Apa Itu Ekonomi Politik dan Bagaimana Hubungannya dengan Pandemi ini?

0
9571
Ekonomi Politik

Seperti yang kita ketahui ekonomi dan politik memang tidak terpisahkan dan saling berkaitan satu sama lain. Namun, banyak orang yang tidak memahami pengertian dan arti dari ekonomi politik itu sendiri. Karena itu, di bawah ini kita akan membahas selengkapnya mengenai apa pengertian dari politik ekonomi itu sendiri serta fungsi lengkapnya.

Penjelasan Lengkap Mengenai Apa Itu Ilmu Ekonomi Politik

Ilmu ekonomi politik merupakan bagian dari ilmu sosial yang berbasis pada dua subdisiplin ilmu yaitu politik dan ekonomi. Ilmu ekonomi politik ini memang adalah pembelajaran ilmu yang memiliki sifat interdisiplin dimana ini terbagi menjadi dua disiplin ilmu dan digunakan untuk menganalisis ilmu sosial lainnya dengan isu-isu yang relevan dengan isu ekonomi politik. 

Ilmu ini mengkaji dua jenis ilmu yaitu ilmu politik dan ilmu ekonomi yang digabungkan menjadi satu kajian ilmu ekonomi politik. Fokus dari studi ekonomi politik ini adalah fenomena-fenomena ekonomi yang secara umum terus bergulir lalu dikaji kembali agar bisa lebih spesifik. Tetapi karena seiring perkembangan istilah ini selalu mengacu kepada adanya interaksi dari kedua aspek baik itu ekonomi maupun politik.

2 Jenis Pendekatan dalam Ekonomi Politik

  • Pendekatan Pilihan Publik

Pilihan publik merupakan suatu sikap individu dalam menentukan pilihan mereka secara rasional. Karenanya dalam ekonomi politik ini analisisnya tertuju pada aktor. Aktor yang dianggap sebagai pelaku dari kegiatan ekonomi dan politik dan berlandaskan pada asumsi dasar individualisme metodologis yang menempatkan sikap rasional individu dalam institusi non-pasar.

Tetapi, mengingat sifatnya yang longitudinal, maka hasil yang dimunculkan oleh model-model pilihan publik berbeda-beda pada satu negara ke negara lainnya. 

Baca juga: Jenis Sistem Ekonomi yang Ada di Dunia!

  • Pendekatan Neo-Marxis

Pendekatan yang satu ini menekankan pada sifat holistik yaitu analisis secara menyeluruh terkait pentingnya aspek-aspek ekonomi makro dari sistem ekonomi dan sistem politik. Selain itu, pendekatan ini memiliki model yang memiliki aspek komparatif yaitu berusaha membandingkannya secara eksplisit. 

Pendekatan ini juga menyoroti dan memodelkan berbagai perbedaan di antara negara di bidang kesejahteraan, pertumbuhan ekonomi serta ketergantungan kelas sosial di masyarakat.

Itulah sedikit banyak informasi terkait ekonomi politik. Nah, seperti yang kita ketahui bahwa di tengah pandemi Covid-19 yang memakan banyak nyawa banyak dari kita yang mungkin tidak menyadari bahwa banyak negara yang terlihat mengabaikan beberapa rekomendasi ilmuwan dan lebih memprioritaskan stabilitas dan aktivitas ekonomi. Karenanya hal tersebut membuat hubungan ekonomi dan politik ini saling berkaitan satu sama lain dan tidak terpisahkan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]