Apa Itu E-Budgeting? Apa Kelebihannya?

0
79
e-budgeting

Menyusun anggaran perusahaan merupakan hal wajib yang dilakukan setiap awal tahun periode pembukuan. Seiring kemajuan teknologi, banyak perusahaan mulai menerapkan sistem e-budgeting untuk penyusunan anggaran. Langkah ini dipandang efektif guna menekan penyalahgunaan anggaran yang justru bisa merugikan perusahaan di kemudian hari.

Tidak hanya populer di perusahaan saja, sistem anggaran ini juga sudah diadopsi pemerintah daerah. Transparansi anggaran menjadi isu penting terkait perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD. Dengan penerapan sistem tersebut, DPRD dan Badan Pembangunan Daerah (Bappeda), serta masyarakat bisa mengakses, memantau, dan mengawasi penyerapan dana tersebut.

Namun, seberapa perlu penerapan sistem ini dalam manajemen keuangan perusahaan? Apa saja kelebihan sistem ini dibandingkan penyusunan anggaran secara konvensional? Mari simak penjelasan berikut.

Apa Itu E-Budgeting?

Secara singkat, e-budgeting adalah sistem informasi yang dibangun untuk menyusun anggaran. Aplikasi program komputer berbasis web biasanya digunakan dalam memfasilitasi proses perancangan anggaran tersebut. Penerapan teknologi informasi ini akan mempermudah penentuan arah kebijakan perusahaan terkait anggaran yang akan dipakai pada tahun berjalan.

Keterbukaan atau transparansi menjadi tujuan utama penerapan sistem informasi penyusunan anggaran ini. Setiap pihak yang berperan penting dalam perusahaan atau stakeholder bisa mengakses data-data anggaran karena dokumentasi penyusunan anggaran pun telah tercatat dan tersimpan otomatis dalam sistem. Aplikasi program sudah disusun sedetail mungkin, sehingga setiap divisi di perusahaan bisa memasukkan rincian anggaran dengan cermat. 

Ada 5 tujuan mengapa suatu perusahaan perlu menerapkan sistem informasi ini.

  • Memudahkan Penyusunan Anggaran

Dengan sistem yang telah terprogram baik, proses penyusunan anggaran lebih mudah dan cepat karena semua detail informasi sudah terformat dalam aplikasi. Selain itu, karena semua sistem sudah masuk dalam jaringan internet (online), setiap orang bisa mengakses dari mana saja dan kapan saja.

  • Meningkatkan Kualitas Anggaran

Sistem yang terkomputerisasi seperti ini mendorong akurasi anggaran yang disusun sesuai alokasi belanja masing-masing divisi. Karena semua data dimasukkan secara cermat, kualitas anggaran meningkat dan dapat dipertanggungjawabkan di kemudian hari.

  • Meningkatkan Transparansi Anggaran

Seperti telah dibahas sebelumnya, penerapan sistem ini bertujuan untuk meningkatkan transparansi anggaran perusahaan, sehingga semua stakeholder bisa mengakses, memantau, dan mengawasi pembuatan serta pemakaian anggaran tersebut.

  • Terintegrasi dengan Sistem Informasi Lainnya

Ketika seluruh sistem informasi manajemen keuangan perusahaan sudah terintegrasi, proses perencanaan kegiatan perusahaan pun akan lebih mudah dan lebih cepat dilakukan.

  • Memudahkan Penyusunan Laporan

Semua data keuangan perusahaan sudah tersimpan baik dalam sistem informasi yang ada. Maka, penyusunan berbagai jenis laporan yang dibutuhkan dapat dieksekusi dengan mudah, cepat, dan cermat.

Baca juga: 7 Cara Mudah Menyusun Laporan Keuangan secara Benar

Kelebihan E-Budgeting

Ketika kamu membandingkan e-budgeting dengan penyusunan anggaran secara konvensional, akan terasa bagaimana sistem ini bisa membuat proses yang kompleks menjadi simpel dan menghemat waktu. Apalagi, jika perusahaan itu tergolong besar dan banyak divisi di dalamnya. Beberapa kelebihan sistem informasi penyusunan anggaran ini adalah:

  • Semua Pihak Bisa Mengakses Anggaran 

Transparansi anggaran menjadi kelebihan utama sistem ini. Semua pihak, dalam hal ini para stakeholder, bisa mengakses anggaran yang telah dibuat tanpa ada yang perlu ditutup-tutupi. Upaya ini bisa mencegah dan mengantisipasi risiko adanya kecurangan dalam pengelolaan anggaran perusahaan.

  • Mencegah Terjadinya Korupsi

Pada penyusunan anggaran secara konvensional, tindakan penggelembungan dana atau mark up masih mungkin terjadi. Kesempatan memanipulasi data keuangan terbuka lebar ketika seorang oknum lihai membaca celah dalam penyusunan anggaran. Hal ini bisa diantisipasi dengan penerapan sistem informasi penyusunan anggaran. Sekali data sudah dimasukkan, data tersebut tidak bisa diutak-atik lagi. 

  • Sistem Pendataan Keuangan Lebih Efektif dan Efisien

Sistem informasi dan jaringan terpadu membuat pendataan keuangan perusahaan jauh lebih efektif dan efisien. Bukan hanya mempermudah dan mempercepat proses input data saja, tetapi proses kontrol dan evaluasi juga bisa dilakukan secara langsung atau real-time. 

Semua data sudah tersimpan dalam program, sehingga pihak terkait bisa mengakses anggaran dengan mudah di mana saja dan kapan saja. Sistem ini juga lebih ramah lingkungan karena perusahaan tidak perlu menghabiskan kertas beratus-ratus lembar untuk mencetak laporan. Cukup cetak laporan yang diperlukan saja, misalnya rencana anggaran yang sudah disetujui. 

Demikian penjelasan mengenai apa itu sistem e-budgeting berikut kelebihannya. Sekarang tinggal bagaimana perusahaan memberdayakan SDM andal dan jujur untuk menjalankan sistem ini agar tujuan penerapannya tercapai secara optimal.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran AppsUntuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]