5 Game Investasi Ini dapat Membantu Kamu Memahami Investasi!

0
71
Game Investasi

Melakukan investasi dan berbisnis bukan pekerjaan yang mudah. Seseorang harus memiliki insting yang sempurna dan mampu melakukan analisis terhadap kesempatan. Selain itu, mereka juga harus belajar atau melakukan simulasi.

Untuk melatih insting dalam berinvestasi dan berbisnis, Anda disarankan untuk memainkan game investasi. Dengan game ini, Anda bisa melakukan simulasi, memahami masalah, dan memikirkan penyelesaian. Berikut beberapa game yang bisa dimainkan.

  • Monopoly

Salah satu jenis board game yang banyak dimainkan di seluruh dunia adalah monopoli. Bahkan, Anda mungkin sudah pernah memainkannya di masa lalu. Konsep dari permainan ini adalah melakukan investasi pada kota atau negara tertentu.

Investasi yang bisa dilakukan ada dua, pertama membeli tanah saja dan kedua membangunnya dalam bentuk rumah atau hotel. Dengan investasi ini, Anda akan mendapatkan penghasilan pasif saat ada pemain lain berhenti di sana.

Game investasi ini akan mengajarkan Anda untuk berpikirkan lebih maju. Saat berhenti di kota tertentu, Anda akan berpikir apakah akan membelinya atau tidak. Jika tidak, bisa diambil pemain lain. Namun, jika dibeli modal akan berkurang banyak.

Memikirkan strategi sangat penting agar di akhir permainan Anda bisa mendapatkan banyak penghasilan pasif. Sementara itu, jika salah prediksi bisa sering mengeluarkan banyak uang untuk sewa.

  • Billionaire

Konsep dari game ini adalah memberikan modal kecil untuk menjual produk atau jasa. Selanjutnya, dari penghasilan dan untung, Anda bisa langsung membuka bisnis lain yang lebih besar keuntungannya.

Diversifikasi bisnis dari modal awal menjadi kuncinya. Selama modal awal bisa diputar dengan baik, bisnis baru bisa dihasilkan. Begitu seterusnya sampai semua elemen terbuka dan untung yang banyak akan didapatkan.

Game ini tidak bisa asal mengeklik untuk beli dan membuka usaha baru. Namun, Anda juga harus memikirkan bagaimana bisnis ini dijalankan dengan baik agar tidak bangkrut di tengah jalan atau keuntungan sulit meningkat.

  • Foodpia

Game dengan nama Foodpia ini merupakan permainan yang akan membantu Anda dalam memahami bagaimana investasi di dunia makanan. Konsepnya adalah membuat semacam food truck yang menjual aneka jenis makanan.

Saat memainkannya, Anda akan diminta menginvestasikan sejumlah uang untuk membuka cabang. Selain itu, ada juga investasi untuk membangun branding dan fame agar keuntungan meningkat dengan cepat.

Foodpia sekilas hanya mirip dengan permainan Idle yang trending saat ini. Namun, jika dicermati dengan sungguh-sungguh, ada banyak elemen lain di dalamnya. Bahkan ada pajak sampai kepuasan pelanggan.

  • TradeHero

Ingin melakukan investasi saham, tapi merasa takut? Lakukan simulasi dengan menggunakan aplikasi atau game TradeHero. Dengan memainkan game ini, Anda bisa dengan mudah melakukan transaksi seperti jual beli saham di dunia nyata.

Game akan menyediakan saham-saham dari perusahaan besar di dunia. Saham ini bisa dibeli dan harganya akan mengalami kenaikan dan penurunan. Simulasinya disesuaikan dengan kondisi saham yang terjadi saat itu.

Meski simulasi ini hanya dipakai untuk bermain, Anda akan tahu kapan saja harus membeli atau menjual saham. Selain itu, Anda juga bisa mengasah kemampuan analisis untuk memprediksi tren.

Baca juga: Ingin Mulai Trading? Belajar Trading di sini!

  • Roller Coaster Tycoon Touch

Game ini juga cocok sekali untuk Anda yang suka dengan investasi, tetapi dalam jumlah yang cukup besar. Apalagi ini berhubungan erat dengan taman hiburan yang elemen di dalamnya cukup kompleks.

Dengan memainkan game ini, Anda bisa tahu bagaimana memulai sebuah taman hiburan. Apa saja yang harus ada di dalamnya sampai ke urusan kenyamanan dari pengunjung serta keselamatannya.

Game investasi dan bisnis sekilas terlihat sangat sederhana dan mudah dijalankan. Namun, jika dipahami dengan sungguh-sungguh, ada banyak teknik yang cukup rumit dan harus dipikirkan dengan matang agar bisa mendapat keuntungan maksimal dan meminimalkan kerugian.

Terpenting dari semua, game investasi dan bisnis ini bisa dijalankan secara gratis dan Anda bisa melakukan uji coba sampai berhasil. Jika gagal, bisa diulangi kembali sampai mendapatkan hasil yang maksimal. Lain halnya di dunia nyata, gagal sekali akan sulit untuk diulangi lagi, apalagi modalnya minim. Untuk itu, pelajari semua dengan baik melalui game-game ini.

Game Investasi di atas dapat Menjadi Pembelajaran Untuk Kamu yang Ingin Mengembangkan Danamu!

Bagi kamu yang ingin memulai pengembangan dana sekaligus mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]