Direct Marketing: Definisi, Manfaat, dan Jenisnya

0
1834
Direct Marketing Adalah

Direct marketing adalah usaha yang ditempuh sebuah bisnis sehingga ia mampu menciptakan kontak secara langsung dengan konsumen atau target pelanggannya sebagai upaya untuk memperkenalkan produk atau jasanya. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini diterjemahkan sebagai pemasaran langsung. Dengan pemasaran langsung, kemungkinan besar produsen lebih bisa menjangkau target pemasarannya secara spesifik.

Seiring perkembangan waktu dan perkembangan teknologi, metode yang dijalankan dalam pemasaran langsung pun makin beragam. Tak hanya secara konvensional, pemasaran langsung pun dilakukan lewat media digital. Berikut ini definisi, manfaat, dan jenis pemasaran langsung yang sebaiknya kita tahu.

Definisi Direct Marketing Menurut Beberapa Ahli

Selain definisi sederhana seperti yang disebutkan sebelumnya, ada beberapa definisi lain yang dikemukakan oleh para ahli.

Kotler dan Amstrong menyatakan bahwa direct marketing adalah hubungan langsung dengan konsumen individual untuk mendapatkan respons segera dan mendapatkan loyalitas pelanggan.

Tjiptono dan Chandra menyatakan bahwa direct marketing adalah pemasaran strategis dengan memanfaatkan beberapa saluran, sperti katalog, pos, telepon, televisi, faksimile, dsb.

Hermawan menyatakan bahwa direct marketing adalah komunikasi langsung terhadap pelanggan individual dengan tujuan memperoleh respons segera maupun terjalinnya hubungan yang berlangsung lama.

Ketiga pendapat tersebut memiliki titik temu yang sama, yakni hubungan langsung, respons segera, dan loyalitas pelanggan.

Manfaat Pemasaran Langsung

Secara umum, pemasaran langsung memiliki manfaat bagi penjual dalam menghemat biaya pemasaran. Kontak konsumen yang sifatnya pribadi dan media memungkinkan penjual “memotong jarak”. Namun, sesungguhnya pemasaran langsung mempunyai manfaat bagi kedua pihak.

Manfaat bagi Penjual

  • Pemasaran langsung sangat fleksibel sehingga pemasar lebih leluasa memilih waktu, cara, dan sarana yang dirasa paling tepat untuk menjangkau konsumen sasarannya.
  • Setiap pemasar memiliki kesempatan untuk melakukan uji pasar dengan cara yang berbeda-beda untuk mencari cara yang paling efektif. 
  • Strategi pemasaran akan bersifat unik karena masing-masing pemasar memiliki kreativitas yang berbeda sehingga konsumen akan merasakan pengalaman yang berbeda pula.

Manfaat bagi Konsumen

  • Konsumen merasa lebih nyaman dengan strategi pemasaran langsung karena memiliki keleluasaan untuk mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan produk yang ditawarkan.
  • Konsumen juga merasa dimudahkan dalam membeli barang yang dibutuhkan dan diinginkan tanpa perlu menghabiskan banyak waktu untuk melihat barang di banyak tempat. Cukup dengan melihat katalog dari rumah, konsumen bisa melihat deskripsi secara detail.

Jenis-Jenis Pemasaran Langsung

Ada beberapa jenis pemasaran langsung, baik yang sifatnya tradisional maupun digital. Keduanya masih dipergunakan hingga saat ini.

Direct Mail/Surat Langsung

Surat iklan produk atau jasa yang dikirimkan secara langsung dapat dimanfaatkan untuk menjangkau konsumen di daerah. Biasanya surat ini berupa katalog produk, mailers, kartu pos produk, dsb.

SMS Blasting

Melalui SMS blasting, pemasar bisa menyampaikan berbagai informasi secara langsung ke ponsel konsumen. Mulai dari informasi layanan, promosi, tautan situs resmi, dan lain-lain bisa disampaikan kepada konsumen dengan biaya yang cukup terjangkau.

Direct Selling 

Pemasaran secara door to door memang terkesan sangat tradisional, tetapi metode ini sebenarnya sangat efektif. Konsumen bisa lebih yakin dengan produk yang ditawarkan karena dapat melihatnya secara langsung.

Leaflet Marketing

Leaflet marketing dilakukan dengan cara membagi-bagikan leaflet kepada orang-orang yang ditargetkan menjadi konsumennya, misalnya membagikan di keramaian.

Telemarketing

Pada teknik pemasaran ini, konsumen yang menjadi sasaran harus bisa dihubungi lewat telepon. Strategi ini terbukti efektif dalam menggaet konsumen baru pada tingkat lebih besar dan efektif dalam melacak kampanye promosi.

Baca juga: Telemarketing Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Strateginya

E-mail Marketing

E-mail marketing merupakan cara pemasaran yang sederhana, cepat, dan murah. Cukup membuat satu template, dan itu dapat dikirimkan ke calon target konsumen sebanyak mungkin. E-mail dapat berisi promosi produk baru, buletin elektronik, diskon khusus, dsb.

Online Marketing

Online marketing dapat memanfaatkan berbagai platform online yang kini banyak jenisnya, seperti website, marketplace, toko online, dan iklan online, misalnya Facebook ads, Google ads, dan YouTube ads.

Social Media Marketing

Media sosial saat ini menjadi media pemasaran yang wajib dimiliki perusahaan. Lewat media sosial, konsumen dan produsen bisa berinteraksi langsung sehingga pemasaran akan lebih efektif. Perusahaan juga bisa melakukan branding lewat konten yang dibagikan lewat media sosial.Dilihat dari pemaparan tersebut, direct marketing adalah sesuatu yang potensial menjangkau konsumen lebih banyak dengan cara lebih mudah dan biaya lebih terjangkau. Barangkali metode ini bisa dipertimbangkan sebagai strategi dalam mengembangkan bisnis. Semoga menginspirasi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]