Apa Itu Kartu GPN? Apa Kegunaannya?

0
10290
GPN Adalah

Pernahkah Anda mendengar tentang  GPN?  GPN adalah istilah dari sebuah sistem pembayaran yang baru-baru ini diperkenalkan ke publik, tepatnya pada akhir tahun 2017. GPN dirilis dalam bentuk kartu yang bisa dipakai dengan mudah oleh masyarakat. Bagi pengguna kartu debit atau penggemar transaksi nontunai, GPN menjadi angin segar yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih, bank sentral telah bekerja sama dengan lembaga perbankan demi menyebarluaskan kartu GPN ke berbagai wilayah di Indonesia.

Penasaran tentang apa itu kartu GPN? Lalu, apa saja kegunaan maupun keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari pemakaian kartu tersebut? Mari simak pembahasan ringkasnya di bawah ini!

Apa Itu Kartu GPN?

Menurut Bank Indonesia, Gerbang Pembayaran Nasional atau GPN adalah sebuah sistem pembayaran yang menghubungkan transaksi nontunai dengan seluruh instrumen perbankan. GPN mempunya dua sifat, yakni interoperabilitas dan interkoneksi. Interoperabilitas berarti sistem pembayaran ini bisa dipakai pada infrastruktur lain. Sementara itu,  GPN bersifat interkoneksi yang memiliki arti saling terintegrasi dengan semua kanal pembayaran dalam negeri.

GPN sebenarnya sudah mengalami proses pengkajian selama 20 tahun. Namun, sistem pembayaran ini baru dirampungkan dan meluncur secara resmi pada Mei 2018. Penerbitan GPN oleh Bank Indonesia pun jatuh pada 21 Juni 2017 dan 20 September dengan dua ketentuan, yaitu PADG dan PBI. Kedua dasar hukum tersebut mengatur berbagai aspek, misalnya, pihak-pihak yang terlibat dalam GPN, penyelenggaraan GPN, skema harga, serta penjenamaan nasional.

GPN atau National Payment Gateaway mempunyai logo burung garuda berwarna merah yang membentangkan sayapnya di atas huruf “G” atau “Gerbang” pada kata “GPN”. Logo tersebut menggambarkan sistem pembayaran ritel Indonesia yang dipersiapkan demi kemajuan dan persaingan sehat dalam layanan transaksi elektronik nasional. Selain itu, awal pembentukan Bank Indonesia di tahun 1828 juga dilambangkan oleh burung garuda yang terbang dengan kemiringan 28 derajat ke atas.

Kegunaan dari Kartu GPN

Sesuai tema kampanye dari pekan penukaran kartu dengan logo GPN pada tanggal 29 Juli 2018, GPN adalah Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional. Ingin tahu mengapa disebut seperti itu? Kalau begitu, cek beragam kegunaannya berikut ini! 

  • Memudahkan transaksi pembayaran

Fungsi kartu GPN adalah sebagai alat transaksi praktis yang bisa dipakai di seluruh kanal pembayaran. Ketika Anda memiliki kartu berlogo GPN, transaksi menggunakan mesin EDC (Electronic Data Capture) dari bank yang berbeda dapat dilakukan.

Tak hanya itu, tidak perlu repot-repot lagi pergi berkeliling hanya untuk mencari ATM dari bank yang terkait dengan kartu debit. Cukup bawa kartu berlogo GPN dan Anda sudah bisa melakukan pembayaran tanpa tarik tunai!

Baca juga: Dibanding Apply Kartu Kredit, Lebih Baik Investasi Saja!

  • Membuat transaksi lebih aman dan nyaman

Kartu berlogo GPN sudah dilengkapi fitur keamanan yang berstandar internasional yang tersertifikasi. Terdapat PIN 6 digit dan cip yang terpasang pada kartu GPN. Segala bentuk transaksi yang dilakukan akan dilindungi enkripsi end to end. Enkripsi inilah yang mencegah transaksi Anda mengalami risiko penipuan maupun kecurangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, seluruh proses transaksi dijalankan melalui jaringan domestik di dalam negeri. GPN mempunyai lembaga tersendiri yang menjaga kerahasiaan data nasabah. Jadi, tak mengherankan jika kartu GPN berguna untuk keamanan dan kenyamanan masing-masing individu.

  • Menghemat pengeluaran

Kartu GPN adalah alat yang mampu menghemat pengeluaran Anda. Pasalnya, ketika bertransaksi di toko, tidak ada biaya tambahan akibat penetapan MDR (Merchant Discount Rate). Bukan itu saja, biaya administrasi dan biaya transaksi antarbank juga lebih terjangkau. Contohnya, biaya administrasi yang lama dipangkas mulai Rp500 sampai Rp1.000, sedangkan biaya transaksi yang dahulu 2—3 persen bisa berubah menjadi 1 persen.

Nah, itulah penjelasan singkat tentang kartu GPN yang patut Anda ketahui. GPN adalah sistem yang diciptakan supaya proses perbankan di Indonesia menjadi lebih maju. Oleh karena itu, tidak ada salahnya menukarkan kartu yang Anda miliki dengan kartu berlogo GPN demi merasakan manfaatnya. Terlebih, Bank Indonesia kabarnya akan mewajibkan kartu GPN mulai awal tahun 2022.

Sekian dahulu artikel kali ini dan semoga bermanfaat, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]