Mengenal Sejarah Hari Ulang Tahun ASEAN!

0
1831
Hari Ulang Tahun ASEAN
Hari Ulang Tahun ASEAN

Di tanggal 8 Agustus 2021 nanti, Indonesia bersama negara lainnya di Asia Tenggara yang juga tergabung dalam ASEAN akan merayakan hari jadinya yang ke-54. Seperti yang diketahui bahwa setiap tahunnya di tanggal 8 Agustus akan ada perayaan Hari Ulang Tahun ASEAN dimana perayaan yang dilakukan tersebut juga memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. 

Namun. Sudah pada tahu sejarah ini dijadikan hari ulang tahun ASEAN? Selengkapnya kita akan bahas sedikit di bawah ini ya!

Sejarah Hari Ulang Tahun ASEAN

Terbentuknya ASEAN atau Association of South East Asian Nations dimulai adanya tekad dari para pendiri ASEAN untuk menciptakan kawasan Asia Tenggara khususnya menjadi kawasan yang aman, damai, stabil serta sejahtera.

Pembentukan ASEAN sendiri awalnya dipicu dengan adanya pertentangan kedua negara superpower yaitu Amerika Serikat dan Uni Soviet. Pada perseteruan kedua negara tersebut, AS dan Soviet ini menjadikan negara-negara di kawasan Asia Tenggara tersebut menjadi area persaingan ideologi kedua negara itu dalam masa perang dingin.

Dari situasi tersebut yang dipenuhi oleh persaingan ideologi dan kekuatan militer akhirnya membuat sadar negara-negara di kawasan Asia Tenggara karena memiliki potensi untuk mengganggu stabilitas serta keamanan negara yang ada di kawasan tersebut. Dibentuknya organisasi ini diharapkan dapat melindungi serta mengayomi sekaligus mempersatukan negara-negara pada kawasan tersebut.

Namun sebelum ASEAN terbentuk sebenarnya sudah ada organisasi yang muncul terlebih dahulu seperti SEATO (South East Asia Treaty Organization) pada tahun 1954, ASA (Association of Southeast Asia) pada tahun 1961 serta Malaysia-Philipina-Indonesia (Maphilindo) pada tahun 1963. Sayangnya, ketiga organisasi tersebut kurang berkembang dikarenakan banyak perbedaan kepentingan dan ideologi dari anggotanya.

Tujuan Dibentuknya ASEAN

Nyatanya memang negara-negara di Asia Tenggara ini tentu memiliki banyak perbedaan di berbagai sisi termasuk budaya, latar belakang, perekonomian, agama, ideologi dan lainnya. 

Tetapi, seiring tuntutan zaman dan upaya untuk menghindarkan pengaruh dari dua blok besar yang sedang perang dingin. Maka, beberapa pimpinan dari negara di Asia Tenggara sepakat untuk menyatukan perbedaan yang ada untuk membuat perhimpunan yang diharapkan bisa lebih solid dari upaya yang sebelumnya terjadi.

8 Agustus 1967 adalah awal mula terbentuknya ASEAN dimana negara-negara di Asia Tenggara berkumpul di Bangkok, Thailand. Setiap perwakilan dari negara Asia Tenggara tersebut melakukan penandatanganan Deklarasi Bangkok sebagai awal berdiri ASEAN yang mengusung misi “One Vision, One Identity, One Community”.

Untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN sendiri pertama kali diselenggarakan pada 1976 di Bali. KTT pertama tersebut juga membahas mengenai kesiapan ASEAN untuk mengembangkan hubungan bermanfaat serta kerjasama yang saling menguntungkan satu sama lain.

Baca juga: Apa Arti dan Tujuan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN)?

Kerjasama dimulai dari bidang ekonomi, politik, keamanan, pendidikan, kebudayaan, teknologi, penanganan bencana alam, ilmu pengetahuan, kesehatan dan lainnya.

Setelahnya muncul usulan terkait penyusunan piagam ASEAN yang bertujuan untuk mentransformasikan ASEAN dari asosiasi yang longgar menjadi organisasi internasional dengan dasar hukum serta struktur efektif dan efisien. Usulan itu akhirnya juga muncul pada KTT ASEAN ke 11 di Malaysia tahun 2005 lalu. Tetapi, munculnya piagam tersebut baru terwujud di tahun 2007 atau tepatnya di KTT ASEAN ke 14 di Singapura dan di tanggal 15 Desember 2008 atau satu setelahnya piagam tersebut diluncurkan di Jakarta.

Itulah sedikit banyak informasi mengenai sejarah 8 Agustus yang menjadi awal mula terbentuknya Hari Ulang Tahun ASEAN.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]