Segini Gaji BUMN, Besaran Pertamina atau Telkom?

3
3395
Gaji BUMN

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi salah satu tempat kerja impian bagi banyak karyawan. Daya tarik utama dari bekerja di BUMN tentunya berasal dari besaran upah yang bakal diterima jika dapat bekerja di tempat tersebut. Nah, apakah Anda juga tertarik untuk berkarier di perusahaan pelat merah itu? Kalau ya, yuk cek terlebih dahulu berapa besaran gaji BUMN dari orang yang bekerja di Telkom atau Pertamina! 

Besaran Gaji BUMN di Pertamina

Perusahaan pelat merah yang satu ini dikenal sebagai salah satu tempat kerja yang dapat memberikan tingkat kesejahteraan yang tinggi bagi para pegawainya. Bagaimana tidak, merujuk pada informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, karyawan pada level staf di Pertamina disebut menerima gaji bulanan setidaknya Rp4 juta hingga Rp7 juta. 

Untuk gaji tertinggi di Pertamina, angkanya sudah mencapai sekitar Rp75 juta, yang diterima oleh orang yang menempati level General Manager. Gaji terbesar kedua di perusahaan minyak dan gas itu didapat oleh orang yang memiliki jabatan Drilling Supervisor, yang menerima gaji bulanan sekitar Rp55 juta. Sementara itu, bagi yang menempati posisi Procurement Manager, besaran gajinya sekitar Rp42,5 juta per bulan.

Selain mendapat gaji BUMN yang besar, ada benefit lain yang membuat bekerja di Pertamina tampak makin menggiurkan. Salah satu benefit yang paling banyak diburu dari perusahaan pelat merah tersebut adalah adanya pesangon besar yang diberikan kepada pegawai yang pensiun. Tidak hanya itu, beberapa jabatan penting di Pertamina juga berhak menerima dana pensiun, rumah dinas, kendaraan dinas, dan masih banyak lagi.

Pegawai dari perusahaan BUMN ini juga mendapatkan benefit seperti bonus, tunjangan kesehatan, dan tunjangan makan. Itulah mengapa, posisi staf di Pertamina tidak cuma diincar oleh para fresh graduate saja. Banyak juga yang datang dari latar belakang jabatan yang sudah tinggi di perusahaan sebelumnya. Untuk itu, bagi siapa pun yang tertarik bekerja di Pertamina—khususnya karena gaji BUMN ini yang besar, jangan sampai tertipu lowongan palsu. Cek kembali soal informasi lowongan tersebut di https://recruitment.pertamina.com/ untuk memastikan kebenarannya. 

Baca juga: 12 Pekerjaan dengan Gaji Paling Tinggi di Indonesia

Besaran Gaji BUMN di Telkom

Telkom juga menjadi salah satu perusahan milik negara yang dinilai memberikan gaji besar bagi para pegawainya. Di beberapa situs pencari kerja, ada yang menyebutkan bahwa Telkom memberikan gaji bulanan sekitar Rp88 juta hingga Rp94 juta bagi orang yang menempati posisi product manager. Kemudian, untuk level strategic investment manager, posisi tersebut akan menerima besaran upah sekitar Rp58 juta hingga Rp62 juta per bulan. 

Jabatan lain di Telkom yang menerima upah tinggi adalah senior manager. Untuk jabatan tersebut, pegawai dapat menerima gaji bulanan sekitar Rp39 juta sampai Rp43 juta. Sementara itu, mereka yang menempati level staf akan menerima setidaknya Rp8 juta per bulan. Pun, di samping gaji pokok bulanan, pegawai Telkom dikatakan juga menerima berbagai insentif.

Adapun jenis tunjangan yang diberikan adalah insentif jabatan dan insentif premium. Untuk insentif premium, jenis tunjangan ini hanya diberikan kepada pegawai yang sudah dinyatakan sebagai karyawan tetap. Sementara itu, insentif jabatan adalah jenis tunjangan yang diberikan sesuai level jabatan yang dimiliki. Sebagai contoh, mereka yang menyandang posisi manager akan menerima insentif jabatan sekitar Rp4,5 juta, sedangkan level asisten manager mendapatkan Rp3 juta.

Selain kedua jenis tunjangan tersebut, karyawan Telkom juga berhak atas tunjangan hari tua, tunjangan akhir tahun, dan juga tunjangan hari raya. Untuk jenis tunjangan hari tua, 5 persen dari gaji pokok karyawan Telkom setiap bulan disetorkan kepada pihak pengelola Jamsostek untuk pengelolaan dana pensiun. Dana tersebut nantinya dapat dicairkan jika karyawan sudah purna kerja.

Berikutnya, selain menerima gaji BUMN yang terbilang besar, karyawan Telkom juga berhak atas tunjangan akhir tahun. Jumlah untuk tunjangan ini bisa berbeda setiap tahunnya karena tergantung keuntungan yang diperoleh perusahaan. Besaran pembagiannya pun akan beragam alias tidak sama rata sebab bakal disesuaikan dengan level jabatan di perusahaan.

Demikian ulasan seputar gaji BUMN di perusahaan pelat merah seperti Telkom dan Pertamina. Apakah setelah mengetahuinya, Anda makin bersemangat untuk melamar ke perusahaan BUMN tersebut? Agar bisa lulus tes masuknya, siapkan portofolio terbaik Anda dan latihan terus, ya!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

3 COMMENTS

Comments are closed.