Sering Pakai Fitur Paylater? Perhatikan Hal Berikut Sebelum Keseringan

1
2843
Fitur Paylater

Kemudahan demi kemudahan dimunculkan oleh platform jual beli atau virtual money untuk memanjakan penggunaannya. Dengan kemudahan ini mereka berharap agar para pelanggan atau customer semakin setia dan memiliki keterikatan. Salah satu kemudahan itu adalah fitur paylater.

Paylater adalah sistem pembayaran yang mirip dengan kartu kredit. Ada limit pemakaian maksimal dan jatuh tempo pembayaran. Umumnya sistem paylater bisa dibayar sekali atau beberapa kali dengan tambahan bunga,.u.

Munculnya paylater memang memberikan kemudahan. Namun, bisa membuat Anda ketagihan dan terus menggunakannya. Perhatikan beberapa hal ini sebelum menggunakannya.

  • Ada Biaya Tambahan dan Bunga

Zaman sekarang tidak ada yang namanya gratis, kalaupun ada pasti syaratnya berlapis-lapis. Paylater bukan membantu Anda untuk membeli barang dengan mudah. Namun, meminta Anda untuk beli barang dan membebankan bunga serta biaya tambahan. 

Intinya Anda diminta untuk berhutang. Kalau pun sebenarnya Anda punya uang yang cukup, karena ada iming-iming akhirnya memilih untuk mencicil barang dan akhirnya mau saja membayar biaya tambahan. Kelebihan paylater hanya durasi pelunasannya yang panjang.

Kalau Anda memang terpaksa menggunakan fitur paylater ini untuk berbelanja, ada baiknya perhatikan bunga dan biaya tambahan. Kalau masih bisa tercover dengan gaji Anda tidak masalah menggunakannya. Namun, kalau besar dan tidak sebanding dengan harga barang, ditunda saja.

  • Jiwa Konsumtif Semakin Meningkat

Sekali Anda menggunakan fitur paylater dan berhasil, jiwa konsumtif akan semakin naik. Apalagi Anda tidak perlu melakukan transfer dan langsung otomatis terpotong dari limit yang diberikan. Apa saja bisa dibeli dari hal yang memang penting sampai ke hal-hal yang sebenarnya bisa ditunda.

Selanjutnya kalau Anda menggunakan fitur paylater berkali-kali, kemungkinan besar limit maksimal untuk belanja akan naik. Apalagi tidak pernah telat membayar tagihan. Kenaikan limit ini semakin membuat jiwa konsumtif sulit ditahan. Akhirnya kebiasaan untuk membeli banyak hal tidak bisa dihindarkan.

  • Membebani Keuangan Bulanan

Kalau pemasukan yang Anda miliki banyak dan tidak menggunakan kartu kredit, mungkin paylater bisa jadi alternatif. Namun, kalau pemasukan tetap sama sementara pengeluaran bulanan lebih banyak karena cicilan, Anda akan mengalami gangguan dengan keuangan.

Selalu ingat kalau paylater membebankan bunga dan biaya lainnya. Kalau Anda terus berbelanja, biaya ini akan semakin besar dan akhirnya membebani keuangan. Kecuali ada sumber lain yang memang digunakan untuk menutup tagihan. Jika tidak lebih baik dipikirkan dengan baik sebelum membeli sesuatu dengan paylater.

  • Menggunakan Lebih dari Satu Paylater

Sekali mendapatkan kemudahan, peluang untuk mencari kemudahan lain akan besar. Meski tidak semua orang begini, tapi ada yang tergoda untuk menggunakan paylater yang lain. Apalagi kalau limitnya di satu platform sudah habis. Tentu butuh yang lain untuk membeli sesuatu.

Kalau ada banyak akun paylater dipakai untuk membeli sesuatu, setiap bulan tagihan akan datang dalam jumlah banyak. Kalau mampu membayar tidak masalah. Namun, kalau ada yang menunggak tentu akan merepotkan apalagi harus mengalami seperti poin nomor lima.

  • Telat Bayar dan Denda

Mungkin Anda menganggap kalau menggunakan layanan paylater tidak akan terlalu membebani. Apalagi kalau tidak banyak digunakan atau cicilannya ringan. Namun, kalau Anda sampai telat membayar, biasa saja akan terkena denda dan akhirnya Anda mengeluarkan uang untuk hal yang tidak perlu.

Denda yang harus dibayarkan umumnya bervariasi dan bergantung dengan perjanjian awal. Pastikan untuk membayar cicilan paylater atau tagihan bulan sebelumnya agar tidak terkena denda. Bayangkan kalau paylater yang Anda gunakan lebih dari satu kira-kira ingat membayar cicilan atau tidak?

Paylater memang membantu Anda kalau dalam kondisi darurat. Namun, ada kalanya hal ini malah menjerumuskan. Apalagi kalau Anda memakai lebih dari satu platform dan akhirnya sulit membayarnya. Sedikit demi sedikit lama-lama membuat beban keuangan jadi membengkak.

Daripada menggunakan fitur ini dan akhirnya membuat keuangan berantakan, lebih baik menabung dahulu. Dengan menabung berbagai barang yang dibutuhkan bisa dibeli secara tunai tanpa bunga dan biaya tambahan lainnya. Lebih baik menahan diri daripada menyesal kemudian.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah berizin resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

1 COMMENT

Comments are closed.