15 Jenis Burung Lovebird yang Cantik Serta Harganya

0
1436
harga burung lovebird

Bagi para pecinta hewan peliharaan, khususnya jenis burung, tentu sudah tidak asing dengan lovebird. Jenis dan harga burung lovebird ini bervariasi. Ada yang murah, tetapi tak sedikit yang mahal.

Nah, buat yang ingin memelihara lovebird, kamu bisa mempertimbangkan pilihan beberapa jenis berikut ini, lengkap dengan harganya!

1. Lovebird Muka Salem

Persis seperti namanya, lovebird ini memiliki ciri-ciri muka berwarna salem atau mirip warna daging ikan Salmon, yaitu perpaduan merah muda dan oranye. Sementara itu, umumnya lovebird ini memiliki bulu hijau, dan panjangnya bisa sampai 18 cm. Saat ini, harga burung lovebird Muka Salem berkisar Rp200 ribu.

2. Lovebird Muka Merah

Jika sebelumnya ada lovebird Muka Salem, kini ada lovebird Muka Merah. Burung ini memiliki ciri yang mirip dengan lovebird Muka Salem. Bedanya, warna wajah lovebird ini cenderung lebih merah, dan ukurannya lebih kecil. Namun begitu, harga lovebird ini cukup mahal, yaitu sekitar Rp600 ribu sampai Rp1 juta.

3. Lovebird Lutino

Burung ini memiliki harga yang lumayan mahal, bisa mencapai Rp2 juta per ekor. Namun, lovebird Lutino banyak dipilih sebagai piaraan para pecinta burung. Lovebird ini mirip dengan Muka Salem, karena memang hasil mutasi genetik dari lovebird tersebut. Hanya saja, bulu tubuhnya cenderung berwarna kuning.

4. Lovebird Blorok

Kalau suka burung dengan warna unik, lovebird Blorok bisa jadi pilihan tepat. Burung ini memiliki beberapa warna yang tersusun rapi, sehingga tampak bergradasi. Harga burung lovebird Blorok berkisar di angka Rp1,1 juta sampai Rp1,4 juta.

5. Lovebird Batman

Lovebird ini tak kalah unik dari yang lain. Sekilas, ia tampak seperti kelelawar, bahkan banyak yang penyebutannya mirip karakter Batman, hingga akhirnya dijuluki dengan nama lovebird Batman. Harga lovebird ini masih di bawah Rp1 juta, yaitu antara Rp900 ribu sampai Rp950 ribu.

6. Lovebird Misty

Ingin lovebird berwarna keren? Lovebird Misty bisa jadi solusinya. Burung ini memiliki warna mayoritas misty alias cream. Lalu, di bagian ekornya terdapat gradasi dengan bulu warna putih. Keunikan burung ini membuatnya dijual dengan harga Rp700 ribu hingga Rp2 juta. 

7. Lovebird Halfsider

Lovebird jenis ini memiliki perpaduan warna yang sangat beragam. Hijau, biru, kuning, dan hitam. Sayap kanan-kirinya berwarna hijau dan biru, lehernya kuning, kepalanya hitam, dan ekornya bergradasi. Saking uniknya, harga burung lovebird Halfsider ini bisa menyentuh angka Rp5 juta hingga Rp15 juta, bahkan lebih tinggi.

8. Lovebird Olive

Lovebird Olive juga punya banyak kombinasi warna, tetapi harganya jauh lebih terjangkau. Sehingga, burung ini cocok dijadikan hewan piaraan bagi pemula. Dengan merogoh kocek Rp500 ribu hingga Rp800 ribu, kamu sudah bisa mendapat lovebird berwarna kuning, oranye, dan hitam, dengan suara kicauan yang merdu.

9. Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt punya kepala hitam dengan leher bergradasi putih. Sementara itu, tubuhnya berwarna biru. Burung ini sering menimbulkan suara berisik dan senang meloncat-loncat. Kalau ingin memeliharanya, harga burung lovebird Cobalt sekitar Rp500 ribu hingga Rp550 ribu. 

10. Lovebird Parblue

Masih berkaitan dengan lovebird warna biru, jenis Parblue juga memiliki warna biru pada sayapnya. Sementara itu, bagian leher hingga kepalanya cenderung berwarna kuning. Meski tampak sederhana, harga lovebird Parblue bisa mencapai Rp3,5 juta per ekor.

11. Lovebird Biru Mangsi

Sekilas lovebird Biru Mangsi memang mirip dengan Cobalt. Namun, jika diperhatikan lebih saksama, lovebird Biru Mangsi memiliki warna kepala yang lebih pekat, dengan pola hitam yang agak berbeda. Lovebird ini dibanderol dengan harga Rp500 ribu sampai Rp2 juta.

Baca juga: 7 Burung Kicau Mahal Yang Sering Diperlombakan

12. Lovebird Violet

Lovebird Cobalt, Biru Mangsi, dan satu lagi yaitu Violet punya ciri-ciri yang hampir sama. Namun, khusus untuk Violet, warna biru pada sayapnya cenderung agak mirip ungu. Harga burung lovebird ini dimulai dari Rp1,1 juta sampai Rp1,5 juta.

13. Lovebird Albino

Sesuai nanamanya, burung ini sebenarnya mengalami kegagalan dalam memproduksi pigmen warna. Sehingga lovebird Albino full berwarna putih. Namun demikian, warna putih ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Jika kamu berminat memelihara, cukup rogoh kocek senilai Rp700 ribu hingga Rp1 juta.

14. Lovebird Biola

Tidak hanya menarik karena beragamnya warna, lovebird juga terkenal dengan keindahan kicauannya. Salah satunya lovebird Biola ini yang sering dilombakan. Dari segi fisik, burung ini memiliki warna dominan hijau dengan kepala oranye. Harganya mulai Rp 1 juta, dan bisa mencapai puluhan juta rupiah, bergantung kualitas suara.

15. Lovebird Madagaskar

Lovebird ini merupakan burung paling kecil dibanding jenis lainnya. Warnanya pun unik, karena dapat berubah sesuai umurnya. Saat masih kecil, badannya hijau muda dan leher serta kepalanya putih. Namun saat dewasa, tubuh akan berubah jadi hijau tua, dan leher serta kepala jadi abu-abu. Harga lovebird ini sekitar Rp1,5 juta.

Itulah beberapa jenis lovebird beserta perkiraan harganya. Selain daftar yang disebutkan di atas, masih banyak jenis lovebird lainnya. Jadi, kalau kamu mau memelihara burung ini, tinggal memilih jenis dan harga burung lovebird yang sesuai dengan kemampuan. Semoga bermanfaat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].