Hal Kecil yang Bisa Membuat Kita Lebih Hemat

0
73
Hal Kecil yang Bisa Membuat Kita Lebih Hemat

Membuat pos-pos pengeluaran bulanan sebetulnya bukanlah hal yang sulit. Namun, mengimplementasikan dan memilah-milah lagi mana yang sebenarnya bisa dihemat merupakan tantangan tersendiri. Nah, mungkin 3 hal kecil berikut ini bisa membantu mengurangi budget dan akhirnya bisa lebih hemat.

1. Kurangi jajan

Kamu bisa memulai dengan mengurangi jajan terlebih membeli jajanan yang kurang sehat meskipun sudah kita siapkan anggarannya. Contohnya kamu bisa mengurangi membeli makanan berminyak, minuman kekinian, rokok, dan lainnya.

2. Jangan mengikuti tren

Selanjutnya, jangan sampai kamu terbawa tren apalagi termakan gengsi. Selalu ingat mana yang benar-benar kamu butuhkan karena mengikuti tren tidak akan ada ujungnya. Misalnya sedang tren memiliki ponsel yang baru diluncurkan, bukan berarti kamu juga harus memilikinya.

3. Pikir matang-matang sebelum membeli

Apakah kamu pernah berjanji akan rajin bersepeda tiap pagi, tapi ternyata setelah membeli sepeda baru kamu jarang menggunakannya? Sebelum membeli sesuatu, pastikan kamu juga sudah mempunyai komitmen supaya pengeluaranmu tidak sia-sia.

Meninjau cashflow kita adalah hal yang penting supaya kita bisa tau mana yang sebenarnya kita perlukan dan tidak, atau bisa membuat kita lebih berhemat lagi. 

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut