Giveaway Adalah: Definisi, Manfaat, dan Cara Jitu Mendapatkannya

0
968
Giveaway Adalah

Siapa yang tidak suka dengan gratisan, hadiah, dan diskon? Apalagi para penyuka belanja daring. Inilah mengapa, kini banyak sekali pemilik bisnis yang mengadakan bagi-bagi hadiah atau disebut dengan giveaway sebagai salah satu strategi pemasaran pilihan. Giveaway diyakini masih menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk membantu menaikkan angka engagement dengan para audiens. Bahkan, disebutkan bahwa adanya giveaway mampu menaikkan like hingga 3,5 kali lebih banyak dan komentar sampai 64 kali lebih banyak dibandingkan dengan postingan biasa. 

Definisi Giveaway

Secara umum, giveaway adalah salah satu bentuk aktivitas pemasaran atau promosi yang dilakukan dengan cara membagikan hadiah pada para konsumen dengan memenuhi syarat dan ketentuan khusus. Umumnya, syarat atau ketentuan dari giveaway adalah membagikan postingan penyelenggara ke akun media sosial pribadi, meninggalkan komentar yang menarik, menyebutkan nama beberapa teman atau koneksi untuk ikut berpartisipasi, mengikuti brand atau pihak yang mengadakan giveaway, dan menyukai postingan tertentu.  

Selanjutnya, brand atau produsen akan memilih siapa pihak yang berhak menjadi pemenang dari giveaway tadi. Cara memilih para pemenang bisa dilakukan secara manual dengan melihat satu demi satu akun yang ikut meramaikan giveaway. Namun, sering kali, pemenang dipilih secara acak dengan menggunakan bantuan aplikasi tertentu. Secara tidak langsung, giveaway menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dipilih perusahaan untuk melakukan interaksi pada calon konsumen sekaligus mempromosikan barang atau jasa yang dimiliki. 

Manfaat Giveaway

Sebagai salah satu cara pemasaran yang kian digemari di tengah perkembangan bisnis digital yang semakin pesat, tentu ada banyak manfaat giveaway yang bisa Anda dapatkan. Berikut beberapa di antaranya:

Membantu Meningkatkan Leads

Manfaat pertama dengan adanya giveaway adalah membantu meningkatkan leads atau audiens yang berpotensi menjadi calon konsumen. Melalui kontak yang diberikan oleh calon konsumen, seperti nomor ponsel, akun media sosial, atau email, Anda bisa melanjutkan penawaran, promosi, mengenalkan produk baru, dan masih banyak lagi. 

Membantu Menaikkan Engagement

Keunggulan lain dengan adanya giveaway adalah mampu menaikkan engagement, suatu bentuk komunikasi yang berlangsung antara pemilik bisnis dengan calon pelanggan. Tentunya, ini jadi hal yang penting agar Anda bisa mendapatkan pelanggan yang loyal. Engagement yang baik akan membuat bisnis lebih mudah berkembang karena aspek ini bisa menjadi nilai lebih untuk meningkatkan kepercayaan para pelanggan. 

Baca juga: Buzzer, Profesi yang Sedang Cukup Tren di Era Digital!

Meningkatkan Kesadaran Masyarakat akan Produk Tertentu

Selain itu, giveaway juga menjadi cara tepat untuk mengenalkan brand atau produk Anda secara luas kepada calon pelanggan. Semakin banyak audiens yang berpartisipasi pada giveaway yang Anda adakan, tentu semakin banyak pula orang yang mengetahui produk atau brand Anda. 

Lebih Hemat Pengeluaran

Sebenarnya, manfaat terpenting dengan adanya giveaway adalah lebih menghemat bujet. Sekilas, cara promosi produk satu ini memang terlihat boros karena memberikan hadiah dengan cuma-cuma. Namun, siapa sangka jika bujet yang Anda keluarkan justru lebih sedikit. Sebaliknya, Anda justru bisa mendapatkan calon pelanggan baru lebih banyak melalui cara promosi satu ini. 

Cara Jitu Mendapatkan Giveaway

Lalu, bagaimana caranya supaya bisa menang giveaway? Ternyata tidak sulit, kok, berikut cara jitu yang bisa Anda coba ikuti:

Follow Akun yang Kerap Mengadakan Giveaway

Agar bisa memantau aktivitas pihak penyelenggara giveaway, Anda harus mengikuti setiap akun sosial media mereka. Semakin lama Anda mengikuti akun tersebut, Anda akan semakin mengenal profil penyelenggara dan dapat meningkatkan peluang Anda untuk memenangkan giveaway.

Ikut Giveaway dengan Peminat Lebih Sedikit

Supaya peluang untuk menang menjadi lebih besar, Anda bisa coba ikut giveaway yang peminatnya lebih sedikit. Selain itu, pilih pula jenis hadiah yang tidak banyak peminatnya, sehingga peluang Anda untuk mendapatkan hadiah tersebut lebih besar. 

Tuliskan Komentar yang Menarik

Seringnya, giveaway memberikan persyaratan untuk menuliskan komentar pada postingan. Sebaiknya, berikan komentar yang berbeda dengan lainnya, lebih baik lagi kalau komentar Anda berkaitan dengan apa yang menjadi keinginan penyelenggara untuk mendapatkan kemenangan lebih besar. 


Giveaway adalah salah satu metode promosi dan strategi bisnis yang bisa dikatakan cukup efektif untuk mengenalkan produk yang Anda miliki sekaligus mendapatkan pelanggan baru. Melalui giveaway, bisnis Anda akan memiliki peluang lebih cepat dikenal oleh masyarakat. Selamat mencoba!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].