Apa Itu Escrow dan Apa Kegunaannya?

0
8483
Escrow Adalah

Seiring dengan kemajuan teknologi, transaksi jual beli kini dapat dilakukan secara daring. Karena tidak ada tatap muka antar pembeli dan penjual, risiko kerugian pada kedua belah pihak masih terjadi. Namun, hal tersebut kini sudah bisa diminimalkan dengan hadirnya akun escrow. Apa sebenarnya escrow dan kegunaanya? Berikut penjelasan lengkapnya. 

Definisi Escrow 

Escrow adalah dokumen sah yang memuat perjanjian mengenai aset—umumnya berupa uang—yang dititipkan sementara kepada pihak ketiga, sampai klausul-klausul dalam perjanjian terpenuhi. Pengaplikasian escrow berwujud escrow account, yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai tempat titipan sementara, untuk menampung dan menyalurkan dana kepada pihak-pihak yang terlibat. 

Mudahnya, escrow account adalah rekening bersama yang dikelola pihak ketiga atau agen escrow. Agen ini tak hanya bertugas untuk mengelola dana, tetapi harus memastikan seluruh pihak yang terlibat memenuhi kewajiban serta memperoleh haknya. 

Misalnya, ketika Anda melakukan pembelian barang melalui situs jual beli daring, agen akan menerima sejumlah dana sesuai dengan harga barang yang dipesan serta ditambahkan biaya kirim. Dana yang dibayarkan tersebut akan ditampung dalam akun escrow sampai penjual mengirimkan barang ke tangan pembeli untuk sementara waktu. Bila pembeli berhasil mendapatkan barang, dana akan langsung disalurkan agen kepada penjual. 

Kegunaan Escrow 

Tak dapat dimungkiri, keamanan menjadi salah satu faktor penting baik bagi konsumen maupun penjual sebelum melakukan transaksi jual beli. Visi utama dari kehadiran escrow adalah meningkatkan keamanan saat transaksi keuangan terjadi. Ini membuat pihak-pihak yang terlibat akan menerima hak mereka seperti seharusnya.

Dalam jual beli barang secara daring contohnya, pembeli sering menjadi korban penipuan. Bila tanpa melibatkan escrow, barang akan dikirimkan ketika penjual telah menerima sejumlah dana dari pembeli melalui transfer bank. Sayangnya, titik ini menjadi celah kejahatan. Beberapa oknum penjual dijumpai tak kunjung mengirimkan barang meski sudah menerima dana.

Dengan hadirnya escrow, proses pembayaran barang tidak langsung menuju ke rekening penjual tetapi akan ditampung sementara dalam escrow account. Bahkan, ketika barang tidak dikirim oleh penjual pada batas yang telah disepakati, dana yang telah ditransfer oleh pembeli akan kembali secara otomatis. Dana di dalam akun escrow memiliki batas waktu tertentu.

Baca juga: Registrasi Rekening Dana Lender BCA dibuka di Akhir Tahun Ini!

Tak hanya pembeli, para penjual pun terlindungi haknya. Pada beberapa kasus, penjual mengalami kerugian. Misalnya, ada pembeli yang mengaku telah melakukan transfer dana ke rekening penjual sesuai nominal barang pembelian. Padahal kenyataannya, hal tersebut belum dilakukan.  Penjual yang terus menerus didesak bisa saja langsung mengirimkan barang tanpa melakukan pengecekan terlebih dulu terhadap saldo rekeningnya. Ini tentu akan sangat merugikan.

Peran agen escrow adalah mengonfirmasi apakah proses pembayaran sudah benar-benar dilakukan. Setelah itu, ketika pembeli menerima barang pesanannya, penjual akan mendapatkan haknya berupa dana yang telah ditransfer pembeli.  Sistem layanan escrow account ini mendapat sambutan positif dari publik karena dinilai mampu menekan jumlah kasus penipuan yang banyak terjadi dalam transaksi jual beli online.

Selain dipakai dalam proses jual beli online, akun escrow juga kerap digunakan dalam proses pembelian rumah, penyewaan tanah, serta layanan fintech. Dalam pembelian rumah misalnya, calon pembeli akan memberikan setoran dana demi membuktikan kepada penjual bahwa Anda serius membeli produk yang ditawarkan. 

Untuk memastikan tak ada penipuan di kemudian hari, digunakanlah escrow account. Jadi, ketika di kemudian hari, kesepakatan pembelian antar kedua belah pihak tak dapat dicapai, konsumen akan langsung menerima pengembalian uang yang telah disalurkan. Layanan escrow adalah layanan dapat disediakan oleh pribadi (individual escrow) atau oleh perusahaan yang memiliki badan hukum (escrow company). Namun, kini berbagai bank pun telah menyediakan layanan escrow demi meningkatkan kepercayaan konsumen. 

Untuk membuka akun escrow, carilah agen yang sudah tepercaya. Agen nantinya akan menjalankan tugas pengawasan dalam penyaluran dana dan tidak boleh berpihak pada siapa pun yang terlibat. Siapkan dokumen pelengkap dan sepakati perjanjian yang sama-sama menguntungkan semua pihak. 

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu escrow dan kegunaannya. Tentu manfaat ketika memiliki escrow account adalah terjaminnya hak baik sebagai pembeli maupun penjual. Segera urus pembukaan rekening agar transaksi jual beli Anda bisa berlangsung dengan nyaman. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]