Grafik Harga Emas, Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Investasi Emas!

0
1075
grafik harga emas

Emas memang menjadi salah satu instrumen investasi yang paling digemari orang-orang selain karena nilainya yang stabil, emas juga menjadi instrumen investasi yang memiliki risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan instrumen lainnya. Namun, memang untuk memulai investasi emas banyak aspek yang harus diperhatikan terlebih dahulu salah satunya grafik harga emas.

Grafik harga emas memang menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam beberapa bulan belakangan, karena dengan melihat grafik harga emas dalam beberapa bulan belakangan kamu dapat melihat perbandingan harga serta melihat kapan waktu terbaik untuk membelinya.

Grafik Harga Emas di Tahun 2021

Di bawah ini grafik harga emas mulai dari Januari 2021 hingga hari ini:

Grafik Harga Emas
Sumber: Antam

Jika kita melihat grafik di atas memang dalam 1 bulan lebih kebelakang terlihat penurunan dari harga emas kurang lebih Rp20 ribu hingga Rp35 ribu.

Apa Saja yang Mempengaruhi Harga Emas?

  • Perubahan Kurs USD (Dollar AS)

Nilai tukar dollar AS memang bisa dikatakan adalah faktor yang paling kuat dalam penentuan harga emas. Semakin tinggi kurs dollar AS terhadap rupiah, maka akan semakin tinggi juga harga emas, begitu juga sebaliknya. 

  • Produksi Emas Dunia

Sejak tahun 2000, jumlah produksi emas memang relatif menurun dikarenakan sulitnya penambangan emas yang terus berkurang. Tetapi, di awal tahun 2010 jumlah permintaan emas mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Hal ini juga membuat produsen emas seperti di Afrika Selatan, China, Australia hingga Amerika harus bekerja lebih ekstra untuk mencari sumber lainnya dan mengakibatkan harga emas yang terus meningkat. 

  • Suku Bunga

Bisa dikatakan suku bunga ini berbanding terbalik dengan harga emas. Karena, ketika suku bunga naik maka akan banyak orang yang mulai menarik uangnya dari investasi emas dan pindah ke bentuk deposito yang memiliki nilai suku bunga tinggi.

Baca juga: Sudah Tahu Perbedaan Bunga Floating atau Fixed? Selengkapnya!

  • Jumlah Supply and Demand Emas

Selain mempengaruhi produksi emas, jumlah supply and demand emas juga akan mempengaruhi harga emas dunia. Seperti pada barang lainnya, semakin barang tersebut diminati akan semakin tinggi pula harga barang tersebut. Sebaliknya, semakin sedikit peminat dari suatu barang maka akan semakin rendah juga harga dari barang tersebut.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan saat ingin memulai investasi emas yaitu memperhatikan grafik harga emas serta mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi nilai harga emas.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]