Hard Skill vs Soft Skill: Mana yang Lebih Dibutuhkan?

1
239
Hard Skill vs Soft Skill: Mana yang Lebih Dibutuhkan?

Setiap orang memiliki kemampuannya masing-masing, baik itu soft skill atau pun hard skill. Tapi sebetulnya mana yang lebih penting dan dibutuhkan di dunia kerja dari keduanya? Nah, Sebelum bicara tentang mana yang lebih penting, kita harus memahami perbedaanya terlebih dahulu.

Soft Skill

Soft skill adalah kemampuan bawaan seseorang yang identik dengan EQ (Emotional Quotients). Biasanya soft skill bisa kamu dapatkan dari edukasi non-formal. Adapun sifat soft skill banyak menggunakan empati, contohnya adaptif, komunikatif, jujur, bertanggung jawab

Hard Skill

Berbeda dengan soft skill, hard skill adalah kemampuan spesifik seseorang yang dentik dengan IQ (Intelligence Quotients). Hard skill bisa kamu dapatkan dari edukasi formal. Biasanya hard skill bersifat lebih banyak menggunakan logika. Contohnya kemampuan berbahasa inggris atau keahlian dalam desain grafis.

Dari kedua penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa sebetulnya soft skill dan hard skill sama-sama penting dan dibutuhkan. Keduanya harus seimbang agar mampu menunjang karirmu.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut