6 Tips Memulai Pengembangan Dana di Dunia Investasi

1
815
Dunia Investasi

Berbicara mengenai dunia investasi tentu tidak akan cukup jika pembahasannya hanya 1 tulisan ataupun 1 artikel saja. Namun, tenang di sini kita akan mempersingkat dan membahas mengenai perkembangan dunia investasi. 

Dunia investasi memang tumbuh dengan waktu yang cukup cepat dalam beberapa tahun belakangan, salah satu perkembangan investasi yang sangat terlihat meningkat adalah investasi yang dilakukan secara online. Selain itu era investasi zaman sekarang juga semakin mempermudah mereka yang ingin mulai mencoba melakukan investasi atau pengembangan dana. Bagi para pemula, untuk mulai melakukan investasi tentu memerlukan tahapan-tahapannya agar dapat menghasilkan pendapatan yang optimal.

Lalu, apa saja sih tips dasar memulai pengembangan dana di dunia investasi?

  • Menentukan Tujuan Investasi

Hal yang pertama dapat kamu lakukan adalah menentukan tujuan investasi. Investasi bukan melulu soal mendapatkan keuntungan yang besar, tujuan dari investasi setiap orang juga pastinya berbeda-beda. Karenanya, saat mulai melakukan investasi adalah dengan menentukan tujuan investasinya. 

Mulai dari menentukan jangka waktu dari investasi yang dipilih, hal ini cukup penting dan sangat bergantung dari tujuan investasinya. Seperti contoh kamu melakukan investasi dengan tujuan ingin membeli sebuah rumah untuk tempat tinggal, namun kamu membutuhkan DP (down payment) untuk booking rumah tersebut. 

Karena itu kamu dapat mempersiapkan sebuah investasi jangka pendek yang dapat kamu rasakan imbal hasilnya dalam kurang dari 2 tahun.

  • Memahami Dasar Investasi

Jika kamu memiliki rencana untuk mengembangkan dana dengan investasi pastikan terlebih dahulu kamu memahami dasar dari investasi yang kamu pilih. Namun, tidak hanya 1 jenis investasi yang harus kamu pahami dasarnya, kamu juga perlu memahami berbagai jenis investasi karena dengan ini kamu dapat memiliki pilihan investasi apa yang paling sesuai dengan preferensi investasimu.

Baca juga: Yuk! Mulai Belajar Investasi dengan Menerapkan 5 Hal Ini!

  • Tidak Mudah Tergiur

Hal ini juga harus diperhatikan dan diterapkan apabila ingin melakukan investasi. Memang tidak salah jika melakukan investasi harapan utamanya adalah keuntungan, namun kamu juga harus memahami bahwa dalam keuntungan yang besar terdapat risiko yang juga besar di dalamnya. Karena itu jangan mudah tergiur dengan keuntungan.

Sama seperti menanam benih, melakukan investasi juga membutuhkan waktu agar mendapatkan hasil yang optimal. Ubah pola pikir yang hanya ingin keuntungan besar dan instan, agar tidak terjebak dalam investasi yang ‘abal-abal’.

  • Memahami Adanya Risiko

Memahami risiko juga hal yang harus kamu perhatikan dan merupakan faktor yang penting untuk kamu ketahui sebagai calon investor. Dalam setiap investasi memang terdapat berbagai macam risiko yang berbeda-beda. Mulai dari yang minim risiko hingga yang risikonya tinggi. Karena itu memahami risiko dalam investasi sangat penting agar dapat mengetahui berapa jumlah dana yang akan dikembangkan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti gagal bayar atau telat bayar yang menyebabkan akhirnya kerugian pada calon investor.

  • Lakukan Diversifikasi

Sesudah yakin akan mulai melakukan investasi, ingat jangan hanya terfokus pada satu instrumen atau satu peluang yang ada. Kamu dapat mengembangkannya melalui diversifikasi. Hal ini dilakukan agar menekan risiko yang ada dalam investasi tersebut, apabila salah satu instrumen investasi sedang menurun atau salah satu peluang investasi yang kamu lakukan ‘bermasalah’, maka kamu masih memiliki investasi lainnya.

Diversifikasi adalah hal yang dapat membantu kamu terhindar dari segala risiko yang ada dalam investasi, oleh karena itu pastikan saat memulainya langsung melakukan diversifikasi investasi.

Baca juga: Diversifikasi Investasi, Untung atau Buntung?

  • Mulai dengan Investasi Modal Kecil

Yang terakhir, untuk para pemula pastikan untuk memulainya dengan nominal yang relatif lebih kecil. Karena di dunia investasi sekarang segalanya menjadi lebih mudah dan cepat. Beberapa instrumen investasi bahkan mempermudah para calon investor dengan memberikan kemudahan memulai investasi dengan modal kecil.

Itu dia beberapa tips awal untuk mengawali kamu dalam dunia investasi. Ingat melakukan investasi adalah hal yang penting demi masa depan yang lebih baik. Pilih instrumen investasi yang sesuai denganmu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.