Alasan Mengapa Ekonomi Indonesia Berpusat di Pulau Jawa

0
2140
Alasan Mengapa Ekonomi Indonesia Berpusat di Pulau Jawa

Pusat perekonomian Indonesia yang terletak di Pulau Jawa telah menjadi fenomena yang terjadi selama berabad-abad. Bahkan, fenomena ini sudah terbentuk sejak zaman kerajaan Nusantara dulu. Salah satu alasan utama mengapa ekonomi Indonesia selalu terpusat di Pulau Jawa adalah karena Pulau Jawa memiliki kondisi geografis yang sangat menguntungkan.

Pulau Jawa terkenal dengan banyaknya gunung berapi yang membuat tanahnya menjadi sangat subur. Tanah yang subur ini menjadi sumber makanan yang baik dan melimpah bagi penduduk Jawa. Selain itu, garis pantai Pulau Jawa yang luas dan banyak sungai juga mempermudah transportasi barang dan orang dari satu tempat ke tempat lainnya.

Kondisi geografis yang menguntungkan inilah yang membuat Pulau Jawa mampu menopang penduduk besar dan membangun peradaban yang besar seperti Pajajaran, Majapahit, Demak, Singasari, Mataram, dan Kediri. Selama masa penjajahan, Pulau Jawa juga menjadi jalur perdagangan internasional yang membuat Batavia menjadi pusat perdagangan teramai di tahun 1570.

Setelah kemerdekaan, Jakarta menjadi ibukota negara karena infrastrukturnya lengkap dan dijadikan pusat pemerintah kolonial. Proyek besar Mercusuar Presiden Soekarno untuk pembangunan ibu kota di era tahun 60an semakin meningkatkan ketimpangan antara Jawa dan luar Jawa. Sementara itu, di pulau lain, sering terjadi ketidakstabilan politik dan pemberontakan yang membuat agenda pembangunan terhambat.

Bentuk Indonesia yang kepulauan juga menjadi hambatan untuk distribusi sumber daya antar pulau. Di era selanjutnya, ketimpangan ini semakin besar akibat efek pemusatan industri (aglomerasi) di Jawa yang membuat investasi di daerah lain rendah. Dengan pemusatan ekonomi di Jawa, banyak orang dari luar Jawa yang merantau ke Jawa dan memilih berkarya di sana. Hal ini menyebabkan daerah mereka makin tertinggal karena banyak penduduknya yang merantau.

Secara keseluruhan, Pulau Jawa telah menjadi pusat perekonomian Indonesia selama berabad-abad. Kondisi geografis yang menguntungkan, jalur perdagangan internasional, dan infrastruktur yang lengkap telah menjadikan Pulau Jawa sebagai pusat ekonomi yang utama. Meskipun demikian, perlu dilakukan upaya untuk mengurangi ketimpangan ekonomi antara Jawa dan luar Jawa agar pembangunan di seluruh Indonesia dapat berjalan seimbang.

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut