Hadapi Quarter Life Crisis dengan Metode Ikigai

0
152
Hadapi Quarter Life Crisis dengan Metode Ikigai

Apakah kamu pernah mendengar istilah quarter life crisis atau justru kamu sedang ada di fase ini? Menjadi dewasa memang keharusan, karena waktu terus bergerak maju. Namun, tidak jarang hal tersebut menimbulkan krisis dalam diri. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah, mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Sebetulnya hal tersebut wajar terjadi diantara kebanyakan orang dewasa muda pada usia 20-30 tahun, sebab pada usia tersebut seseorang biasanya menemukan tujuan atau makna dari hidupnya. Jika kamu sedang atau akan memasuki fase ini, jangan khawatir. Ada sebuah konsep dari Jepang yang bisa digunakan sebagai pendekatan untuk mengatasi masalah ini yaitu metode Ikigai.

Ikigai adalah istilah dari bahasa Jepang untuk menjelaskan kesenangan dan makna kehidupan. Secara harfiah, kata Ikigai berasal dari kata “iki” yang berarti kehidupan dan “gai” yang berarti nilai, sehingga Ikigai dapat diartikan sebagai alasan kita hidup, menjalani hidup mulai bangun pagi. Dengan kata lain, jumlah kesenangan kecil dalam kehidupan sehari-hari dapat menghasilkan kehidupan yang lebih bernilai secara keseluruhan.

Proses menemukan ikigai ini dapat dimulai dengan mengetahui empat aspek hidup atau empat kualitas hidup. Yang pertama harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi keempat aspek yang menjadi kualitas hidup tersebut, yaitu:

  • Apa bidang yang kamu sukai?
  • Apa bidang keahlian mu?
  •  Apa bidang keahlian yang bisa membuat mu mendapatkan bayaran?
  • Apa bidang keahlian mu yang dibutuhkan oleh dunia?

Setelah mengidentifikasi keempat aspek tersebut, kamu dapat menggabungkan keempat aspek tersebut dengan diagram venn untuk menemukan empat irisan dengan makna yang lebih dalam yang merupakan fase berikutnya dalam proses menemukan ikigai. Keempat irisan tersebut adalah:

1. Passion

Passion adalah irisan dari aspek “bidang yang kamu suka” yang bertemu dengan “bidang keahlian”.

2. Profession

Profession adalah irisan dari aspek “bidang keahlian” yang bertemu dengan “mendapatkan bayaran”.

3. Vocation

Vocation adalah irisan yang tercipta ketika aspek “mendapatkan bayaran” bertemu dengan “bidang yang dibutuhkan dunia” atau hal yang bermanfaat untuk banyak orang.

4. Mission

Mission adalah irisan yang tercipta ketika “bidang yang kamu suka” bertemu dengan “bidang yang dibutuhkan dunia” atau hal yang bermanfaat untuk banyak orang.

Selanjutnya, keempat aspek hidup yang sudah teridentifikasi di awal dan membentuk irisan passion, profession, vocation, dan mission harus dapat bertemu kembali dalam satu irisan utuh.

Pada intinya, ikigai adalah mengenai merasakan bahwa bidang yang kamu sukai dapat menjadi sumber penghasilan dan di saat yang bersamaan dapat membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain. Oleh karena itu, kamu dapat memulai perjalanan mencari ikigai dari hal yang kecil terlebih dahulu. Mulailah berfokus pada diri sendiri untuk menggali potensi diri dan menentukan tujuan yang ingin kamu capai.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 12% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin. 

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut