Mengenal Apa Itu Flyer dan Kegunaan Lengkapnya

1
330
Flyer Adalah

Ada banyak sekali media yang digunakan oleh para pebisnis untuk berpromosi. Baik itu media cetak maupun digital. Flyer adalah salah satu yang paling populer.

Dikenal juga dengan nama lain selebaran, flyer umumnya dikirimkan lewat pos atau dibagikan di tempat-tempat umum oleh orang yang berkepentingan. Flyer bisa digunakan oleh siapa saja mulai dari individu, usaha kecil bahkan pemerintah untuk berbagai kebutuhan. Untuk lebih memahami tentang flyer dan kegunaannya, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Definisi Flyer

Flyer adalah lembaran cetak tinggal yang biasanya tidak dilipat. Di dalamnya terdapat pesan sederhana berupa teks, gambar atau perpaduan keduanya yang mudah dimengerti. Flyer bisa dicetak pada satu sisi atau kedua sisi kertanya. 

Bagi sebuah bisnis, flyer secara langsung digunakan untuk menginformasikan kepada calon pelanggan tentang produk baru atau fitur tambahan yang diluncurkan oleh bisnis terkait. Flyer juga bisa digunakan untuk menciptakan citra bagi sebuah brand. Flyer merupakan alat pemasaran yang efektif untuk mengarahkan dan memberikan instruksi kepada orang yang melihat agar mengambil penawaran yang tertera di dalamnya.

Membagi-bagikan flyer baik secara langsung maupun lewat pos adalah salah satu cara paling efektif untuk mengiklankan bisnis Anda. Ini karena distribusinya yang bisa menjangkau banyak orang sekaligus. Karena respon pelanggan cenderung tinggi, flyer kerap dianggap bisa mendatangkan hasil yang cepat bagi bisnis yang menggunakannya.

Contoh Penggunaan Flyer

Flyer umumnya dicetak dalam jumlah yang banyak dengan desain yang menarik. Kertas yang dipakai biasanya adalah kertas glossy sehingga membuat tampilannya makin eye-catching untuk membuat orang mau membaca atau melihatnya. Ada beberapa contoh kegunaan flyer antara lain:

  • Media untuk mengiklankan acara seperti konser musik, bedah buku, bazar dan festival
  • Mempromosikan bisnis baik itu bisnis baru maupun bisnis lama yang meluncurkan layanan baru. Restoran dengan menu baru atau promo akhir tahun bisa menggunakan flyer untuk menarik lebih banyak pengunjung
  • Media kampanye. Partai politik atau calon anggota dewan juga kerap menggunakan flyer untuk membujuk masyarakat agar memilih mereka
  • Merekrut anggota baru untuk organisasi, badan amal atau mencari karyawan baru.

Flyer Marketing untuk Bisnis

Flyer marketing adalah pilihan yang tepat bagi bisnis yang ingin menjangkau pelanggan baru, terutama pelanggan lokal. Ini adalah salah satu cara beriklan dan berkomunikasi yang paling terjangkau dengan pelanggan baru atau pelanggan yang sudah ada. Melalui flyer marketing, Anda bisa secara efektif memikat audiens yang Anda targetkan dan menciptakan minat dengan cara yang nyata.

Membagi-bagikan flyer bisa membantu perusahaan memaksimalkan pemasaran produk mereka sekaligus menjangkau ribuan pelanggan baru. Anda bisa menargetkan area tertentu dengan mudah untuk mendapatkan return sesuai yang diharapkan. Saat ini, selain flyer dalam bentuk cetak, banyak juga bisnis yang memanfaatkan flyer digital untuk kebutuhan promosi secara online.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Pamflet dan Leaflet

Tips Membuat Flyer yang Menarik

Karena tujuannya adalah untuk mencari perhatian, maka flyer harus dibuat dengan bentuk yang menarik dan stand out. Ada beberapa cara membuat flyer yang menarik. Simak poin-poinnya berikut ini!

  • Buat focal point atau titik utama dalam lembaran flyer. Anda bisa menggunakan gambar yang menarik, pemilihan warna yang ciamik atau kata-kata yang menggelitik
  • Gunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar Anda
  • Fokus pada tujuan Anda dalam membuat flyer. Jika flyer bertujuan untuk mempromosikan produk, Anda bisa menggunakan kata-kata yang powerful misalnya “penawaran terbatas” dan lain sebagainya
  • Buat konten yang simpel tetapi sesuai dengan tujuannya
  • Tambahkan CTA (call to action) agar audiens tahu apa yang harus mereka lakukan setelah melihat flyer Anda
  • Cetak flyer dengan kualitas terbaik
  • Lakukan pengecekan terlebih dahulu sebelum distribusi. Pastikan semua informasi yang ingin Anda sampaikan sudah tertera pada desain flyer sebelum dicetak.

Itulah beberapa informasi penting tentang flyer dan kegunaannya. Jika Anda sedang mencari opsi promosi yang bisa menarik lebih banyak calon pelanggan, flyer adalah salah satu pilihan terbaik yang tersedia.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]