10 Fakta Menarik The New Normal

0
5948

New Normal jangan disambut dengan euforia

Memulai aktivitas menuju era New Normal atau tatanan normal baru di tengah pandemi Covid-19 diperlukan sikap disiplin terhadap perilaku hidup bersih. Hal ini agar kita semua dapat tetap produktif, namun aman dari penyebaran Covid19.

Selain perilaku hidup bersih, Sobat juga perlu menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh serta jangan panik. Kedua hal ini bisa menjadi langkah preventif untuk menghadapi pandemi. Karena preventif yang sebenarnya ada di diri kita masing-masing. Sedangkan upaya preventif lain dengan vaksin, hingga kini vaksin masih terus “dikerjakan” oleh tim ahlinya dan dalam waktu yang belum bisa ditentukan.

Pelaksanaan era New Normal pun memiliki fakta menarik, berikut hal-hal yang perlu Sobat pahami dari istilah New Normal atau tatanan normal baru:

  1. New Normal merupakan kebijakan membuka kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas dengan menggunakan standar kesehatan yang sebelumnya tidak ada sebelum pandemi Covid-19.
  2. New Normal merupakan upaya menyelamatkan hidup warga dan menjaga agar negara tetap bisa berdaya menjalankan fungsinya.
  3. New Normal merupakan tahapan baru setelah kebijakan di rumah saja atau bekerja dari rumah atau pembatasan sosial diberlakukan untuk mencegah penyebaran masif wabah Covid-19.
  4. New Normal diberlakukan karena tidak mungkin Sobat terus menerus di rumah saja tanpa kepastian. Serta tidak mungkin seluruh aktivitas ekonomi berhenti tanpa kepastian yang bisa berdampak pada kebangkrutan sehingga memungkinkan bisa terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) massal bahkan mungkin bisa terjadi kekacauan sosial.
  5. New Normal bertujuan agar negara tetap mampu menjalankan fungsi-fungsinya sesuai konstitusi. Mungkin Sobat juga memahami bahwa pemasukan negara berasal dari pajak dan penerimaan negara lainnya. Jika aktivitas ekonomi terus berhenti maka negara tidak punya pemasukan, akibatnya negara juga tidak bisa mengurus rakyatnya.
  6. New Normal diberlakukan dengan kesadaran penuh bahwa wabah masih ada di sekitar kita. Untuk itu aktivitas ekonomi/publik diperbolehkan dengan syarat menggunakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.
  7. Jika New Normal tidak dilakukan maka dampak sosial ekonominya tidak akan bisa tertahankan. Kebangkrutan korporasi selanjutnya ekonomi akan membawa efek domino kebangkrutan negara.
  8. Jika di antara Sobat tidak setuju dengan New Normal, maka Sobat tetap di rumah saja. Sebab banyak di antara kita yang tetap harus keluar rumah untuk bisa menghidupi keluarganya. Tidak semua orang bisa bertahan selama berbulan-bulan dan tetap bisa menghidupi keluarganya.
  9. Untuk memastikan New Normal bisa berjalan baik maka pemerintah harus melakukan upaya yang sistematis, terkoordinasi dan konsisten dalam melakukan pengawasan publik dan law enforcement. Di dalamnya juga termasuk memperbesar kapasitas sektor kesehatan kita untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah korban Covid-19.
  10. Pemerintah pusat dan daerah harus bersinergi untuk memastikan pemeriksaan kesehatan yang masif, tersedianya sarana perawatan dan peralatan medis, melindungi mereka yang paling rentan melalui penyiapan pengamanan sosial yang tepat sasaran dan perlindungan kesehatan.

Dari 10 hal yang perlu Sobat pahami perihal era New Normal, di sini artinya diberlakukan era New Normal bagi Sobat yang memerlukan aktivitas luar rumah bisa dilakukan asal dengan menggunakan standar kesehatan yang ditetapkan. Maka bukan berarti Sobat bisa dengan bebas berkumpul/bersosialisasi atau keluar rumah untuk pergi ke mall atau arisan.

Baca Juga:
Selamat Datang Era Normal Baru
Mengupas Pandangan New Normal Versi Karyawan

Selain itu, beberapa kebiasaan baru seperti menjaga jarak minimal 1 (satu) meter serta diwajibkannya mengenakan masker perlu Sobat lakukan. Semoga adanya kesadaran kolektif untuk memberlakukan New Normal di Indonesia minimal di sekitar kita perlu ditanam dalam diri Sobat. Karena jika New Normal tidak dilakukan bersama-sama, maka hal tersebut menjadi sia-sia.

Sobat juga perlu memerhatikan hal-hal yang bakal menjadi prioritas diri sendiri seperti menjaga pola makan sehat, mencuci tangan, serta semakin meningkatnya kebiasaan olahraga. Selain kebiasaan fisik, Sobat juga perlu mempersiapkan mental. Pasalnya, jika Sobat tidak menyiapkan mental menghadapi New Normal, maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatnya persoalan baru terkait depresi di tengah lingkungan masyarakat.

Sobat, sudah paham kenapa perlu adanya era New Normal? Ingat ya Sob, New Normal jangan disambut dengan euforia dan keberhasilan dari kebijakan pemerintah ini juga harus kita dukung bersama dengan kedisiplinan melakukan protokol kesehatan yang sudah disampaikan saat beraktivitas di luar rumah.

Keep Healthy, Keep Fighting and Be Smart!

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]