Fakta dari Tutupnya Salah Satu Supermarket Terbesar di Indonesia, Giant!

0
2672
Giant Tutup
Giant Tutup

Siapa yang tidak tahu salah satu gerai supermarket terbesar dan terlama di Indonesia yaitu Giant? Semua pasti sudah tahu dan bahkan sering belanja di sini. Namun, seperti yang kita ketahui karena pandemi yang sudah berjalan hingga hampir 2 tahun membuat kondisi ekonomi belum juga membaik sehingga membuat supermarket yang satu ini memutuskan untuk ‘angkat kaki’ dari bisnis ini.

Dari keputusan tersebut akhirnya memunculkan beberapa fakta-fakta alasan mengenai Giant tutup yang akan kita bahas lengkapnya di bawah!

Sejarah Giant

Kisah Giant ini dimulai di tahun 1944 saat toko pertama keluarga Teng Meng Chun dibuka di Sentul Pasar, Malaysia lalu diperluas dengan pembukaan pusat minimarket Teng di Bangsar pada 1974. Akhirnya Giant melakukan pengembangan hingga ke luar negeri mulai dari Singapura hingga Indonesia.

Di Indonesia sendiri Giant memulai sayapnya di tahun 2002 dan berlokasi di Villa Melati Tangerang. Segmentasi Giant ini adalah mereka yang menginginkan belanja dengan harga yang murah. Di tahun 2013 Giant mengalami perubahan identitas dengan merubah dari Giant Hypermarket menjadi Giant Extra, sedangkan Giant Supermarket menjadi Giant Express.

Dari perubahan tersebut juga Giant melakukan perubahan konsep, selain itu Giant Ekstra juga menjadi pemimpin pasar dalam harga murah dengan produk yang lengkap untuk kebutuhan bulanan konsumen. Sedangkan Giant Ekspres menjadi pemimpin pasar dalam harga murah dengan pelayanan yang cepat untuk konsumen.

Kenapa Giant Tutup? Berikut Fakta Mengenai Tutupnya Gerai Supermarket Giant di Indonesia!

Per tanggal 31 Juli 2021 Giant resmi menyatakan bahwa akan menutup seluruh gerainya di Indonesia. Namun, dibalik tutupnya Giant terdapat alasan mengapa akhirnya pihak manajemen memutuskan untuk menutup semua gerainya.

Alasan yang paling utama mengapa akhirnya memutuskan untuk angkat kaki adalah bahwa pihak manajemen akan lebih mengutamakan bisnisnya pada brand lain diantaranya yaitu IKEA, Guardian hingga Hero Supermarket yang dinilai memiliki potensi lebih tinggi dibandingkan Giant.

Dari penutupan seluruh gerainya ini membuat banyak dari mereka yang bekerja akan dirumahkan secara permanen oleh pihak manajemen. Tetapi, kejelasan ini masih didiskusikan mengingat rencana pengembangan dari Hero Supermarket yang akan dimulai hingga periode tahun 2022 nanti. Banyak karyawan dari Giant ini yang memiliki harapan untuk tetap melanjutkan kerja di bawah naungan perusahaan ini sehingga hal ini masih didiskusikan oleh pihak manajemen.

Selain hal-hal yang sudah kita sebutkan di atas, beberapa fakta menarik di bawah ini juga melengkapi alasan hengkangnya Giant seperti:

Fakta Giant Tutup dan  Hengkang dari Industri Supermarket di Indonesia

  • Tumbang Bukan karena Bisnis Online

Banyak isu yang berkembang terkait awal penutupan gerai Giant dikarenakan meningkatnya penggunaan transaksi secara online. Tetapi, APRINDO selaku asosiasi bisnis terkait menyatakan bahwa penutupan ini tidak ada hubungannya dengan hal tersebut. 

  • Tidak Ada Kepastian Status Pegawai

Apabila melihat dari kecenderungan serta kabar yang beredar, status pegawai sendiri memang akan dirumahkan. Tetapi, ada harapan karyawan bisa menerima kabar baik, terlebih lagi dengan pengembangan supermarket Hero ke depannya.

  • Efektivitas Bisnis

Selaku pihak manajemen juga mengaku bahwa giant tutup ini adalah hal yang lumrah terjadi karena hal ini juga merupakan strategi bisnis perusahaan dalam melakukan efektivitas bisnis yang dikelola.

Baca juga: Ini Beberapa Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Perbedaan Efektif dan Efisien

  • Memberikan Diskon Besar

Untuk menghabiskan stok barang yang dimiliki oleh Giant, banyak gerai Giant yang akhirnya memberikan diskon atau potongan harga yang cukup besar. Hal ini dilakukan agar ketika waktu tutup nanti tidak ada stok barang yang terbuang sia-sia.

  • Perubahan Brand

Pada awalnya, mungkin Hero memiliki brand yang lebih dikenal oleh masyarakat. Tetapi, brand tersebut lama kelamaan mulai tergerus dengan naiknya brand Giant, lalu kembali pihak manajemen mengatakan akan lebih fokus untuk menggarap brand Hero untuk dikembangkan.

Jadi, gimana sudah tahu kan sejarah awalnya Giant muncul hingga akhirnya giant tutup atau pamit dari Indonesia? Jika sudah tahu jangan lupa beri tahu yang lain dengan menyebarkan informasi bermanfaat ini ya.

Agar Bisnis atau Usahamu Tetap Bisa Berkembang Jangan Lupa Terus Berinovasi, Untuk Modalnya Pinjam Saja di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].