Hari Musik Nasional, Apresiasi untuk Musisi Indonesia!

0
1082
Hari Musik Nasional

Tanggal 9 Maret telah ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional. Hal tersebut sesuai dengan keputusan Presiden (Keppres) Nomor 10 Tahun 2013. Hari Musik Nasional sendiri diperingati sebagai bentuk apresiasi para pekerja seni di bidang musik yang telah berkarya. Pemilihan tanggal 9 Maret sebagai hari musik nasional sendiri juga sesuai dengan hari lahir WR Supratman. 

Peringatan Hari Musik Nasional

Tanggal 9 Maret tersebut ditujukan khusus untuk Wage Rudolf Supratman sebagai pahlawan nasional yang telah menciptakan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Terkait dari tanggal penetapannya yaitu 9 Maret telah disusun sejak tahun 2003 silam saat pemerintahan Presiden Megawati Soekarno Putri atas usul dari Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI). 

Namun, akhirnya membutuhkan waktu hingga 1 dekade untuk membuat rancangan tersebut selesai diresmikan yaitu 9 Maret 2013. Karenanya, sejalan dengan negara yang terus mendukung serta mengapresiasi kinerja para pekerja seni di bidang musik ini, lalu dengan penetapan hari musik ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri serta motivasi para musisi untuk terus menciptakan karya yang lebih baik di tingkatan regional, nasional hingga internasional.

Baca juga: Sejarah Hari Perempuan Internasional

Perdebatan Terkait Penetapan Tanggal dari Hari Musik Nasional

Walaupun sudah berlangsung selama hampir 8 tahun, nyatanya penetapan Hari Musik Nasional ini masih menjadi perdebatan untuk sebagian orang. Karena, sesuai dengan penelusuran sejarah ada sebagian ahli yang mengatakan bahwa WR Supratman lahir pada tanggal 19 Maret 1903, bukan 9 Maret 1903.

Terlepas dari perbedaan tersebut pentingnya adalah memahami makna serta tujuan dari penetapan Hari Musik Nasional itu. Peringatan ini juga tentu akan meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap musik nasional, memotivasi pemusik nasional hingga meningkatkan prestasi pada tingkatan nasional.

Hari Musik Nasional ini tidak hanya sekedar perayaan, namun seringkali dijadikan sebagai momentum untuk mengadakan berbagai acara ataupun konser musik yang seru untuk menampilkan berbagai musik dari seluruh penjuru Indonesia.

Kita sebagai penikmat musik, ada baiknya untuk terus mendukung musisi serta musik di Indonesia agar terus maju dan berkembang sehingga mereka terus merasakan apresiasi dan membuat karya yang lebih baik lagi.

Selamat Hari Musik Nasional!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 18% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]\