasukan internasional di bawah mandat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam menjalankan misi perdamaian dunia dan ditetapkan sebagai para Veteran Nasional Indonesia tentunya juga berhak mendapatkan tanda kehormatan sebagai Veteran Republik Indonesia.

Sejarah Hari Veteran Nasional

Pertama kali dilaksanakan Kongres LVRI yaitu pada 22 Desember 1956 hingga 2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta. Pada kongres tersebut juga dihadiri setidaknya 2300 Veteran dari seluruh Indonesia dimana untuk mewakili lebih dari 1 juta Veteran aktif yang bertempur di rentang tahun 1945-1949.

Pada pertemuan tersebut akhirnya resmi dibentuk sebuah organisasi resmi Veteran Nasional Pertama bernama LVRI atau Legiun Veteran Republik Indonesia.

Veteran ini juga memiliki jenis dan beberapa hak-haknya yang terbagi menjadi:

  • Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu mereka yang berjuang pada periode 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1945 dengan pembagian golongan A minimal 4 Tahun, B minimal 3 Tahun, C minimal 2 tahun, D minimal 1 Tahun dan E minimal 6 Bulan.
  • Veteran Pembela Trikora, mereka yang berjuang pada periode 19 Desember 1961 sampai dengan 01 Mei 1963 dengan pembagian golongan A minimal 18 bulan, B minimal 12 bulan, C minimal 6 bulan, D minimal 3 bulan dan E kurang dari 6 bulan.
  • Veteran Pembela Dwikora mereka yang berjuang pada periode 3 Mei 1964 sampai dengan 11 Agustus 1966 dengan pembagian golongan A minimal 27 bulan, B minimal 16 bulan, C minimal 12 bulan, D minimal 6 bulan dan E minimal 3 bulan.
  • Veteran Pembela Seroja mereka yang berjuang pada periode 21 Mei 1975 sampai dengan 17 Juli 1976 dengan pembagian golongan A minimal 14 bulan, B minimal 12 bulan, C minimal 9 bulan, D minimal 6 bulan dan E minimal 3 bulan.
  • Veteran Perdamaian, berdasarkan mandat PBB

Baca juga: 5 Kepribadian RA Kartini Yang Bisa Kamu Teladani di Era Sekarang!

Selain jenis-jenis yang kita sebutkan di atas Veteran Nasional juga memiliki hak mendapatkan tanda kehormatan, tunjangan serta hak-hak lainnya sesuai 

  • PP Nomor 23 Tahun 2016 tentang Perubahan atas PP Nomor 67 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012 
  • Peraturan Menhan yang menjadi peraturan pelaksanaannya yaitu Nomor 35 Tahun 2014 tentang pemberian tanda kehormatan, Nomor 36 Tahun 2014 tentang dukungan Pembina administrasi Veteran, dan Nomor 37 Tahun 2014 tentang penyelenggaraan pemakaman Veteran. 

Dari hak tersebut hal-hal seperti tunjangan veteran yang diberikan sesuai golongan, dana kehormatan veteran, dana bantuan kesehatan, tunjangan bagi janda, duda hingga anak yatim veteran serta santunan cacat, tunjangan cacat dan alat bantu untuk tubuh.

Sekarang sudah tahu banyak mengenai informasi maupun sejarah hari veteran nasional kan? Kurang dari beberapa hari lagi kita akan menyambut hari ulang tahun Indonesia yang ke-76 mari kita rayakan dan ingat segala perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pejuang kita dahulu agar kita dapat memberikan kontribusi juga seperti yang dilakukan mereka.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]