Gajian di Akhir Pekan, Enaknya Lakukan ini

0
675

Gajian di hari Jumat? Artinya besok sudah akhir pekan. Jika tidak tepat mengelola dana dari penghasilan bulanan maka kemungkinan minggu depan saldo gaji sudah ludes. Supaya gaji bulan ini dan seterusnya bisa bertahan minimal hingga 30 hari, maka lakukan tips mengelola keuangan jika gajian di akhir pekan berikut ini:

1. Bayar Utang atau Cicilan
Menerima gaji menjadi dambaan semua orang setelah bekerja selama sebulan. Sayangnya, jika gajian lalu membayar utang atau cicilan mungkin kurang berkenan tetapi hal itu wajib kita bayar. Maka hal pertama saat menerima gaji adalah sisihkan sebagian gaji untuk membayar utang atau cicilan, seperti bayar kos/listrik/internet/telepon/kartu kredit atau kredit kendaraan, kredit pemilikan rumah dan sebagainya. Hal ini untuk menghindari beban bunga yang terus menumpuk sehingga makin membebankan keuangan di masa mendatang.

2. Tabungan & Investasi
Setelah menyisihkan untuk bayar utang atau cicilan, hal kedua adalah sisihkan gaji sebesar 5% dari total pendapatan. Misalkan gaji Rp5 juta per bulan, maka alokasikan sebesar Rp250 ribu setiap bulannya. Dana ini anggap saja dana hilang namun tetap berkembang sehingga tidak bisa diutak atik untuk hal-hal yang kurang penting. Perencanaan ini diperlukan sejak dini untuk kebutuhan di masa mendatang.

Baca Juga:
Bonus Tahunan Tiba, Bagaimana Mengelolanya?
Biaya Pernikahan yang Harus Dipersiapkan Pria

3. Dana darurat
Untuk dana darurat sisihkan juga minimal sebesar 5% dari total pendapatan. Jika pendapatan Rp5 juta per bulan maka alokasikan Rp250 ribu untuk dana darurat. Dana darurat sisihkan ke rekening tabungan khusus untuk urusan kebutuhan mendesak dan tak terduga.

4. Membuat Daftar Pengeluaran
Membuat daftar pengeluaran mungkin agak “ribet”, namun hal ini perlu dilakukan agar keuangan Sobat lebih terukur dan terarah. Tetapi jika Sobat malas membuat daftar secara rinci, setidaknya Sobat bisa membuat alokasi pos-pos pengeluaran yang penting dan besar, seperti:
– Pos pengeluaran dapur untuk makan harian dan kebutuhan rumah tangga.
– Pos transportasi yang jumlahnya bervariasi tergantung jumlah trip perjalanan.
– Pos pengeluaran hiburan dan akhir pekan, usahakan maksimal 10% dari gaji.
– Sedekah dan sosial.

Sobat, itulah hal-hal yang perlu Sobat lakukan agar gaji Sobat bisa menjadi lebih terarah dan keuangan di masa depan pun lebih terukur.

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]