6 Petuah dari Jedi Master Yoda untuk kamu yang Ingin Mulai Investasi

0
946
Finansial ala Star Wars

Finansial ala Star Wars – Bulan Desember mungkin menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh para pecinta Star Wars mengingat pada akhir Desember akhirnya Star Wars episode terakhir yang berjudul Star Wars: The Rise Of Skywalker akan dirilis. Pengagum dari film ini memang terbilang sangat banyak, karena itu total film yang sudah dirilis mencapai 12 film dari rentang tahun 1977 hingga 2019 dimulai dari Luke Skywalker hingga Rey, dari Han Solo hingga Poe Dameron. Bagusnya story yang dibangun dalam film ini membuat orang selalu menunggu setiap seri film terbarunya.

Selain itu, banyaknya pesan maupun kutipan yang sangat inspiratif dalam setiap film Star Wars membuat para pecinta film ini selalu memperhatikan setiap dialog yang muncul dari karakternya masing-masing. Kamu pasti ingat Yoda kan? Jedi Master berukuran mungil ini bisa dibilang salah satu tokoh yang paling bijaksana di jagat raya Star Wars. Sebagai seorang petinggi dan penasihat Jedi Order, tentunya Yoda sudah memberikan petuah-petuah yang bisa dikutip dan diterapkan, bukan hanya di dunia Star Wars tapi juga didalam kehidupan sehari-hari terutama dalam pengelolaan keuangan pribadimu.

Kutipan Jedi Master Yoda yang Dapat Kamu Terapkan dalam Pengelolaan Keuangan

  • “Do or do not. There is no try”

Kutipan ini muncul pada Star Wars edisi ke 5 yaitu Star Wars: Episode V – The Empire Strikes Back (1980) kala itu Jedi Master Yoda mengatakan kepada Luke sebelum bertarung dalam perang di rawa dengan mengatakan “Do or do not. There is no try” yang artinya “lakukanlah tanpa ragu, jangan ada kata mencoba”.

Maksud dari Yoda adalah ketika kamu mengatakan “mencoba” artinya mungkin saja kamu bisa gagal padahal itu adalah pemikiran yang negatif dan dapat membuat kamu akhirnya mengalami kegagalan. Karenanya, kamu harus yakin bahwa kamu akan berhasil sebelum memulai sesuatu, jika tidak ada keyakinan lebih baik tidak memulainya sama sekali. 

Ini juga berlaku dalam dunia investasi, saat ingin melakukan pengembangan dana seringkali mereka ragu saat akan memulainya, hal inilah yang membuatnya gagal dalam perencanaan pengembangan dana yang sudah dibuat.

  • “You will know (the good from the bad) when you are calm, at peace”

Masih dalam film yang sama di edisi yang sama ada dialog dimana Luke mengatakan But how am I to know the good side from the bad?” atau “Bagaimana saya bisa mengetahui sisi baik dari yang buruk?” lalu, Yoda membalas dengan mengatakan “You will know. When you are calm, at peace. Passive. A Jedi uses the Force for knowledge and defense, never for attack” atau “Kamu akan tahu. Saat kamu tenang, damai. Pasif. Seorang Jedi menggunakan kekuatannya yang berupa pengetahuan dan pertahanan, tidak pernah untuk menyerang”

Jawaban yang diberikan oleh Yoda ini membuktikan bahwa kekuatan akan muncul saat kita dalam kondisi yang tenang artinya dia melihat terlebih dahulu seperti apa karakter dari musuh tersebut dan kekuatan yang digunakan adalah kemampuan dari pengetahuan yang dimilikinya.

Ini juga sesuai apabila kamu berencana melakukan pengembangan dana, pastikan untuk memilih mana instrumen investasi yang cocok sesuai dengan preferensimu. Jangan terburu-buru untuk melakukan investasi hanya dengan iming-iming bunga yang besar. Bisa-bisa kamu terjerembap dalam investasi bodong. Perhatikan risiko apa saja yang ada di dalamnya.

  • “The fear of loss is a path to the dark side”

Pada Star Wars edisi ke-3 yaitu Star Wars: Revenge Of The Sith ada dialog Yoda yang mengatakan “The fear of loss is a path to the dark side” sebenarnya ini adalah potongan dialog yang pada intinya berisi mengenai sebuah ketakutan akan kehilangan adalah sebuah jalan menuju jalan yang gelap. 

Dalam dunia investasi banyak orang yang sangat ketakutan akan adanya risiko dalam investasi, padahal adanya risiko inilah yang membuat kita belajar dalam memilih dan menentukan mana instrumen pengembangan dana yang cocok dan sesuai dengan preferensi pilihannya. 

Risiko tentu ada dalam setiap instrumen pengembangan dana, dalam risiko juga diibaratkan ada dark side dan light side pada dunia Star Wars dan dalam kehidupan yang sebenarnya ada risk ada return. Namun, itulah pengembangan dana yaitu bukanlah akan membuatmu rugi sebaliknya melakukan pengembangan dana akan mengembangkan nilai kekayaanmu.

  • “Size matters not. Look at me. Judge me by my size, do you?”

Kembali pada kutipan finansial ala Star Wars di film edisi ke-5 di mana Luke mengatakan kepada Yoda bahwa “I can’t. It’s too big” saat dia diberi ujian dari Yoda untuk mengangkat pesawatnya sendiri. Yoda menggelengkan kepalanya dan berkata kepada Luke: “Size matters not. Look at me. Judge me by my size, do you?”.

Hal ini sesuai dengan anggapan orang yang takut memulai investasi karena merasa investasi harus dimulai dengan dana yang besar dan itu membuatnya takut untuk memulainya. Ingat! Sesuatu yang besar semuanya berawal dari yang kecil, karena itu banyak investasi yang dapat dimulai dengan nominal yang relatif kecil bahkan dimulai dengan nominal Rp100 ribu. Karenanya buang anggapan tersebut dan mulai dari hal yang kecil untuk membuat sesuatu yang lebih besar.

  • “The greatest teacher, failure is.”

Kutipan yang satu ini datang dari Star Wars edisi The Last Jedi dimana Yoda mengatakan kepada Luke Skywalker yang sudah renta: “The greatest teacher, failure is.”. Ya, Guru terbaik adalah kegagalan.

Maksudnya untuk mencapai kesuksesan jangan takut akan kegagalan. Jadikan kegagalan tersebut sebuah pelajaran hidup. Saat memulai pengembangan dana dan pada prosesnya ada hambatan berupa kegagalan bayar atau telat bayar pada sebuah pinjaman yang kamu danai jangan lah takut. Jadikan kesalahan tersebut sebagai pembelajaran saat melakukan pengembangan dana lainnya.

  • “Pass on what you have learned.”

Kutipan terakhir dari Yoda ini muncul pada Star Wars: Return of the Jedi (1983) kala itu Yoda mengatakan kepada Luke yaitu “Pass on what you have learned” atau “Sampaikan apa yang sudah kamu pelajari”.

Apabila kamu sudah memahami dengan jelas seputar pengembangan dana, kamu dapat membantu orang lain atau mengajak orang lain untuk lebih aware dalam mempersiapkan masa depannya dengan melakukan pengembangan dana sejak dini.

Terapkan 6 Kutipan dari Jedi Master Yoda Untuk Pengelolaan Finansial ala Star Wars di Akseleran!

Semoga dengan petuah-petuah dari Yoda tersebut, kamu semakin mantap dan bersemangat untuk memulai investasi dan dapat menerapkan pengelolaan finansial ala star wars. Bagi kamu yang baru ingin memulai mengembangkan dana, kamu bisa memulai dengan instrumen-instrumen yang mudah digunakan. 

Di Akseleran kamu dapat mulai melakukan pengembangan dana mulai dari tenor 1 bulan hingga 12 bulan. Nominal pendanaan juga dapat dimulai hanya dari Rp100 ribu. 99% peluang pinjaman yang ada di Akseleran juga memiliki agunan, sehingga para pemberi dana tidak perlu khawatir karena agunan dapat digunakan untuk memitigasi risiko yang ada. Tidak hanya itu, Akseleran juga memberikan proteksi asuransi sebagai langkah pencegahan lain apabila terjadi gagal bayar kepada pendanaan yang dilakukan. Dan tak kalah penting, mengembangkan dana di P2P lending memberikan keuntungan yang relatif tinggi, karena bunga yang dapat diterima hingga 21% per tahun.

BLOG100Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here